Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi

Selasa 14 Maret 2023, 12:47 WIB
Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi (Sumber : SU/Ibnu Sanubari)

Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi (Sumber : SU/Ibnu Sanubari)

SUKABUMIUPDATE.com - Bus jurusan Palabuhanratu-Bogor dengan nomor polisi F 7553 QA, terperosok di Jalan Alternatif Sukabumi pada Senin (13/03/2023). Ini terjadi di Desa Tenjo Ayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, sekira pukul 15.00 WIB.

Bus jurusan Palabuhanratu-Bogor ini bernama Sambo, serupa dengan nama eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri yang kini divonis hukuman mati.

Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug SukabumiJatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi (Sumber : SU/Ibnu Sanubari)

Ya, Ferdy Sambo divonis mati usai dirinya terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana kepada ajudannya sendiri, Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Wahyu Iman Santoso selaku Hakim membacakan putusan tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 13 Februari 2023. Vonis hukuman mati Ferdy Sambo ini lebih berat dari tuntutan, yang sebelumnya jaksa menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup.

Baca Juga: Bjorka Is Back! Hack 19 Juta Data BPJS, Netizen: Pengalihan Isu Pejabat

Banyak yang menyayangkan karir Sambo harus berhenti dalam sekejap akibat perbuatan kriminal yang ia lakukan. Padahal Ferdy Sambo telah dikenal sebagai sosok yang pintar dan cerdas sejak duduk di bangku sekolah, ditandai selalu masuk tiga besar siswa dengan nilai tertinggi.

Selain itu, jiwa kepemimpinan Sambo telah terpupuk sejak dini, terlihat dari fakta kepintarannya, bahwa pria kelahiran 9 Februari 1973 selalu menjabat sebagai ketua kelas.

Ferdy Sambo mengawali karir di Tim Khusus Anti Bandit Kepolisian Resor Jakarta Timur. Pada 1997, Ferdy Sambo menjadi Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Cakung, Jakarta Pusat, yang mana dua tahun kemudian, Ferdy Sambo resmi mendapatkan gelar Inspektur.

Ferdy Sambo Divonis Mati dalam Sorotan Karir Gemilang Kepolisian IndonesiaFerdy Sambo Eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan atau Kadiv Propam Polri (Sumber : YouTube/KompasTV)

Pada 2010, Ferdy Sambo menjabat sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Barat. Dua tahun setelahnya, Ferdy Sambo diangkat sebagai Kepala Polres Purbalingga, Jawa Tengah, selama satu tahun. Setelah itu, Ferdy Sambo dipercaya sebagai Kepala Polres Brebes, Jawa Tengah.

Pada 2015, Ferdy Sambo ditarik ke Jakarta dan menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya. Satu tahun kemudian, Ferdy Sambo menduduki posisi sebagai Kepala Subdirektorat IV Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal dengan pangkat komisaris besar.

Pada 2019, Ferdy Sambo diangkat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri dengan pangkat brigadier jenderal. Pada 2020, Ferdy Sambo naik pangkat menjadi inspektur jenderal atau irjen dengan jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan atau Kadiv Propam Polri.

Baca Juga: Tak Nonton Konser BLACKPINK, Prilly Justru Pilih Pungut Sampah di Pantai

Meski bukan suatu kebetulan yang disengaja, namun Bus Palabuhanratu Bogor yang terperosok di Cicurug ini ternyata memiliki nama serupa dengan mantan petinggi POLRI, Sambo. Maka dari itu, mari membaca kembali Kronologi Bus Sambo, Jurusan Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Jalan Alternatif Desa Tenjo Ayu Sukabumi.

Kronologi Bus Palabuhanratu-Bogor Terperosok di Cicurug Sukabumi

Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug SukabumiJatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi (Sumber : SU/Ibnu Sanubari)

Kronologi terperosoknya Sambo, Bus jurusan Palabuhanratu-Bogor diketahui dari keterangan Kondektur (kenek) dan supir bus, Dodo (36 tahun). Ia menuturkan guna menghindari kemacetan, Bus hendak menuju Palabuhanratu melewati jalur alternatif tersebut.

Baca Juga: 154 Kasus Kriminal di Sukabumi: Mayoritas Narkotika, Pencurian dan Penganiayaan

Ketika Bus Sambo tiba di tanjakan Tenjo Ayu, ada mobil avanza di tengah yang berhenti karena mogok. Namun di depan Bus Palabuhanratu Bogor ini juga ada mobil box yang membawa barang, sehingga Bus Sambo ada diposisi ketiga setelah avanza dan mobil box.

Setelah tidak kuat menanjak, lanjut Dodo, ia turun dari bus untuk mengganjal ban belakang menggunakan balok besar. Namun Bus sudah tidak kuat melaju dan nahas balok besar yang digunakan pun tidak kuat menahan.

Jatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug SukabumiJatuhnya Sambo, Bus Palabuhanratu-Bogor yang Terperosok di Cicurug Sukabumi (Sumber : SU/Ibnu Sanubari)

Ketika sopir Bus Sambo turun untuk mencari ganjalan, Bus Palabuhanratu Bogor ini terperosok ke sebelah kanan jalan.

Menurut informasi yang diperoleh, penumpang bus berjumlah 16 orang, namun tidak ada yang terluka. Sementara dikabarkan sang sopir Bus mengalami luka dan telah dilarikan ke RS Bhakti Medicare, Cicurug.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 17:03 WIB

Bupati Sukabumi Minta OPD Selalu Evaluasi Kinerja Demi Percepatan Target Pembangunan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menghimbau semua OPD dapat menjaga jiwa korsa sebagai ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memimpin rapat dinas bulan Mei 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)