Hari Bahasa Ibu International, Inilah 3 Bahasa Daerah yang Populer di Sukabumi

Selasa 21 Februari 2023, 23:05 WIB
Mieling poe basa indung sadunya taun 2023 di Sukabumi | Foto : Istimewa

Mieling poe basa indung sadunya taun 2023 di Sukabumi | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari selalu diperingati oleh berbagai daerah di dunia. Termasuk Indonesia dan khususnya Jawa Barat dengan bahasa ibu yang terkenal ialah bahasa Sunda. 

Kita tahu bahwa di Indonesia telah ada undang-undang yang berkaitan dengan pelindungan bahasa daerah, antara lain UUD 1945 pasal 32 ayat 2 yang menyatakan bahwa negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional.

Terdapat ribuan bahasa digunakan masyarakat di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Tahukah Anda bahasa apa yang paling banyak dipakai?

Melansir dari laman Ethnologue seperti dikutip tempo.com, saat ini ada 7.168 bahasa yang digunakan di seluruh dunia. Jumlah ini terus berubah. Sekitar 40 persen bahasa terancam punah dengan kurang dari 1.000 penutur yang tersisa.

Baca Juga: Mieling Poe Basa Indung Sadunya, Kang Iyos: Bagja Seueur Keneh Nu Ngamumule Basa Sunda

Sementara hanya 23 bahasa yang digunakan lebih dari setengah populasi dunia. Dilansir dari laman Statista, Selasa, 23 Maret 2021, berikut adalah bahasa yang paling banyak dipakai di dunia pada 2020:

1. Bahasa Inggris 1,34 miliar pengguna

2. Bahasa Mandarin 1,12 miliar pengguna

3. Bahasa Hindi 600 juta pengguna

4. Bahasa Spanyol 543 juta pengguna

5. Bahasa Arab 274 juta pengguna

6. Bahasa Bahasa Benggala 268 juta pengguna

7. Bahasa Perancis 267 juta pengguna

8. Bahasa Rusia dan Portugis 258 juta pengguna

9. Bahasa Urdu 230 juta pengguna

10. Bahasa Indonesia 199 juta pengguna

Di Indonesia sendiri, mengutip suara.com memiliki banyak bahasa daerah. Bahkan, Indonesia masuk dalam daftar negara dengan bahasa daerah terbanyak. Daftar bahasa daerah di Indonesia menurut Laboraturium Kebinekaan Bahasa dan Sastra ada sebanyak 718 bahasa.

Baca Juga: Daftar 718 Bahasa di Indonesia Selain Sunda: International Mother Language Day

Dalam perkembangannya, mungkin terdapat beberapa bahasa yang tidak terlalu familiar di kalangan warga Indonesia.

Namun dari banyaknya bahasa daerah di Indonesia yang mencapai ratusan tersebut, terdapat sejumlah bahasa dareah yang populer dan familiar bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga masyarakat Sukabumi.

Berikut ini daftar 3 bahasa daerah di Indonesia yang populer dan tidak asing di teling masyarakat Sukabumi yang berhasil sukabumiupdate.com rangkum, diantaranya sebagai berikut:

Bahasa Sunda

Bahasa Sunda merupakan sebuah bahasa dari cabang Melayu Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia. Bahasa ini menjadi salah satu bahasa paling populer di Indonesia.

Baca Juga: Gratis! 30 Twibbon Hari Bahasa Ibu Internasional 2023 dan Cara Pasangnya di HP

Sama halnya dengan bahasa jawa, bahasa sunda juga hampir digunakan di semua provinsi Jawa Barat. Serta daerah Jawa Tengah bagian barat. Misalnya kabupaten Cilacap, Kali Serayu, dan semua wilayah di Indonesia hingga berbagai negara yang menjadi urbanisasi dari suku Sunda.

Bahasa sunda mempunyai sejumlah dialek, antara lain dialek barat yang berasal Banten Selatan, dialek utara yang berasal dari  Sukabumi, Bogor dan sekitarnya, dialek selatan atau dialek priangan yang berasal dari Bandung dan sekitarnya, dan masih ada banyak dialek lainnya.

Bahasa Jawa

Bahasa paling populer di Indonesia yang pertama yaitu Bahasa Jawa. Hal itu bisa terjadi karena sebagian besar populasi yang cukup dominan di seluruh wilayah di Indonesia adalah Pulau Jawa.

Maka tidak heran jika bahasa jawa seringkali digunakan di wilayah Indonesia termasuk Sukabumi dan sebagai ciri khas bagi masyarakat yang berada di Pulau Jawa. Serta sebagai salah satu bahasa paling populer di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Hari Bahasa Ibu Internasional, Gugurnya Perjuangan Bangladesh di Dhaka

Bahasa Jawa sendiri mempunyai sejumlah dialek atau aksen tertentu di setiap daerah kabupaten atau provinsi di Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Dengan diantaranya Blora, Cirebon, Madiun, Brebes, Banyumas, Malang, Jepara, Bumiayu, Demak, Kedu, Pati, Kudus, Tuban, Pekalongan, Tegal, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bojonegoro, dan masih banyak lagi lainnya.

Bahasa Betawi

Bahasa Betawi merupakan salah satu bahasa paling populer di Indonesia. Bahasa ini telah digunakan oleh 2,7 juta orang berasal dari suku Betawi maupun di daerah Teluk Jakarta.

Bahasa Betawi sendiri, merupakan sebuah anak bahasa yang berasal dari bahasa melayu. 

Pengamatan sukabumiupdate.com, warga Sukabumi juga banyak menggunakan bahasa Betawi dalam kesehariannya atau dalam pergaulan kelompok terbatas.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang