870 PPPK Guru di Sukabumi Terima SK Pengangkatan, Ini Pesan Bupati

Jumat 07 Juli 2023, 20:40 WIB
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyerahkan SK pengangkatan PPPK guru di aula Setda-Palabuhanratu, Jumat (7/7/2023). (Sumber : Diskominfo Kabupaten Sukabumi)

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyerahkan SK pengangkatan PPPK guru di aula Setda-Palabuhanratu, Jumat (7/7/2023). (Sumber : Diskominfo Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 870 orang guru di Kabupaten Sukabumi terima Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Secara simbolis penyerahan SK ASN PPPK Jabatan Fungsional Guru Formasi Tahun 2022 ini diserahkan langsung Bupati Sukabumi Marwan Hamami dengan dihadiri seluruh PPPK dan pejabat di lingkungan Pemkab Sukabumi di Aula Setda-Palabuhanratu, Jumat (7/7/23).

Dalam sambutannya, Marwan mengajak seluruh PPPK untuk bekerja penuh semangat dan berinovasi untuk membangun Daerah, sehingga dapat terwujud masyarakat Kabupaten Sukabumi yang maju dan inovatif.

"Saya berpesan kepada PPPK yang baru saja dilantik agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal, sehingga dapat menjadi motor penggerak bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Sukabumi," ujar Marwan dikutip dari laman resmi Pemkab Sukabumi.

Baca Juga: 116 PPPK Guru di Kota Sukabumi Terima SK Pengangkatan

Menurut Bupati, pengangkatan PPPK pada guru ini merupakan program prioritas pemerintah untuk mendukung pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dalam bidang pendidikan. Sehingga, guru dinilai memiliki peranan penting dan strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa di tengah perubahan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan, serta teknologi yang semakin canggih.

"Sebagai pendidik, harus bisa menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap anak-anak di sekolah. Yang tidak kalah penting ialah penguatan dasar akidah dan sejarah," tegasnya.

Lebih lanjut Marwan menuturkan, PPPK memiliki kewajiban dalam menerapkan nilai dasar (Core Value) ASN BERAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dengan menerapkan Core Value tersebut, kata Marwan, akan membentuk budaya kerja ASN yang unggul dan menjadi aspek utama penguatan manajemen perubahan dalam reformasi birokrasi.

"Nitip kondisi hari ini kedepan, bangun sumber daya manusia oleh bapak ibu dan kuatkan nilai-nilai sejarah negara terhadap anak-anak. Karena itu, pembangunan SDM bisa diyakini oleh seorang guru dengan satu keyakinan," terangnya.

Bupati berharap PPPK guru bisa memotivasi anak didiknya dalam penyelenggaraan pendidikan agar terwujud generasi emas di masa yang akan datang.

Sementara itu Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi Ganjar Anugrah, menambahkan bahwa penyerahan SK PPPK ini diberikan kepada 870 tenaga pendidik. 125 orang hadir secara luring dan 745 secara daring.

Menurut Ganjar, pengangkatan PPPK Formasi Tahun 2022 merupakan pengangkatan PPPK dari peserta yang lulus seleksi PPPK pada tahun 2022 lalu.

"Sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, salah satu syarat bisa melamar sebagai peserta seleksi PPPK adalah memiliki pengalaman bekerja yang relevan sesuai dengan jabatan yang dilamar, sehingga pengangkatan PPPK ini memang dari yang sebelumnya sebagai honorer yang telah mengikuti dan lolos seleksi," kata Ganjar.

"Dalam seleksi pada tahun 2022 terdapat peserta Prioritas 1 yang merupakan peserta seleksi di tahun 2021 yang lolos passing grade namun belum mendapatkan formasi penempatan, sehingga di tahun 2022 diikutsertakan dalam seleksi namun menggunakan nilai yang diperoleh pada saat seleksi 2021 lalu atau tidak mengulang mengikuti ujian CAT di tahun 2022," tambahnya.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, bahwa yang diangkat sebagai PPPK dan menerima SK Pengangkatan PPPK tahun ini semua hanya untuk formasi Guru saja.

"Sebagaimana seleksi PPPK pada tahun 2022 di Pemerintah Kabupaten Sukabumi hanya untuk formasi Guru," jelasnya.

"Semoga dengan penambahan PPPK guru ini bisa memberikan kualitas pendidikan di Kabupaten Sukabumi," tandasnya. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi