10 Orang Tewas di Sukabumi Selama Libur Lebaran, Sedang Wisata hingga Tersambar Petir

Selasa 02 Mei 2023, 16:23 WIB
Proses evakuasi korban yang terseret ombak di Pantai Batu Bintang-Rawakalong, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin, 24 April 2023. | Foto: Basarnas

Proses evakuasi korban yang terseret ombak di Pantai Batu Bintang-Rawakalong, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin, 24 April 2023. | Foto: Basarnas

SUKABUMIUPDATE.com - Selama libur lebaran Idulfitri 1444 Hijriah, puluhan wisatawan mengalami kecelakaan di beberapa objek wisata di Kabupaten Sukabumi. Dari data tersebut, sembilan di antaranya meninggal dunia. Korban tewas bertambah satu, menjadi sepuluh orang, lantaran ada seorang warga meninggal tersambar petir saat perjalanan mudik.

Data kasus kematian ini dihimpun dari kejadian-kejadian yang berkaitan dengan libur lebaran seperti saat berwisata dan perjalanan mudik.

Berdasarkan catatan sukabumiupdate.com, lima dari sepuluh korban, meninggal saat berwisata di laut Geopark Ciletuh Sukabumi atau Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp). Taman bumi ini tersebar di 74 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Sukabumi: Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Waluran, Ciemas, Ciracap, dan Surade.

Kelima korban adalah sebagai berikut:

1. Rizki (14 tahun)

Rizki terseret ombak di Pantai Ombak Putih Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 23 April 2023 (H+1 lebaran). Rizki merupakan warga Kampung Babakan Banten RT 02/09 Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Rizki ditemukan meninggal dunia oleh tim SAR gabungan pada Senin, 24 April 2023, tidak jauh dari lokasi terseret ombak.

2. Dio Saputra (15 tahun)

Dio terseret ombak saat berenang di Pantai Batu Bintang-Rawakalong, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Minggu, 23 April 2023 (H+1 lebaran). Dio adalah warga Kampung Tegalpanjang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Dio juga ditemukan meninggal pada Senin, 24 April 2023, tidak jauh dari lokasi terseret ombak.

3. Edi Prayogo (15 tahun)

Edi terseret ombak di Pantai Batu Bintang-Rawakalong, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuahanratu, Minggu, 23 April 2023 (H+1 lebaran). Edi merupakan warga Cisande Hilir RT 22/07 Desa Mekar Jaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Edi ditemukan meninggal pada Senin, 24 April 2023, dalam jarak 200 meter dari lokasi terbawa arus.

4. Raziq Ammar Rasyuka atau Azik (7 tahun)

Azik terseret ombak di Pantai Karang Panganten, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 23 April 2023 (H+1 lebaran). Azik merupakan warga Kampung Cikalapa, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap. Azik ditemukan meninggal dunia oleh tim SAR gabungan di Pantai Cikeulewung (dekat perairan Ujunggenteng) pada Senin, 24 April 2023.

5. Adiastha Aqila Jaffar atau Dias (7 tahun)

Dias terseret ombak di Pantai Karang Panganten, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 23 April 2023 (H+1 lebaran). Dias adalah warga Kampung Mekartani, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap. Dias ditemukan meninggal di Pantai Cibanteng (arah barat dari Pantai Karang Panganten dengan jarak 533 meter) pada Selasa, 25 April 2023.

Sementara lima korban tewas lainnya adalah satu orang tenggelam di Curug Sentral, Kecamatan Kabandungan. Dua orang tenggelam di Sungai Cibuni, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap. Satu orang tenggelam di Cekdam Panenjoan, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas. Terakhir, satu orang tersambar petir di Jalan Baru Pasir Salam, Kampung Cimenteng, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung.

Berikut rinciannya:

1. M Rajjfael Putra Almaliki atau RJ (14 tahun)

RJ adalah santri yang tenggelam di Curug Sentral 2, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 27 April 2023 (H+5 lebaran). Pelajar kelas VIII sekaligus santri di salah satu pesantren di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, itu ditemukan meninggal dunia pada Jumat, 28 April 2023.

2. Saripah (42 tahun)

Saripah tenggelam di Sungai Cibuni, Kampung Cibungur, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 27 April 2023 (H+5 lebaran). Saripah ditemukan di Leuwi Ece aliran Sungai Cibuni di Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Jumat, 28 April 2023. Saripah tenggelam bersama anaknya, Sarah Koriah (19 tahun). Keduanya adalah warga Kampung Begod RT 01/01 Desa Sukaraja, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur.

3. Sarah Koriah (19 tahun)

Sarah juga tenggelam di Sungai Cibuni, Kampung Cibungur, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kamis, 27 April 2023 (H+5 lebaran). Sarah ditemukan sehari berikutnya setelah sang ibu atau pada Sabtu, 29 April 2023. Sarah ditemukan di Sungai Cibuntu Muara Cidolog di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

Sebelum kejadian, Sarah dan ibunya (Saripah) beserta keluarganya baru selesai berkunjung ke tempat saudaranya di Kampung Cibungur RT 20/03 Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap. Mereka lalu menyempatkan waktu untuk berfoto-foto di Sungai Cibuni.

4. Saipudin (35 tahun)

Saipudin tewas tenggelam di Cekdam Panenjoan di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Senin, 24 April 2023 (H+2 lebaran). Saipudin adalah warga Kampung Hegarmanah RT 06/01 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas. Saipudin tenggelam saat naik perahu di cekdam. Saipudin saat itu berniat botram di sekitar cekdam tersebut.

5. Hadi Hidayatulloh (42 tahun)

Hadi meninggal tersambar petir saat perjalanan pulang selepas mudik dari rumah orang tua istrinya di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 26 April 2023 (H+4 lebaran).

Hadi tersambar petir ketika berteduh di warung kosong di Jalan Baru Pasir Salam, Kampung Cimenteng, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, akibat hujan deras. Hadi dan istrinya merupakan pasangan yang tinggal di Kampung Tegalwangi, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)