Bjorka Is Back! Hack 19 Juta Data BPJS, Netizen: Pengalihan Isu Pejabat

Selasa 14 Maret 2023, 12:30 WIB
Bjorka Is Back! Hack 19 Juta Data BPJS, Netizen: Pengalihan Isu Pejabat (Sumber : Instagram/@hashentertainment)

Bjorka Is Back! Hack 19 Juta Data BPJS, Netizen: Pengalihan Isu Pejabat (Sumber : Instagram/@hashentertainment)

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Bjorka kembali ramai diperbincangkan publik hingga masuk ke jajaran trending twitter sejak Senin (13/3/2023) kemarin. Hacker satu ini lagi-lagi meretas data pemerintah, yang kali ini sasarannya adalah BPJS Ketenagakerjaan.

Bjorka mengklaim dirinya berhasil membocorkan 19 juta data para pengguna BPJS Ketenagakerjaan pada hari Minggu, 12 Maret 2023. Bjorka mengaku bahwa data tersebut adalah file berukuran 5 GB.

Hacker Bjorka Is Back dan Retas 19 Juta Data BPJS KetenagakerjaanBjorka Is Back dan Hack 19 Juta Data BPJS Ketenagakerjaan (Sumber : Twitter/@p4c3n0g3) 

Data pengguna BPJS Ketenagakerjaan yang diklaim bocor oleh Bjorka meliputi informasi seputar nama, email, Nomor Induk Keluarga (NIK), nomor telepon, alamat rumah, tempat tanggal lahir, jenis kelamin hingga tempat bekerja.

Baca Juga: 154 Kasus Kriminal di Sukabumi: Mayoritas Narkotika, Pencurian dan Penganiayaan

Keterangan lain juga tertulis jika data pengguna BPJS Ketenagakerjaan yang bocor itu akan dijual dengan harga 10 ribu dolar AS atau senilai dengan 15 juta rupiah per seribu dolar nya.

Hacker Bjorka Is Back dan Retas 19 Juta Data BPJSHacker Bjorka Is Back dan Retas 19 Juta Data BPJS Ketenagakerjaan (Sumber : Twitter/@p4c3n0g3)

Lebih lanjut cuitan akun twitter @p4c3n0g3 membagikan beberapa foto Data BPJS Ketenagakerjaan yang berhasil diretas Hacker Bjorka.

"Bjorka kembali lagi! Kemaren tanggal 12/03/23 Bjorka mengklaim memiliki 5GB data @BPJSTKinfo. Ada 100k sampel data yang berisi NIK, NAMA LENGKAP, TGL LAHIR, ALAMAT, NO HP, EMAIL, JENIS PEKERJAAN, NAMA PERUSAHAAN, dll. Sampel data yang diberikan berasal dari provinsi DI Aceh." akun twitter @p4c3n0g3 dikutip Selasa (14/3/2023).

Cuitan Netizen Soal Hacker Bjorka Meretas 19 Juta Data Pengguna BPJS KetenagakerjaanCuitan Netizen Soal Hacker Bjorka Meretas 19 Juta Data Pengguna BPJS Ketenagakerjaan (Sumber : Twitter/@p4c3n0g3)

Melalui akun twitter resminya @BPJSTKinfo, pihak BPJS Ketenagakerjaan pun angkat bicara dan membalas cuitan tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan Merespon Cuitan Soal Hacker Bjorka Meretas 19 Juta Data PenggunanyaBPJS Ketenagakerjaan Merespon Cuitan Soal Hacker Bjorka Bocorkan 19 Juta Data Penggunanya (Sumber : Twitter/@BPJSTKinfo)

"Hai Sahabat. Kami sedang melakukan koordinasi dan investigasi terkait kebenaran informasi adanya peretasan data, bersamaan dengan itu kami juga melakukan peningkatan keamanan sistem teknologi informasi sebagai tindakan preventif. Tks. -Iqbal" tulis akun twitter @BPJSTKinfo, dilihat Selasa (1/3/2023).

Namun netizen lain di akun twitter @PartaiSocmed menanggapi dengan respon berbeda. Ia berpandangan bahwa Bjorka adalah pengalihan isu, sebab Hacker ini justru tiba-tiba muncul di tengah isu kekayaan pejabat yang terbongkar.

"Si Bjorka giliran pada bongkar2 harta pejabat tiba2 muncul buat pengalihan issue. Modus!" tulis akun twitter @PartaiSocmed.

Baca Juga: Tak Nonton Konser BLACKPINK, Prilly Justru Pilih Pungut Sampah di Pantai

Sebelumnya, nama Hacker Bjorka sempat membuat geger masyarakat Indonesia. Masih seputar data, Bjorka meretas data pemerintah mulai dari lembaga, dokumen rahasia hingga Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hacker Bjorka Is Back dan Retas 19 Juta Data BPJS KetenagakerjaanHacker Bjorka Is Back dan Retas 19 Juta Data BPJS Ketenagakerjaan (Sumber : Twitter/@p4c3n0g3)

Bjorka juga menggegerkan jagat maya ketika dirinya menyinggung kembali kasus pembunuhan aktivis HAM bernama Munir. Bjorka mengklaim bahwa sumber data diperoleh dari terduga pelaku, bernama Muchdi Purwoprandjono, yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Berkarya.

Hacker Bjorka Is Back dan Retas 19 Juta Data BPJS KetenagakerjaanHacker Bjorka Is Back dan Retas 19 Juta Data BPJS Ketenagakerjaan (Sumber : Twitter/@p4c3n0g3)

Tak sampai disitu saja, Bjorka juga sukses membuat heboh masyarakat tanah air usai membocorkan data pribadi milik beberapa pejabat, diantaranya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN sekaligus Ketum PSSI, Erick Tohir hingga Puan Maharani yang merupakan Ketua DPR RI.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih31 Mei 2024, 00:01 WIB

KPU Pastikan Gunakan Kembali Sirekap untuk Pilkada 2024

KPU sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar bisa digunakan kembali pada Pilkada 2024.
Aplikasi sirekap Pemilu dipakai kembali KPU di Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 23:25 WIB

3 Kampus di Sukabumi Raih Peringkat Perguruan Tinggi Terpopuler Versi UniRank

UniRank merilis sebanyak 596 Perguruan Tinggi yang memenuhi kriteria seleksi. Dari sejumlah tersebut, tiga diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Sukabumi.
Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 Mei 2024, 23:20 WIB

Nabung Rp30 Ribu Selama 10 Tahun, Tukang Batu Asal Sukabumi Wujudkan Mimpi Naik Haji

Cerita Abad, tukang batu asal Surade Sukabumi sisihkan penghasilan selama 10 tahun agar bisa mewujudkan mimpinya naik haji.
Kisah tukang batu asal Surade Sukabumi bernama Abad (66 tahun). Menanti hingga 10 tahun untuk bisa mewujudkan mimpinya naik haji. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 22:46 WIB

Replika Gigi Megalodon Surade Sukabumi Hilang dan Patah

Replika ini dibuat sesuai dengan apa yang ditemukan oleh masyarakat Desa Gunung Sungging, bahkan giginya disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan, yakni sebanyak 242 buah berjejer pada rahang atas dan bawah.
Replika fosil rahang Megalodon, giginya hilang dan patah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi30 Mei 2024, 22:30 WIB

Rawan Kecelakaan, PU Pasang Rambu Peringatan di Jalan Amblas Simpenan Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu memasang sejumlah rambu peringatan di jalan amblas yang berada di Simpenan Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pasang rambu peringatan di ruas jalan amblas di Simpenan. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat30 Mei 2024, 22:02 WIB

Kisah Adu Kesaktian Mbah Karang Bolong Melawan Jawara Jongos VOC di Pesisir Sukabumi

Pantai Karang Bolong yang berada diperbatasan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Belanda dengan keturunan kerajaan Cirebon.
Ilustrasi pertempuran antara Rd.Mas Martanagara alias Mbah Partadilaga atau Mbah Karang Bolong dengan Mbah Brojonoto terjadi dipesisir Pantai Karang Bolong | Foto : Dok Okezone dari Antara
Sukabumi30 Mei 2024, 21:23 WIB

Bahagianya Mak Paraji Warga Surade Sukabumi, Motor Kembali Usai Digondol Maling

Mak Paraji Dede Sumiati kehilangan motor saat tengah diparkirkan di dalam rumah, pada 29 April 2024 lalu. Saat terbangun pada waktu Subuh, motornya sudah hilang digondol maling.
Dede Sumiati (55 tahun) yang berprofesi sebagai Paraji saat mengambil motornya di Mapolres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 21:06 WIB

Sembunyikan Sabu di Bungkus Jajanan dan Sedotan, Pria asal Wardoy Sukabumi Ditangkap

Polisi menangkap pengedar narkotika di Wardoy Sukabumi. Sembunyikan sabu di bungkus jajanan dan sedotan.
Barang bukti sabu seberat 10.28 gram yang diamankan polisi dari pria asal Wardoy Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 20:45 WIB

Merasa Kehilangan Motor? Silakan Cek di Mapolres Sukabumi, Berikut Ini Jenisnya

Polres Sukabumi berhasil mengamankan sebanyak 21 unit sepeda motor berbagai merek yang merupakan hasil dari tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).
Motor hasil curian diamankan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 20:35 WIB

Bertemakan Kearifan Lokal, SDN Cimanggah I Sukabumi Asah Kreativitas Murid Lewat Gelar Karya P5

Murid SDN Cimanggah I Sukabumi gelar karya P5, bentuk implementasi kurikulum merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Gelar Karya P5 di SDN Cimanggah I Kota Sukabumi. (Sumber : Website Pemkot Sukabumi)