HIPPMA Tuding Dana Hibah Pilkada Sukabumi Dikorupsi, Bawaslu Minta Bukti Temuan

Senin 05 Juni 2023, 18:56 WIB
Aksi Demontrasi HIPPMA di Kantor Bawaslu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

Aksi Demontrasi HIPPMA di Kantor Bawaslu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Himpunan Pelajar Mahasiswa (HIPPMA) Sukabumi menggelar aksi demontrasi di depan Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Sukabumi, mereka menuntut transparansi dan mengungkap dugaan korupsi yang melibatkan Bawaslu, pada Senin (05/03/2023).

Dalam orasinya mereka meminta keadilan atas tidak adanya kejelasan indikasi dugaan korupsi dana hibah Bawaslu Kabupaten Sukabumi. Para mahasiswa menuntut agar Bawaslu membuka semua data dan proses yang terkait dengan dana hibah. Mereka juga mendesak untuk melakukan investigasi menyeluruh terhadap dugaan korupsi yang ada dan mengambil tindakan tegas terhadap pihak yang terlibat jika ditemukan bukti yang cukup.

Salah satu perwakilan mahasiswa, Niko Satria mengatakan, anggaran tahun 2019 yang digunakan pada tahun 2020, perihal transparansi pengunaan dana hibah untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebesar Rp31 Miliar. "Terindikasi dikorupsi sebesar Rp4 Miliar, dari segi pembelanjaan atau kekurangan spesifikasi dan sosialisasi," ujarnya kepada awak media.

Dalam situasi yang semakin tegang, beberapa perwakilan mahasiswa diajak untuk menjelaskan darimana temuan dugaan korupsi berasal. Namun, mahasiswa menekankan bahwa mereka tidak akan berhenti berjuang sampai ada kejelasan dan tindakan nyata yang diambil oleh Bawaslu.

Baca Juga: Kisah Bu Siti Bawa Anak Mengidap Down Syndrome dari Taiwan

"Pentingnya apa Bawaslu, menanyakan data temuan kita dari mana. Justru dengan Bawaslu seperti itu, hanya menutup mata, menutup telinga dan menutup hati," tegasnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan ada salah satu asas menjelaskan bahwa, asas praduga bersalah dan asas praduga tidak bersalah. "Maka dari itu kami mengadakan aksi ini, hanya menjunjung tinggi asas tersebut, apa salahnya kan, sesuai pasal 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Harusnya Bawaslu ini tidak berat akan menunjukan secara autentik kepada kami, apapun yang menjadi temuan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau dengan eksternal itu, pengauditan," paparnya

Pihaknya menuntut agar Bawaslu membuka semua data dan informasi terkait proses pemilihan umum yang sudah berlangsung, Ia menyatakan akan melaporkan Bawaslu ke KPK adalah langkah terakhir yang harus diambil jika tidak ada kejelasan dan tindakan yang diambil oleh lembaga tersebut.

"Jika tidak dikabulkan, kami (HIPPMA) akan menjadi mimpi buruk bagi Bawaslu Kabupaten Sukabumi, kami akan menyerahkan seluruh kajian kami kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kami mengucapkan selamat datang kepada KPK di Kabupaten Sukabumi," tandasnya.

Ketua Umum HIPPMA Sukabumi, Rahman Abbizar menginginkan Bawaslu sebagai lembaga pengawas memiliki akuntabilitas yang tinggi terhadap dana hibah yang disalurkan untuk Pilkada. Kami perlu tahu dengan jelas bagaimana dana ini digunakan, agar tidak ada ruang bagi praktik korupsi atau penyalahgunaan keuangan dalam proses pemilihan.

Baca Juga: PART I: Kecelakaan Laut dan Nasib Status UNESCO Global Geopark Ciletuh Sukabumi

"Tuntutan kami sederhana, yaitu dengan membuka realisasi anggaran belanja, dana hibah Pilkada. Kita ingin dikeluarkan aja sosialisasi ke publik, kalau memang tidak ada temuan,"

Pihaknya juga mendesak Bawaslu untuk melibatkan publik dalam proses pengawasan penggunaan dana hibah tersebut. Sehingga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan dana publik, yang dapat mencegah terjadinya penyelewengan atau praktik korupsi.

"Kita Indikasi, bukan berarti 100 persen betul, justru datangnya kami kesini, coba luruskan dengan buka data realisasi itu ke publik, biar kita kaji juga kan. Kita sampaikan ke Aparat Penegak Hukum (APH), mereka yang bisa menentukan adanya indikasi dugaan atau tidak, karena kami disini hanya indikasi, bisa betul atau tidak," bebernya.

"Hari ini kami akan ke sekertariat, untuk evaluasi dan apabila hari ini jadi kajian, akan kami serahkan kepada APH untuk diteliti lebih lanjut. Jadi gak akan ada aksi lanjutan, kami akan memberikan kajian kajian kami ke Komisi Pemberantasn Korupsi, karena KPK bisa memproses di Rp 150 juta keatas, selebihnya serahkan saja ke APH," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Anzar menegaskan komitmen lembaganya terhadap transparansi dan akuntabilitas. Bawaslu akan membuka diri sepenuhnya apabila mahasiswa bisa menunjukan data terkait adanya praktik korupsi.

"Bukan kita tidak mau transparan ke masyarakat, artinya kan prosedurnya seperti itu, adapun yang disampaikan mereka, seperti yang saya sampaikan tadi, mari kita sanding data, kita akan cari solusi, apa yang mereka sanggahkan kita jelaskan dengan data yang ada di kita," ujarnya.

Baca Juga: Resep Bu Siti Punya 2 Suami Muda, Rutin Mandi Kembang Setiap Malam Jumat

Ia menyebut, tuntutan mahasiswa hanya Bawaslu harus terbuka, sehingga ada aturan mainnya, makanya disampaikan dengan mengajak diskusi. "Kami juga bukan tidak mau, artinya ada aturan yang harus dilalui, ketika menyampaikan data mereka harus jelas dalam penyandingan ini ada komunikasi, penjelasan dari kami juga," jelasnya.

"Kita juga tidak bisa menerima data begitu saja, mereka datanya dari mana, titik kesalahan dan kelemahannya di mana, buktinya kan mereka tidak mau, padahal sudah saya ajak baik baik, untuk menyandingkan data supaya terlihat di mana letak kesalahannya," lanjutnya.

Menurutnya, terkait aksi demo disampaikan bahwa, mereka bersurat awalnya, kemudian menyampaikan data ke Bawaslu, hanya memang dalam pelaksanaan kegiatan dana hibah Pilkada tahun 2020 itu melalui prosedur yang sudah ditentukan dan sudah dilalui.

"Sehingga saya sampaikan bahwa, pertanggungjawaban itu kan melalui proses audit dan lain-lain. Pertama contoh laporan bulanan kita rekom ke Provinsi, kemudian akhir tahun anggaran diaudit oleh auditor yang punya kewenangan," ungkapnya.

Menanggapi tuntutan mahasiswa, pihaknua menyambut baik aspirasi mereka, sehingga pihaknya mengapresiasi ke teman-teman yang demo, terkait perhatiannya ke Bawaslu, sebab hal tersebut baik bagi Bawaslu, namun sebagai penanggungjawab anggaran, tentunya harus menyampaikan data yang ada seperti apa.

"Tidak mungkin Bawaslu adanya indikasi korupsi, kalau memang itu terjadi pastinya diaudit itu ada temuan yang memang harus ditindaklanjuti, tapi saya masih berdiri di sini berarti tidak ada persoalan," jelasnya.

Baca Juga: Warga Jangan Lupa! Inilah 9 Wakil Rakyat Dapil III Kabupaten Sukabumi

Lebih lanjut Ia menyatakan, dari dana R31,3 Miliar, itu tidak hanya dilaksanakan oleh Kabupaten, sehingga presentasinya adalah untuk operasional Panwascam di 47 Kecamatan. "Kalau memang di Kecamatan ada persoalan, pasti itu akan muncul, tapi sampai hari ini kita tidak mendapatkan persoalan terkait hasil audit itu," tuturnya.

Anzar secara terbuka menyatakan kesiapannya untuk menerima pelaporan dan kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi di lembaganya. "Kami bukan menantang, artinya kalau memang seperti itu silahkan saja, sementara ini sesuai aturan yang ada, tidak adanya kami berindikasi hal-hal yang diluar aturan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional26 April 2024, 09:31 WIB

Ada Zonasi, Simak 4 Jalur PPDB Tahun 2024 untuk SD, SMP, dan SMA

PPDB diselenggarakan secara objektif, transparan, dan akuntabel.
(Foto Ilustrasi) Ketentuan PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. | Foto: Freepik/@master1305
Inspirasi26 April 2024, 09:30 WIB

Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan untuk Penempatan Wilayah Jawa Barat.
Info Penerimaan Pegawai Lulusan SMA di Perusahaan, Penempatan Jawa Barat  (Sumber : Freepik)
Sukabumi26 April 2024, 09:02 WIB

Warga Resah! Beredar Video Konvoi Motor Bersajam di Jalan Pajampangan Sukabumi

Dalam video terlihat salah satu orang yang dibonceng menggesekkan sajam ke aspal.
Tangkapan layar video konvoi kawanan bermotor sambil membawa sajam di Jalan Nasional Jampangkulon-Surade, Desa Talagamurni, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Senin malam, 22 April 2024.| Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi26 April 2024, 09:01 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Studi Banding BUMD ke Yogyakarta

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi saat ini tengah  melakukan perjalanan dinas ke Jogjakarta
Sekretaris Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni  (Sumber : DPRD Kabupaten Sukabumi)
Sehat26 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Anda Coba Dirumah, 8 Ide Camilan Ringan untuk Menurunkan Berat Badan

Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda.
Ilustrasi - Camilan dapat membantu memuaskan rasa lapar di antara waktu makan, mencegah keinginan mengidam, dan memberikan nutrisi penting yang sehat dalam makanan Anda. (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba).
Life26 April 2024, 08:00 WIB

12 Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang

Kebiasaan sederhana ini menunjukkan rasa hormat dan perhatianmu terhadap orang lain, dan orang-orang cenderung merasa dihargai saat merasa didengarkan dengan baik.
Ilustrasi - Kebiasaan Sederhana yang Membuatmu Disenangi Semua Orang (Sumber : Pexels/Thirdman)
Sehat26 April 2024, 07:00 WIB

9 Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari, Bisa Mengurangi Perut Kembung

Rutinitas pagi yang tenang dan santai, seperti minum air hangat, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Minum Air Hangat. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel26 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Kencur untuk Meredakan Nyeri Sendi, Ini 8 Langkahnya!

Meskipun kencur memiliki banyak manfaat kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya secara teratur, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Air Rebusan Kencur. (Sumber : Instagram/@meygaahuang)
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock