TMMD 113 Ditutup, Bupati Sukabumi Minta Insfrastruktur yang Dibangun untuk Dijaga

Kamis 09 Juni 2022, 18:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, resmi ditutup, Kamis (9/6/2022).

Penutupan rampungnya program ini ditandai dengan gunting pita secara bersama oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Selanjutnya Penandatanganan Prasasti TMMD ke 113 di lokasi pengaspalan jalan di Kampung Sirnatani.

Dalam sambutannya, Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi dan seluruh instansi terkait yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan TMMD Ke 113 ini.

"TMMD membantu menyelesaikan permasalahan Pemda, maupun masyarakat dalam membangun sarana, baik fisik maupun non fisik. Saya berharap kehadiran TNI di tengah masyarakat dapat menimbulkan energi dan meningkatkan semangat dalam melaksanakan gotong royong," ujarnya.

Baca Juga :

TMMD ke 113 Capai 95 %: Rehab Masjid hingga Aspal Jalan di Cikangkung Sukabumi

Rudy bersyukur semua sasaran fisik maupun non fisik telah dilaksanakan sesuai dengan target yang ditentukan.

"Ini sebagai bukti sinergitas semua. Sasaran yang telah dicapai ini dapat bermanfaat bagi masyarakat serta dapat dijaga atau dirawat dengan baik. Semoga sinergitas, soliditas yang sudah kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat," tandasnya.

photoProsesi gunting pita secara bersama oleh Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. - (SU/Ragil)</span

Terpisah, Bupati Sukabumi Marwan Hamami memberi pesan agar hasil dari TMMD ini bisa dijaga dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat.

"Kalau hanya menuntut saja pembangunan infrastruktur tapi tidak dipelihara sayang juga, terutama Pemdes harus benar-benar bisa menjaganya, agar umur teknisnya bisa lama," tuturnya.

Marwan mengatakan, kesulitan pemda hari ini, terutama di masa Covid, infrastruktur belum menjadi fokus kebijakan, sehingga ia menyayangkan bila masyarakat tidak menjaga dengan baik hasil dari TMMD ini.

"Makanya tahun 2023 nanti masih kita kuatkan TMMD dan karya bakti. Karena kalau memakai sistem kedinasan, apakah itu Perkim, PU, untuk percepatan di daerah agak sulit. Tapi kalau sistem TMMD, tanggungjawab pak Dandim untuk mengerjakan. Kalau pakai sistem kedinasan, misalkan anggaran 2 M, itu hasilnya bisa 2,5 M, karena ada kondisi-kondisi yang tidak terhitung. Contohnya kalau dikerjakan oleh pihak ketiga, ada hitungan pekerja, namun kalau TMMD bisa dikerjakan dan dibantu oleh kesatuan kesatuan, itu kelebihannya," pungkasnya.

Untuk diketahui, penutupan TMMD ke 113 hari ini diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti penyerahan bantuan simbolis paket sembako sebanyak 10 orang (total 250 paket), peninjauan tenda pelayanan kesehatan (pengobatan massal, sunatan massal, pelayanan vaksinasi 1 dan 2, booster, KB, kesehatan, donor darah dan gurah mata), peninjauan stand UMKM Pajampangan dan pasar murah, stand pelayanan pajak kendaraan, perpanjangan SIM dari Polres Sukabumi, stand Alutsista TNI-Polri, serta pengecekan pembangunan sasaran fisik.

Adapun program prioritas TMMD Ke-113 tahun 2022 yang dilaksanakan sejak 11 Mei 2022 di Desa Cikangkung terdiri dari pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan fisik, yakni pengaspalan jalan desa, plat beton dan Tebing Penahan Tanah (TPT) yang direalisasikan di lima kedusunan, yakni Dusun Cibuluh, Dusun Pananggapan, Dusun Ciputat, Dusun Cikaramat dan Dusun Cibanteng.

Dengan rincian, pengaspalan jalan Desa sebanyak 6 titik sepanjang 5961 meter. Kemudian plat beton 2 unit di Dusun Cibanteng dan satu unit di Dusun Cikaramat, serta satu TPT di Dusun Cibanteng.

Sedangkan untuk pembangunan non fisik yaitu berupa bela negara, peternakan, pertanian, bidang lingkungan hidup dan kesehatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring