Unik! Domba Jantan Berlafadz Allah di Sukabumi hingga Diminati Pembeli dari Arab

Senin 12 Juni 2023, 19:01 WIB
Domba Jantan dengan lapadz Allah di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

Domba Jantan dengan lapadz Allah di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Unik, seekor kambing atau domba jenis domba garut memiliki tanda warna putih mirip lafadz Allah yang mengukir tubuh samping kanannya. Domba jantan tersebut berada di peternakan domba di Kampung Babakan Peundeuy RT 01/05, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Pemilik peternakan, Fajar Sukma (45 tahun) mengaku terkejut ketika ia memperhatikan sesuatu yang tidak biasa pada salah satu dombanya. Ketika Fajar mendekati kandang tersebut, ia melihat bahwa tubuh kambing itu memiliki pola yang membentuk kaligrafi Arab dengan lafadz 'Allah'

"Mulai terlihat pada saat selesai kita mandiin, biasanya kan kalau dari petani kan kotor-kotor, jadi dimandiin dulu. Kita rasa jual ke konsumen kan harus bersih, pas kering mulai kelihatan ada lafadz Allahnya, mirip lah gitu," ujarnya.

Fajar mengatakan, ketika kambing itu mulai dikeringkan, tulisan "Allah" pada tubuhnya semakin jelas dan terlihat dengan lebih tegas. "Itu masih kelihatan jelas ternyata pas dikeringkan, kambingnya berwarna hitam dan coraknya yang seperti lafadz Allah warna putih," kata dia.

Menurut Fajar, dirinya masih belum terlalu percaya akan femomena tersenut, lantaran ingin melihat apakah tulisan itu benar-benar ada di tubuh kambing atau hanya hasil dari manipulasi manusia. Ia pada akhirnya mengambil keputusan untuk mencukur bulu kambingnya.

Baca Juga: Fahmi Dzikri Mundur dari Ketum ESI Kabupaten Sukabumi

"Kemarin tuh, kita emang belum belum terlalu percaya, terus penasaran kita potong rambutnya, ternyata tambah mirip gitu, setelah dipotong tambah jelas lagi itu dasarnya. Jadi bukan sebatas bulu yang dicat, karena pas kita cukur eh tembus kulit. Bahkan yang tadinya mirip Alif lam kurang keliatan, ternyata memang benar ada gitu kan terpisah di pinggir sebelah kanan," ungkapnya.

Domba garut jantan milik Fajar itu kurang lebih sudah berumur 1 tahun 2 bulan, dengan bobot sebesar 35 kilogram, dibelinya dengan sudah keadaan seperti itu. "Di sini kurang lebih ada sebulanan lah, itu itu jenis domba garut ya, awal itu ya paling selama sebulan paling ada kenaikan 1 kiloan, tapi dulu posisinya gondrong gitu kan," jelasnya.

Fajar mengaku, awal mula membeli seekor kambing tersebut dengan harga yang cukup tinggi. "Karena emang lagi musim kurban, harganya lumayanlah ya," kata Fajar.

Namun, apa yang dia peroleh menuai hasil dari fenomena yang menakjubkan. Sebab, memunculkan minat yang luar biasa, dengan tawaran harga yang mencapai angka yang cukup fantastis. Fajar mengatakan, seekor kambing yang memiliki tulisan "Allah" pada tubuhnya ditawar hingga mencapai angka Rp 10 juta.

"Kemarin ada pengusaha dari Bogor, yang masih teman juga sih, mau bayarin Rp 10 juta, katanya buat simpan di kandang," tuturnya.

Namun kali ini, pemilik kambing yang unik ini, Fajar membuat keputusan yang mengejutkan dengan mengumumkan bahwa kambing tersebut tidak akan dijual, kecuali dibayar dengan perjalanan umroh. 

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

"Tadi pagi juga ada kan, teman yang nawarin kambing saya ke orang Arab. Saya sih cuman bercanda mintanya diumrohin aja ustad yang ngurusnya, ya udah saya nego dulu, katanya gitu. Kalau teman-teman di kandang sih, inginnya dipelihara," terangnya.

Ia menyebut, akan melepas dombanya bilamana memberangkatkan umroh Ustad Maman (pengurus ternak). "Karena dari hati kecil, saya ada cita-cita supaya yang mengurus di sini tuh bisa umroh, kalau nominal saya gak tau lah," tuturnya.

Menurutnya setelah beternak selama kurang lebih dua tahun, baru mendapatkan femomena seperti ini. Fajar menyebut, semenjak ada domba itu, ada perubahan dari rizki, yang mana bukan cuma uang.

"Banyak ternak yang laku terjual, mungkin wasilahnya akibat dari itu, tapi kalau percaya adanya itu terus menimbulkan rizki berupa materi yang signifikan sih enggak," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com
Musik06 Mei 2024, 17:00 WIB

OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara!

Dikabarkan Rizky Febian dan Mahalini menikah sesuai dat Bali pada Minggu, 5 Mei 2024 dan Ijab Qobul di Jakarta pada Rabu, 8 Mei 2024.
Foto Cover Latar Biru OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara. Sumber: YouTube/@Rizky Febian
Life06 Mei 2024, 16:30 WIB

Terapkan Yuk Bund! 5 Cara Mendidik Anak yang Suka Melawan Tanpa Perlu Emosi

Sifat melawan dan membantah merupakan bagian dari tumbuh kembang anak, bentuk pertahanan dirinya terhadap situasi mengancam yang tidak ia sukai.
Ilustrasi. Orang tua memberi contoh yang baik. Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto
Motor06 Mei 2024, 16:00 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha Lexi LX 155 Terbaru Mei 2024

Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS.
Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS. (Sumber : yamaha-motor.co.id).
DPRD Kab. Sukabumi06 Mei 2024, 15:31 WIB

Masa Sidang Terakhir, DPRD Sukabumi Kebut Finalisasi 21 Raperda: Berikut Rinciannya

Jelang masa akhir jabatan, berikut rincian 21 Raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024.
Rapat Paripurna ke-5 DPRD Kabupaten Sukabumi beragendakan Penyampaian Penutupan Masa Sidang Kesatu Tahun Kelima Tahun Sidang 2024 dan Pembukaan Masa Sidang Kedua Tahun Kelima Tahun Sidang 2024. (Sumber : Dok. DPRD)
Life06 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Sendiri Tanpa Bergantung ke Orang Lain

Menciptakan kebahagiaan sendiri tanpa bergantung kepada orang lain adalah hal yang patut dicoba, karena tidak semua orang bisa melakukannya.
Ilustrasi. Cara menciptakan kebahagiaan sendiri. Sumber Foto : Pexels/Sound On
Sukabumi06 Mei 2024, 15:11 WIB

Dua Kasus Beda Cerita, Psikolog Soroti Pembunuhan Berlatar Belakang Sodomi di Sukabumi

Konsultan psikologi asal Sukabumi ikut bersuara atas kedua kasus pembunuhan ini.
(Foto Ilustrasi) Dua kasus pembunuhan berlatar belakang sodomi terjadi di Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi06 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Minimarket Sukabumi Sebagai Display, Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 14:38 WIB

Botram Bareng Ayep Zaki, Bangun Hubungan Erat Antar Calon Pemimpin dan Masyarakat

Bacalon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki sosialisasikan visi dan misinya lewat botram bareng masyarakat.
Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, H. Ayep Zaki botram bareng warga, sampaikan visi dan misinya dalam memberantas kemiskinan. (Sumber : Istimewa)
Life06 Mei 2024, 14:30 WIB

Begini 7 Cara Ampuh Melerai Pertengkaran Anak, Yuk Lakukan!

Anak-anak perlu mengetahui bahwa mereka dicintai secara setara dan istimewa, terlepas dari bagaimana mereka bertindak.
Ilustrasi. Cara ampuh memisahkan pertengkaran anak. Sumber : pexels.com/@Vika Glitter