TMMD 113 Ditutup, Bupati Sukabumi Minta Insfrastruktur yang Dibangun untuk Dijaga

Kamis 09 Juni 2022, 18:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, resmi ditutup, Kamis (9/6/2022).

Penutupan rampungnya program ini ditandai dengan gunting pita secara bersama oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Selanjutnya Penandatanganan Prasasti TMMD ke 113 di lokasi pengaspalan jalan di Kampung Sirnatani.

Dalam sambutannya, Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi dan seluruh instansi terkait yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan TMMD Ke 113 ini.

"TMMD membantu menyelesaikan permasalahan Pemda, maupun masyarakat dalam membangun sarana, baik fisik maupun non fisik. Saya berharap kehadiran TNI di tengah masyarakat dapat menimbulkan energi dan meningkatkan semangat dalam melaksanakan gotong royong," ujarnya.

Baca Juga :

TMMD ke 113 Capai 95 %: Rehab Masjid hingga Aspal Jalan di Cikangkung Sukabumi

Rudy bersyukur semua sasaran fisik maupun non fisik telah dilaksanakan sesuai dengan target yang ditentukan.

"Ini sebagai bukti sinergitas semua. Sasaran yang telah dicapai ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta dapat dijaga atau dirawat dengan baik. Semoga sinergitas, soliditas yang sudah kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat," tandasnya.

photoProsesi gunting pita secara bersama oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. - (SU/Ragil)</span

Terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami memberi pesan agar hasil dari TMMD ini bisa dijaga dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat.

"Kalau hanya menuntut saja pembangunan infrastruktur tapi tidak dipelihara sayang juga, terutama Pemdes harus benar-benar bisa menjaganya, agar umur teknisnya bisa lama," tuturnya.

Marwan mengatakan, kesulitan pemda hari ini, terutama di masa Covid, infrastruktur belum menjadi fokus kebijakan, sehingga ia menyayangkan bila masyarakat tidak menjaga dengan baik hasil dari TMMD ini.

"Makanya tahun 2023 nanti masih kita kuatkan TMMD dan karya bakti. Karena kalau memakai sistem kedinasan, apakah itu Perkim, PU, untuk percepatan di daerah agak sulit. Tapi kalau sistem TMMD, tanggungjawab pak Dandim untuk mengerjakan. Kalau pakai sistem kedinasan, misalkan anggaran 2 M, itu hasilnya bisa 2,5 M, karena ada kondisi-kondisi yang tidak terhitung. Contohnya kalau dikerjakan oleh pihak ketiga, ada hitungan pekerja, namun kalau TMMD bisa dikerjakan dan dibantu oleh kesatuan kesatuan, itu kelebihannya," pungkasnya.

Untuk diketahui, penutupan TMMD ke 113 hari ini diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti penyerahan bantuan simbolis paket sembako sebanyak 10 orang (total 250 paket), peninjauan tenda pelayanan kesehatan (pengobatan massal, sunatan massal, pelayanan vaksinasi 1 dan 2, booster, KB, kesehatan, donor darah dan gurah mata), peninjauan stand UMKM Pajampangan dan pasar murah, stand pelayanan pajak kendaraan, perpanjangan SIM dari Polres Sukabumi, stand Alutsista TNI-Polri, serta pengecekan pembangunan sasaran fisik.

Adapun program prioritas TMMD Ke-113 tahun 2022 yang dilaksanakan sejak 11 Mei 2022 di Desa Cikangkung terdiri dari pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan fisik, yakni pengaspalan jalan desa, plat beton dan Tebing Penahan Tanah (TPT) yang direalisasikan di lima kedusunan, yakni Dusun Cibuluh, Dusun Pananggapan, Dusun Ciputat, Dusun Cikaramat dan Dusun Cibanteng.

Dengan rincian, pengaspalan jalan Desa sebanyak 6 titik sepanjang 5961 meter. Kemudian plat beton 2 unit di Dusun Cibanteng dan satu unit di Dusun Cikaramat, serta satu TPT di Dusun Cibanteng.

Sedangkan untuk pembangunan non fisik yaitu berupa bela negara, peternakan, pertanian, bidang lingkungan hidup dan kesehatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)