Ratusan Lembar Rp100 Ribu di Cibunar Sukabumi Diduga Untuk Penipuan

Kamis 19 Oktober 2023, 22:28 WIB
Kapolsek Kadudampit Mapolres Sukabumi Kota Iptu Awan Kurniawan dan jajaran saat menunjukkan barang bukti uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

Kapolsek Kadudampit Mapolres Sukabumi Kota Iptu Awan Kurniawan dan jajaran saat menunjukkan barang bukti uang palsu yang tersimpan dalam peti kayu. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi memastikan ratusan lembar kertas mirip uang pecahan Rp100 ribu yang bikin heboh warga Cibunar Desa Gedepangrango Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi adalah uang palsu atau upal.

Pecahan upal Rp100 ribu dengan jumlah Rp105 Juta itu ditemukan pada Minggu 15 Oktober 2023 sekitar pukul 01.30 WIB dini hari, dalam peti kayu yang tersimpan di sebuah villa di kawasan Cibunar.

Kapolsek Kadudampit Mapolres Sukabumi Kota, Iptu Awan Kurniawan mengatakan, satu peti uang palsu itu diduga akan digunakan untuk tindak penipuan dengan modus penggandaan uang.

Awan menuturkan pengungkapan kasus upal ini bermula dari laporan Ketua RW setempat yang mendapatkan informasi dari penjaga villa tentang gerak gerik 5 orang tamu yang mencurigakan. 5 orang tamu tersebut terlihat dari rekaman CCTV villa mengeluarkan satu buah peti berukuran besar dari dalam mobil.

Baca Juga: Dalam Peti Kayu, Heboh Penemuan Ratusan Lembar Rp100 Ribu di Cibunar Sukabumi

Saat petugas Kepolisian tiba di lokasi, kata Awan, lima orang penyewa tersebut sudah tidak ada di lokasi villa. Bahkan, kondisi pintu masuk villa pun masih dalam keadaan terkunci.

Atas seijin pengelola villa, Awan menyebut pihaknya kemudian mendobrak pintu villa. Diduga kunci pintu villa tersebut telah dibawa kabur oleh kelima orang penyewa tersebut.

"Setelah kami periksa dalam peti itu pecahannya adalah Rp100 ribu di mana disana ada 30 gepok yang isinya kurang lebih jumlahnya Rp105 juta. Ini diduga hendak dilakukan suatu tindak pidana kejahatan penipuan untuk penggandaan uang yang tempatnya berada di Kadudampit," kata Awan kepada awak media.

Polisi menunjukkan barang bukti uang palsu tersimpan dalam peti kayu yang ditemukan di salah satu villa di Kadudampit Kabupaten Sukabumi.Polisi menunjukkan barang bukti uang palsu tersimpan dalam peti kayu yang ditemukan di salah satu villa di Kadudampit Kabupaten Sukabumi.

Saat melakukan penyelidikan, sambung Awan, dari lima orang penyewa villa di Cibunar ini, salah satunya merupakan warga Cirebon yang berinisial B berusia sekitar 53 tahun.

Hal ini, diketahui berdasarkan laporan dari petugas penjaga villa melalui KTP yang diberikan oleh salah seorang penyewa villa tersebut.

"Identitas pelaku di KTP sesuai dengan apa yang mereka perlihatkan penyewa villa tersebut, Inisial B kalau dilihat dari foto itu kelahiran tahun 70-an," ujarnya.

Awan menambahkan, saat ini perkara upal ini tengah masuk dalam proses tahap penyelidikan.

“Jadi, ini adalah murni tindak pidana peredaran uang palsu atau penipuan. Tapi, pelakunya belum ketangkap. Karena, saat kita tiba di lokasi mereka ini sudah melarikan diri menggunakan mobil,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto