Mulai Rp 10 Juta, DPUTR akan Salurkan Dana untuk Korban Puting Beliung Sukabumi

Selasa 30 Januari 2024, 11:02 WIB
Dampak kerusakan angin puting beliung di Kampung Cibitung, Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin

Dampak kerusakan angin puting beliung di Kampung Cibitung, Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi menginventarisasi kerusakan angin puting beliung di Kampung Cibitung, Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. Bencana ini terjadi pada Sabtu, 27 Januari 2024, dan merusak puluhan rumah warga.

DPUTR Kota Sukabumi rencananya akan mengalokasikan dana bagi korban terdampak. Berdasarkan data terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi hingga Selasa, 30 Januari 2024, terdapat kurang lebih 43 rumah yang rusak. Rumah-rumah tersebut dihuni 45 kepala keluarga dengan 99 jiwa.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman DPUTR Kota Sukabumi Rinaldy mengatakan berdasarkan data yang diperolehnya ada tujuh rumah yang rusak berat. "Kita akan meminta list dari kewilayahan mana untuk inventarisir. InsyaAllah kita lakukan secepatnya dan kita proses,” kata Rinaldy kepada sukabumiupdate.com, Selasa.

Baca Juga: 27 Rumah Rusak, Data Sementara Dampak Angin Puting Beliung di Cibeureum Sukabumi

Menurut Rinaldy, pasca-bencana, DPUTR melaksanakan penanganan berdasarkan tiga kategori kerusakan yakni ringan, sedang, dan berat. “Biasanya kerusakan ringan kita berikan angaran Rp 10 juta, rusak sedang Rp 15 juta, dan berat Rp 20 juta. Nanti alokasinya untuk bahan bangunan dan upah tukang biasanya,” kata dia.

Kendati demikian, sumber anggaran yang akan dialokasikan itu kata Rinaldy masih dari pimpinan. Sementara anggaran murni sudah dialokasikan dari dampak bencana tahun sebelumnya. “Nanti tergantung kebijakan pimpinan. Apakah ini masuk kategori kita usulkan dalam BTT (belanja tidak terduga) atau tidak,” ucapnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menyebut pihaknya telah melakukan penanganan pertama melalui BPBD, kelurahan, kecamatan, dan DPUTR. “Kami lakukan penanganan cepat oleh BPBD. Kita juga sudah menyiapkan bantuan dengan mekanisme mulai dari kelurahan, kecamatan, dan DPUTR,” katanya.

Terkait alokasi anggara biaya tidak terduga (BTT), Kusmana menyebut hal itu tinggal proses penyetujuan. “Saya tinggal meng-acc saja terkait dengan bantuan biaya tidak terduga (BTT) yang memang wajib kita sediakan dari pemerintah,” ujar Kusmana.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)