Gaya Si Cantik Berjemur, Buaya Penunggu Situ Habibi Surade Jadi Tontonan Warga

Sabtu 05 Agustus 2023, 09:19 WIB
Buaya besar di Situ Cikalapa atau Situ Habibi gegerkan warga Surade Sukabumi (Sumber: sukabumiupdate/ragil)

Buaya besar di Situ Cikalapa atau Situ Habibi gegerkan warga Surade Sukabumi (Sumber: sukabumiupdate/ragil)

SUKABUMIUPDATE.com - Sepekan ini warga Pajampangan, dibuat geger dengan kemunculan Buaya besar di Situ Cikalapa atau juga disebut Situ Habibi di Kampung Pasir Kaung RT 20/006 Kedusunan Cimandala 3 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi.

Dulu warga hanya sebatas mendengar kisah Buaya besar penunggu kawasan berair yang berupakan hilir aliran Sungai Habibi, dan hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari bibir pantai Ratu Cimandala.

"Dulu kami hanya mendengar cerita buaya besar penunggu situ. Baru tiga tahun yang lalu ada beberapa warga yang melihat penampakan anak buaya pada malam hari," ucap Kepala Desa Cipeundeuy, Bakang Anwar Assadi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga: Banggar DPRD dan TAPD Gelar Rapat Gabungan Bahas RP2APBD Sukabumi Tahun 2022

Bakang mengakui sejak itu banyak menerima laporan dari warga tentang kemunculan buaya-buaya tersebut, baik di Situ Cikalapa ataupun di Muara Cikalapa. Bahkan laporan hewan ternak berupa domba yang hilang.

"Pada bulan Januari 2023, diperkuat dengan rekaman video oleh warga. Walaupun belum dipastikan jumlahnya, namun video itu menunjukkan bahwa benar ada buaya besar di lokasi tersebut," jelas Bakang.

Setelah beberapa bulan tidak ada kabar kemunculan, ujar Bakang, baru minggu minggu ini warga kembali melihat kemunculan buaya, yang kata warga si Cantik penunggu Situ Habibi. "Bahkan kemunculannya bisa dibilang tiap hari, sekitar pukul 10.00, 11.00, atau 12.00 WIB, mungkin cari mangsa, karena disekitar lokasi sering juga dijadikan tempat menggembala domba, dan sapi," jelasnya.

Baca Juga: Wabup Beberkan Manfaat Tol Bocimi Seksi 2 bagi Sukabumi

"Kami sudah melaporkan keberadaan buaya di Situ Habibi, kepada pihak BKSDA, dan menghimbau kepada warga atau pengunjung agar lebih hati hati," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga kedusunan Cimandala adalah pemukiman yang berada paling dekat dengan lokasi situ dan muara Cikalapa. Deris, kepala kedusunan Cimandala menyebut ada laporan warga soal dua domba hilang saat digembalakan di sekitar perairan tersebut.

"Kesaksian sudah banyak, warga yang lihat buaya-buaya itu. Kebanyakanya melihatnya diwaktu petang dan malam hari. Bahkan warga sudah memberi nama salah satu buaya yang ukuran paling besar, namanya si cantik," ungkap Deris kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Sekda Sukabumi Ikuti Rakor Pengadaan ASN, MenpanRB: Dibutuhkan 572.496 ASN Tahun 2023

Walaupun disebut Si Cantik, lanjut Deris, Buaya itu tetap satwa liar yang keberadaannya bisa mengancam keselamatan warga setempat. Ia berharap ada penanganan, ditangkap dan dipindahkan ke lokasi yang jauh dari pemukiman warga.

Situ Cikalapa adalah danau buatan dari aliran Sungai gunting. Danau yang juga dikenal dengan nama Situ Habibi ini hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari muara sungai Cikalapa, dan bibir pantai Ratu Cimandala yang masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)