Pakar Sukabumi Ingatkan UU Perlindungan Anak dalam Kegiatan MPLS

Sabtu 22 Juli 2023, 16:44 WIB
SMKN I Gunungguruh Sukabumi | Foto : Awaludin

SMKN I Gunungguruh Sukabumi | Foto : Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru ini publik dihebohkan dengan video diduga aksi perpeloncoan saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Diketahui, video tersebut terjadi di SMKN 1 Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi pada 20 Juli 2023 lalu.

Ratusan siswa yang menggunakan pakaian olahraga dipaksa untuk terjun ke kubangan lumpur persawahan. Dalam video juga dinarasikan banyak di antara siswa yang pingsan hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Kondisi tersebut disoroti oleh Pengamat Kebijakan Publik UMMI, Dr. Dian Purwanti. Dia mewaspadai adanya pelanggaran Undang-undang Perlindungan Anak saat perpeloncoan kepada siswa baru.

"Peristiwa perpeloncoan pada kegiatan MPLS yang menjurus pada tindakan bullying (perundungan) bahkan kekerasan fisik maupun non fisik, mestinya tidak perlu terjadi jika manajemen sekolah memegang teguh UU Sisdiknas dan mematuhi UU Perlindungan Anak. Kegiatan Pembaretan, tidak perlu bergaya militeristik, karena saat lulus dari sekolah ini siswa tidak lantas menjadi anggota militer," jelas Dian kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (22/7/2023).

Dia mengungkapkan, UU Perlindungan Anak nomor 35 tahun 2014 secara tegas melarang segala macam bentuk tindakan kekerasan ataupun perundungan kepada anak (siswa), baik oleh orang dewasa (guru dan tenaga kependidikan), orang tua, masyarakat, maupun sesama siswa.

"Oleh karenanya setiap pelaku akan dikenakan sanksi hukum pidana sebagaimana diatur dalam UU tersebut. Seluruh komponen sekolah baik guru, siswa, alumni, orang tua, tenaga kependidikan, maupun masyarakat sekitar sekolah, tidak dibenarkan melakukan tindakan kekerasan fisik maupun non fisik kepada peserta didik, ataupun memfasilitasi dan membiarkan terjadinya tidakan perundungan di lingkungan sekolah karena pendidikan itu sejatinya untuk memanusiakan manusia," ungkapnya.

Menurutnya apabila saat MPLS terjadi tindakan perundungan atau perpeloncoan bentuk fisik kepada siswa maka Kepala Sekolah harus bertanggungjawab sebagai pucuk pemimpin di lingkungan sekolah. Selain itu, guru pembina, pengawas pembina sekolah, dan Dinas Pendidikan juga harus turut bertanggungjawab dan mengambil sikap.

"Mestinya kegiatan MPLS berfungsi menyamakan persepsi seluruh peserta didik baru yang berasal dari sekolah berbeda, agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan sistem pembelajaran di sekolah yang baru, sehingga tidak akan menghambat proses pembelajaran ketika kegiatan belajar mengajar telah berjalan efektif," ucap Dian.

Oleh sebab itu, kata dia, seluruh pihak memiliki kewajiban untuk mengawasi dan mengevaluasi kegiatan MPLS agar tidak terjadi lagi praktek perpeloncoan, perundungan terhadap peserta didik baru.

"Tegakkan hukum setegak-tegaknya jika terjadi pelanggaran hukum pada kegiatan MPLS.  Jangan biarkan budaya kolonial mencemari pola fikir dan perilaku anak-anak zaman milenial," tegasnya.

Di samping itu, ada banyak macam kegiatan MPLS yang dapat dilakukan oleh sekolah. Misalnya pengenalan visi misi sekolah, tata tertib sekolah, sosialisasi anti perundungan, sistem pembelajaran, sistem penilaian, sistem remedial, pengenalan guru, tenaga kependidikan, pengenalan denah sarana prasarana sekolah, serta pengenalan organisasi siswa dan kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Sekolah SMKN 1 Gunungguruh, Ai Sumarni buka suara terkait dugaan perpeloncoan saat MPLS. Menurutnya, kejadian tersebut merupakan kesalahpahaman antara pihak sekolah dan panitia MPLS. Dia mengatakan, ada lima pos yang disediakan panitia dan peristiwa dugaan perpeloncoan itu terjadi di pos tiga.

"(Niat awalnya) membahagiakan anak dengan game-game di setiap posnya. Itu yang kami rencakan di awal. Kemudian pada pos 3 ternyata ada kawan-kawan yang mungkin kurang menyimak penjelasan dari kami sehingga terjadi miskomunikasi dan anak-anak itu diminta untuk turun ke sawah, padahal itu di luar dari rencana kami," kata Ai.

Pihak sekolah nampaknya kecolongan atas peristiwa tersebut. Dia sempat membantah ada siswa yang pingsan akibat kegiatan MPLS, namun kemudian ia mengakui jika ada dua orang siswa sempat tak sadarkan diri.

"Anak-anak pingsan itu bukan karena anak-anak capek, sebetulnya bukan. Yang kecapean itu ada dua tapi sudah kami obati dan tidak jadi masalah. Tapi pingsan yang sampai ke rumah sakit itu yang tidak ikut kegiatan (MPLS) justru," ujarnya.

"Dia punya riwayat penyakit jantung dan kami sudah mengobatinya ke RS Betha Medika. Bahkan sampai pulang ke rumahnya, anak sudah sehat kembali," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life10 Mei 2024, 19:30 WIB

4 Nutrisi Penting untuk Anak Mencapai Tinggi Badan Optimal, Bunda Yuk Kenali

Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu anak mencapai potensi tinggi badan maksimalnya.
Ilustrasi - Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu anak mencapai potensi tinggi badan maksimalnya. (Sumber : pexels.com/@Alex Green)
Sukabumi10 Mei 2024, 19:22 WIB

TPT Ambruk Timpa Rumah Lansia di Caringin Sukabumi, Penghuni Diungsikan

Hujan deras picu TPT setinggi 4 meter longsor hingga ambruk menimpa rumah lansia di Caringin Sukabumi.
TPT ambruk timpa rumah seorang lansia di Caringin Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat10 Mei 2024, 19:00 WIB

Gula Darah Tinggi di Malam Hari: 5 Tips Ini Bantu untuk Menstabilkan Kadarnya

Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya.
Ilustrasi - Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Entertainment10 Mei 2024, 18:49 WIB

Epy Kusnandar Pemeran Kang Mus Preman Pensiun Ditangkap Karena Kasus Narkoba

Pemeran Kang Mus Preman Pensiun, Epy Kusnandar, ditangkap polisi karena terjerat kasus narkoba.
Potret Epy Kusnandar Kang Mus Preman Pensiun.  (Sumber Foto: Instagram/@epy_kusnandar)
Life10 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Melepas Keluarga yang Berangkat Haji, Diajarkan Langsung oleh Rasulullah SAW

Doa ini sangat dianjurkan ketika melepas kelurga yang berangkat haji.
Ilustrasi - Doa ini sangat dianjurkan ketika melepas kelurga yang berangkat haji. | (Sumber : haji.kemenag.go.id)
Life10 Mei 2024, 17:30 WIB

13 Makanan Terbaik untuk Membantu Tinggi Badan Optimal Pada Anak

Makanan tertentu sangat berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak.
Ilustrasi - Makanan tertentu sangat berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih10 Mei 2024, 17:28 WIB

KPU Sebut Caleg Terpilih Pemilu 2024 Tak Wajib Mundur Jika Maju Pilkada, Ini Alasannya

Berikut alasan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang menyebut bahwa Caleg Terpilih Pemilu 2024 tidak wajib mundur jika maju Pilkada.
Ilustrasi Pilkada 2024. | Foto : Ist
Musik10 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Immortal Queen Sia feat Chaka Khan

Di Lagu Immortal Queen, Sia berduet dengan Chaka Khan sehingga semakin menambah upbeat musik barat satu ini.
Video Klip Lagu Immortal Queen Sia feat Chaka Kan. YouTube/Sia
Food & Travel10 Mei 2024, 16:00 WIB

3 Rekomendasi Tempat Camping di Sukabumi, Cianjur dan Bogor: Viewnya Ada Lautan Awan

Camping di alam dapat membantu kamu untuk berolahraga, menghirup udara segar, dan mendapatkan sinar matahari yang baik.
Puncak Peuyeum, salah satu tempat berburu pemandangan lautan awan di Sukabumi yang cocok untuk dijadikan lokasi liburan akhir pekan | Foto: Facebook/@ahgoyy (Sumber : Facebook/@ahgoyy).
Inspirasi10 Mei 2024, 15:42 WIB

Cerita Mujur ‘Pak Ogah’, Usia 60 Tahun 4 Kali ke Tanah Suci Pakai Uang Receh

profesi Pak Ogah adalah sebutan untuk seseorang (bukan petugas resmi) yang mengatur lalu lintas di persimpangan jalan.
Ilustrasi profesi pak ogah atau pemandu kendaraan di jalanan (Sumber: kaskus.co.id)