Warga Resah! Buaya di Situ Cikalapa Surade Sukabumi Ancam Nelayan dan Wisatawan

Minggu 29 Januari 2023, 11:15 WIB
Buaya di Situ Cikalapa atau Situ Habibibi di pesisir Surade Sukabumi (Sumber: potongan video viral)

Buaya di Situ Cikalapa atau Situ Habibibi di pesisir Surade Sukabumi (Sumber: potongan video viral)

SUKABUMIUPDATE.com - Keberadaan buaya-buaya di situ Cikalapa dan kawasan perairan sekitarnya bikin resah warga. Pemerintah Desa sudah melaporkannya ke BKSDA Jawa Barat, berharap buaya-buaya besar itu segera dievakuasi dari kawasan tersebut, karena banyak aktivitas warga, nelayan bahkan wisatawan.

Hal ini diutarakan Kepala Desa Cipeundeuy, Bakang Anwar Assadi. Ia sendiri menerima banyak laporan dari warga tentang kemunculan buaya-buaya tersebut, baik di situ Cikalapa ataupun di muara Cikalapa.

"Kemarin diperkuat dengan rekaman video oleh warga. Walaupun belum dipastikan jumlahnya, namun video itu menunjukkan bahwa benar ada buaya besar di lokasi tersebut," jelas Bakang kepada sukabumiupdate.com, Minggu (29/1/2023).

Baca Juga: Pinjam Golok Orang Lain, Viral Atraksi Debus di Sukabumi Berujung Luka

Menurut Bakang, diperkirakan ada beberapa buaya di kawasan tersebut. Ini berdasarkan kesaksian dari warga khususnya nelayan yang sering mencari ikan di sekitar muara Cikalapa.

Pemerintah Desa, lanjut Bakang sudah melaporkan perihal keberadaan buaya ini ke pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Barat. Berharap segera ada penanganan karena lokasi yang sering terlihat kemunculan buaya, banyak aktivitas warga, baik nelayan maupun wisatawan.

"Kami khawatir terjadi kontak antara buaya-buaya itu dengan warga. Sejauh ini memang belum ada kecuali laporan hewa peliharaan warga hilang, diduga dimangsa buaya-buaya itu," lanjut Bakang.

Baca Juga: Kenapa Bukan Dinamai Cibuleud? Menguak Sejarah Kalibundeur di Usianya yang Ke - 41.

"Laporan secara lisan kepada BKSDA, saat ada kunjungan bersama BRIN. Ke kawasan hutan rakyat tak jauh dari situ dan muara Cikalapa. Nanti katanya akan di survai kelapangan," pungkas Bakang.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga kedusunan Cimandala adalah pemukiman yang berada paling dekat dengan lokasi situ dan muara Cikalapa. Deris, kepala kedusunan Cimandala menyebut ada laporan warga soal dua domba hilang saat digembalakan di sekitar perairan tersebut.

"Kesaksian sudah banyak, warga yang lihat buaya-buaya itu. Kebanyakanya melihatnya diwaktu petang dan malam hari. Bahkan warga sudah memberi nama salah satu buaya yang ukuran paling besar, namanya si cantik," ungkap Deris kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Sabetan Celurit di Bangkongreang! Tangan Siswa SMK di Sukabumi Nyaris Putus

Walaupun cantik, lanjut Deris buaya itu tetap satwa liar yang keberadaannya bisa mengancam keselamatan warga setempat. Ia berharap ada penanganan, ditangkap dan dipindahkan ke lokasi yang jauh dari pemukiman warga.

Situ cikalapa adalah danau buatan dari aliran sungai gunting. Danau yang juga dikenal dengan nama situ habibi ini hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari muara sungai Cikalapa, dan bibir pantai Ratu Cimandala, yang masuk dalam kawasan geopark ciletuh Sukabumi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang