Hari Jadi ke-61, Yon Armed 13 Perkuat Sinergi dan Kolaborasi

Jumat 07 Juli 2023, 18:30 WIB
Komandan Batalyon Artileri Medan (Danyon Armed) 13/Nanggala Kostrad, Letkol Arm Dwi Sutaryo (kedua dari kiri) menyerahkan piala untuk juara Pekan Olahraga Batalyon dalam momen hari jadi Yon Armed 13 ke-61. (Sumber : Istimewa)

Komandan Batalyon Artileri Medan (Danyon Armed) 13/Nanggala Kostrad, Letkol Arm Dwi Sutaryo (kedua dari kiri) menyerahkan piala untuk juara Pekan Olahraga Batalyon dalam momen hari jadi Yon Armed 13 ke-61. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Batalyon Armed 13/Nanggala Kostrad atau Yon Armed 13 memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61, Jumat (7/7/2023). Momen hari jadi tersebut diselenggarakan di markas Yon Armed 13, Jalan Perintis Kemerdekaan, Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Komandan Batalyon Artileri Medan (Danyon Armed) 13/Nanggala Kostrad, Letkol Arm Dwi Sutaryo mengatakan HUT tahun ini diselenggarakan secara sederhana. Menurut dia hal yang penting dalam momen ini yaitu menekankan pentingnya kebersamaan dan silaturahmi dengan masyarakat.

"HUT tahun ini, kita mengacu pada ulang tahun resimen yang cukup sederhana. Mungkin kalau kita bandingkan dengan tahun kemarin, seluruh Forkopimda dan elemen masyarakat berdatangan dengan menggelar berbagai ragam kegiatan sosial. Namun untuk HUT tahun ini cukup sederhana, ada karya bhakti dengan masyarakat sekitar dan ini puncaknya itu pun hanya internal kita saja," ujar Dwi.

Baca Juga: Tiga Bulan Ngontrak di Sukaraja Sukabumi, Dukun Pengganda Uang Ini Banyak Terima Tamu

Dalam momen puncak HUT ke-61 Yon Armed 13 dilakukan santunan kepada anak yatim, potong tumpeng dan kue ulang tahun, pengumuman hasil pekan olahraga batalyon (Por Yon) dilanjutkan dengan penyerahan piala, medali, piagam dan uang pembinaan kepada pemenang lomba.

Menurut Dwi, pekan olahraga batalyon mempertandingkan beragam olahraga fisik dan lomba lainnya seperti sepakbola, tenis meja, tenis lapangan, voli, lari 5K, menembak, lintas medan, bongkar pasang meriam, kolone senapan, renang militer dan lain-lain.

"Tentara tidak terlepas dari kegiatan fisik dan lombanya pun lomba fisik karena, semuanya baik pertempuran mau apapun basicnya pasti fisik dulu," terangnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja Salesman Untuk Lulusan SMA - S1 Semua Jurusan, Penempatan Sukabumi

Mengenai kegiatan karya bhakti tersebut, Dwi menyatakan para anggota Yon Armed bergotong royong bersama masyarakat dalam menjalankan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat.
Menurutnya kebersamaan dan kerukunan antara Yon Armed 13 dengan masyarakat Sukabumi telah menciptakan ikatan yang erat dan saling mendukung.

Dalam hal ini, hubungan antara Yon Armed 13 dan masyarakat Sukabumi ibarat ikan dan air artinya tidak bisa terpisahkan.

"Masyarakat Sukabumi sangat menerima kami, dan kami pun sering menggelar kegiatan sosial bersama warga Sukabumi seperti donor darah dan lainnya. Ini sangat positif bagi satuan kami dalam menjalankan tugas dengan baik," tuturnya.

Baca Juga: Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Jawa Barat 2023 jenjang SMA/Sederajat

"Armed ini ibarat ikan dan masyarakat sebagai airnya. Tanpa ada mereka kita pasti akan mati, tanpa ada dukungan mereka masyarakat, tentu kita tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik," imbuhnya.

Selain itu Dwi mengapresiasi Forkopimda Sukabumi yang solid dan merangkul semua unsur.
"Paling berkesan di Sukabumi ini, terus terang disini pertama Forkopimda sangat guyub dan sangat rukun, Pak Bupati Sukabumi selaku yang tertua di Forkopimda juga sangat merangkul semua unsur," terangnya.

Selain dengan masyarakat, Yon Armed 13 bersinergi dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dengan kepolisian dan instansi lainnya. Sebab tanpa adanya sinergi, Yon Armed tidak akan mencapai prestasi yang signifikan.

Baca Juga: Benarkah Jumlah Perempuan Lebih Banyak daripada Laki laki di Dunia?

Dukungan dari kepolisian dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah serta instansi lain merupakan faktor penting dalam menjalankan tugas-tugas pokok batalyon.

"Tanpa ada sinergis kita bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa. Yon Armed 13 terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dengan kepolisian dan instansi yang lainnya, apa yang menjadi kebijakan dari pimpinan di daerah maupun di pusat, kita siap dukung demi tercapainya tugas pokok kami," tukasnya.

Dwi menuturkan Yon Armed 13 memiliki visi dan misi untuk menjadi batalyon yang profesional dan adaptif, serta mampu berkompetisi dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih, terutama dalam pengembangan senjata seperti meriam yang terus berkembang.

Baca Juga: 26 Pemain Muda Lolos Seleksi Garuda Select Jilid 3

Lebih lanjut, Ia menegaskan pentingnya karakter dan disiplin bagi setiap prajurit dalam menjalankan tugas mereka. Menurutnya, prajurit yang tidak memiliki karakter yang baik seperti mesin perang tanpa kendali. Oleh karena itu, karakter menjadi hal utama yang ditekankan dalam pembentukan prajurit yang berkualitas.

"Untuk itu, saya menekankan kepada prajurit saya, karakter yang utama. Setelah itu, yang terakhir adalah disiplin. Nah, jadi ke empat hal tersebut mudah-mudahan dapat menjadi pondasi seluruh prajurit kita dapat berkarya dengan baik," ujarnya.

Sehingga yang menjadi harapan dari hari jadi ke-61 yaitu Yon Armed 13 bisa terus melaksanakan tugas dengan baik kepada negara dan bangsa. "Semakin solid dan profesional dan tentunya mampu terus berkarya untuk masyarakat, untuk terutama masyarakat Sukabumi dan sekitarnya," pungkasnya.

Baca Juga: Sinopsis Film Horor Run Rabbit Run, Tentang Halusinasi dan Teror Hantu Masa Lalu

Sementara itu, Wakapolres Sukabumi Kompol Septa Firmansyah yang hadir mewakili Kapolres Sukabumi mengucapkan Dirgahayu ke-61 Yon Armed 13.

Septa menyatakan, Pemilu 2024 sudah didepan mata. Dalam pesta demokrasi 5 tahunan itu, keamanan merupakan hal yang penting sehingga Polres Sukabumi menyadari pentingnya sinergitas dengan TNI, terutama Yon Armed 13.

"Sinergi antara kepolisian dan TNI menjadi faktor krusial untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran proses demokrasi," ujarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)