Berlibur Tahun Baru di Geopark Ciletuh Sukabumi, Perhatikan Hal-hal Penting Ini

Rabu 27 Desember 2023, 09:45 WIB
Puncak Darma, salah satu destinasi wisata di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

Puncak Darma, salah satu destinasi wisata di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan Geopark Ciletuh - Palabuhanratu, di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu lokasi yang akan diserbu wisatawan pada libur tahun baru 2024.

Bagi wisatawan yang sudah merencanakan liburan ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, tentunya perlu persiapan yang matang, agar bisa sampai ditempat tujuan dengan cepat dan aman.

Diketahui, akses menuju kawasan inti Geopark Ciletuh Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, bisa di akses melalui jalan provinsi ruas Loji - Palangpang, atau jalur sabuk yang membentang sepanjang 36 kilometer dengan kondisi jalan mulus, melewati pinggiran pantai dan perbukitan.

Ruas Loji - Palangpang tersebut melintasi beberapa pantai, mulai dari Pantai Loji. Pantai Cisantri. Pantai Sangrawayang, Pantai Cipeundeuy, Pantai Sedekan Waru, Pantai Cisaar, Pantai Cilegok, Puncak Darma, Pantai Palangpang. Waktu yang ditempuh yaitu sekitar 60 menit perjalanan menggunakan sepeda motor, dan 75 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Baca Juga: Mitos Sidat Bersisik Pemangsa Bayi di Sungai Cidolog Sukabumi

Selain itu, menuju destinasi wisata inti Geopark Ciletuh Ciemas Kabupaten Sukabumi juga bisa melalui jalan provinsi ruas Waluran - Mareleng - Palangpang sepanjang 34,85 kilometer. Melintasi ruas ini ada lokasi yang bisa anda jadikan tempat istirahat, seperti Curug Genting di kawasan hutan Pasir Piring, Waluran Mandiri, Bonpis Desa Mekarmukti dan Batu Bubut Desa Mekarmukti Kecamatan Waluran, serta Bukit Panenjoan Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas.

Kapolsek Ciemas IPTU Azhar Sunandar mengatakan untuk pengamanan libur natal 2023 dan tahun baru 2024, sudah di dirikan Pos Pengamanan di Puncak Darma, dan di Pantai Palangpang. Menurutnya, pengunjung diprediksi mulai berdatangan pada tanggal 30 - 31 Desember 2023.

"Kami juga sudah menyiapkan petugas, dibantu juga sama relawan di beberapa titik rawan seperti di ruas Loji - Palangpang, disana ada titik rawan laka yakni Puncak Dini, dan Batu Cakup. Sedangkan di ruas Waluran - Mareleng - Palangpang ada titik rawan Laka adalah tanjakan/turunan Cipeucang," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: Penumpang KA Siliwangi Cipatat-Sukabumi Berjubel di Libur Nataru, Ini Kata KAI

Azhar mengimbau untuk melintasi kedua jalur Geopark Ciletuh tersebut, pengendara harus mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan dengan sebaik mungkin.
"Untuk melewati jalur wisata Geopark Ciletuh, pastikan bahwa kondisi mesin dan rem kendaraan berfungsi dengan baik, dan gunakan Gigi rendah ketika melewati tanjakan dan turunan, kecepatan pun disesuaikan, untuk bus besar dilarang masuk," jelasnya.

Menurut Azhar, pihaknya sudah memberikan arahan kepada penyedia jasa angkutan perahu, agar memperhatikan jumlah penumpang.“Idealnya 10 orang, atau bisa disesuaikan dengan ukuran perahu, juga perlengkapan pengamanan,” tambahnya.

Ia mengingatkan soal waktu berkunjung ke Pulau Kunti agar tidak lewat dari pukul 17.30 WIB, sebabnya waktu berkunjung dibatasi. “Tim pengamanan Polsek Ciemas, Koramil Ciemas, Satpol PP, unsur kecamatan, Lifeguard, Rapi, BPBD, Puskesmas, OKP,” kata dia.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Juli 2024, 08:00 WIB

5 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses, Hindari Sikap Ini!

Orang miskin seringkali memiliki pola pikir yang negatif tentang uang dan kesuksesan. Hal ini dapat membuat mereka sulit untuk keluar dari siklus kemiskinan.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)