Termasuk oleh Dinsos, 127 Inovasi Efisienkan Pelayanan Publik di Kota Sukabumi

Rabu 14 Juni 2023, 10:58 WIB
Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada (dua orang di tengah). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat dan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada (dua orang di tengah). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sosialisasi evaluasi kelembagaan dan penyerahan penghargaan kepada dinas-dinas yang mengembangkan dan berhasil menerapkan inovasi pelayanan digelar pada Selasa, 13 Juni 2023. Kegiatan yang diselenggarakan Bagian Organisasi Setda Kota Sukabumi di Oproom Setda ini merupakan lanjutan dari penghargaan PeDe HaDe (Pencapaian Perangkat Daerah melalui Penilaian Kinerja terbaik) beberapa waktu lalu.

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada, Asda III Pemerintah Kota Sukabumi Iskandar Ifhan, para kepala dinas, dan jajaran aparatur bagian Organisasi Setda Kota Sukabumi. Evaluasi Kelembagaan bertujuan untuk memperkenalkan serta memberikan penghargaan kepada dinas-dinas yang telah berperan aktif dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik melalui penggunaan teknologi informasi.

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi dan dorongan atas inovasi yang telah dilakukan oleh dinas-dinas di Kota Sukabumi dalam mengembangkan dan menerapkan aplikasi pelayanan. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh dinas-dinas dalam memperbaiki sistem pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi.

Dida juga mengungkapkan penggunaan aplikasi pelayanan sebanyak 127 inovasi telah membantu meningkatkan efisiensi, transparansi, dan responsifitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Dengan inovasi ini, proses administrasi dan permohonan menjadi lebih cepat, mudah, dan dapat diakses online, mengurangi waktu dan memudahkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan publik. Inovasi yang dikembangkan dinas-dinas, SKPD, dan lembaga merupakan bagian dari kinerja aparatur di pemerintah kota," ujarnya.

Baca Juga: Job Fair Hadir di Kota Sukabumi: 40 Perusahaan, Target 5 Ribu Orang Dapat Kerja

Selama acara sosialisasi, dinas-dinas yang telah berhasil mengembangkan dan menerapkan aplikasi pelayanan yang inovatif menerima penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi mereka dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, salah satunya Dinas Sosial. Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi dinas-dinas lainnya untuk mengadopsi teknologi informasi dalam upaya meningkatkan pelayanan yang lebih baik di masa depan.

Beberapa dinas yang menerima penghargaan adalah Dinas Sosial Kota Sukabumi, Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi, dan Dinas Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Sukabumi.

Dida berharap penghargaan ini dapat menjadi pemicu bagi dinas-dinas lainnya untuk terus mengembangkan dan menerapkan inovasi teknologi dalam pelayanan publik. Selain itu, diharapkan sinergi antar-dinas juga terus ditingkatkan untuk menciptakan sistem pelayanan yang lebih terintegrasi dan efisien.

Dinas Sosial Kota Sukabumi menerima piagam penghargaan juara pertama PeDe HaDe. Penghargaan diterima langsung Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat dari Dida Sembada. Kabar ini juga disampaikan Dinas Sosial lewat unggahan Instagram-nya.

"Sobat sosial. Dalam kegiatan orasi yuks, Dinas Sosial menerima piagam juara pertama "Pede Hade" yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Kota Sukabumi. Selasa, 13 Juni 2023. Penghargaan ini tentunya menjadi dorongan kuat untuk meningkatkan kinerja terbaik dalam pelayanan masyarakat," tulisnya.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)