TNI dan Pemkab Sukabumi Bangun Jalan Penghubung Kebonpedes-Gegerbitung

Rabu 10 Mei 2023, 23:56 WIB
TNI dan Pemkab Sukabumi bangun jalan penghubung Kebonpedes - Gegerbitung | Foto : Awal

TNI dan Pemkab Sukabumi bangun jalan penghubung Kebonpedes - Gegerbitung | Foto : Awal

SUKABUMIUPDATE.com - Komando Resort Militer (Korem) 061/Surya Kencana melalui Komando Distrik Militer menggelar kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116. Di dalam kegiatan yang juga dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi itu adalah membangun jalan penghubung antara Desa Jambenenggang Kecamatan Kebonpedes dengan Desa Buniwangi Kecamatan Gegerbitung.

Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Kuat Budiman mengatakan pembangunan jalan tersebut bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat. Dia mengatakan, program tersebut rutin dilakukan setiap tahun sejak tahun 70-an.

“Jadi program TNI Manunggal Membangun Desa ini adalah program yang sudah lama kita lakukan dan terbukti program ini memang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” kata Budiman kepada awak media di Lapang Boring, Kebonpedes, Sukabumi, Rabu (10/5/2023).

Dia mengatakan, pihaknya akan membangun jalan sepanjang 700 meter yang nantinya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Pembangunan tersebut ditargetken rampung dalam kurun waktu satu bulan.

Baca Juga: Ayep Zaki Ajak Alumni STN 2 Sukabumi untuk Menata Kebaikan

“Kita membuat jalan tembusan sepanjang 700 meter yang menghubungkan dua desa dari dua kecamatan yang berbeda. Target satu bulan, memang berupa operasi dibatasi waktu dan anggran,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sebelum ada program TMMD, warga yang akan melintas menggunakan kendaraan roda empat harus menempuh perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam. Setelah pembangunan jalan ini selesai, maka waktu tempuh diperkirakan hanya 10 menit saja.

“Kondisi awal itu, masyarakat dari dua desa dan dua kecamatan ini kalau mau pindah dia harus melingkar, melambung menempuh waktu 2-3 jam. Dengan adanya jalan ini dibesarkan, kemudian di timbun menjadi lebar sehingga cuma 10 menit hitungannya,” ungkap dia.

Kuat Budiman berharap, selama program TMMD ini berlangsung, para anggota TNI dan Polri dapat berbaur dengan masyarakat. Selain itu, dia juga mengharapkan agar mereka tak membuat sekat serta memberikan contoh yang baik dalam berperilaku.

Baca Juga: 62 Daftar SMP dan MTs Terbaik di Kabupaten Sukabumi

“Jangan sampai di depan rakyat ada hal-hal yang tidak patut ditiru. Selama di sini membaur dengan rakyat. Lakukan hal-hal yang bisa ditiru oleh rakyat itu menjadi bangga,” ucap dia.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku bersyukur atas program TMMD ini. Menurutnya, dalam kegiatan ini dapat memperkuat nilai gotong royong.

“Ada proses gotong royong yang dilakukan sehingga angka untuk biaya manusianya bisa dimanfaatkan untuk infrastruktur, itu salah satu kelebihan program yang kita lakukan. Yang paling utama adalah kebersamaan, sifat gotong royong yang selama ini menjadi tradisi bangsa ini,” kata Marwan.

Menurutnya, pembangunan jalan itu juga turut mempermudah akses menuju Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Ditanya soal alasan baru dibangun saat ini, pihaknya menyebut jika perencanaan pembangunan sudah ada sejak lama.

“Sebenarnya perencanaan pembangunan itu ada beberapa. Presiden sudah menyampaikan ada kewenangan pusat, provinsi, kabupaten, dan desa. Nah ini yang harus sinkron makanya dalam Musrenbang itu harus diberikan satu pemahaman,” jelasnya.

Baca Juga: 4 Lagu Gasentra Pajampangan, Potret Sosial dan Eksotisme Sukabumi dalam Untaian Lirik

“Harusnya anggota-anggota DPRD yang mewakili masyarakat itu hadir ketika Musrenbang menyampaikan sehingga kalau program itu bisa lewat desa tidak diintervensi oleh pemerintah kabupaten atau bisa juga diintervensi oleh pokir (pokok pikiran) mereka (DPRD). Kalau tidak diprogramkan, tidak direncanakan terlebih dahulu, kita tidak boleh menganggarkan itu kendalanya,” tutup Marwan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik
Life26 April 2024, 19:00 WIB

5 Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Masalah Finansial, Awas Jangan Lakukan Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuat Hidup Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi - Masalah keuangan. Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pixabay.com/@30726203)