Konsumsi Minuman Energi dan Kopi, Pelajar SMP di Kota Sukabumi Sesak Nafas

Kamis 02 Februari 2023, 17:20 WIB
Ilustrasi. Pelajar salah satu SMP Negeri di Kota Sukabumi harus dilarikan ke pusat layanan kesehatan terdekat, karena sesak nafas setelah konsumsi minuman energi (Sumber: pixabay)

Ilustrasi. Pelajar salah satu SMP Negeri di Kota Sukabumi harus dilarikan ke pusat layanan kesehatan terdekat, karena sesak nafas setelah konsumsi minuman energi (Sumber: pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pelajar salah satu SMP Negeri di Kota Sukabumi harus dilarikan ke pusat layanan kesehatan terdekat, karena sesak nafas. Pelajar yang bersekolah di Kelurahan Subangjaya ini alami gangguan kesehatan tak lama setelah mengkonsumsi minuman energi.

Kepala sekolah menjelaskan bermula saat jam istirahat sekolah, sekira pukul 11.00 WIB, para Selasa 31 Januari 2023. Seorang pelajar mengeluh sesak nafas setelah mengkonsumsi minuman energi dalam kemasan gelas plastik.

"Ada siswi yang mengalami sesak nafas," ungkap Siti Nuraeni, kepala sekolah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (2/2/2023).

Pihak sekolah langsung membawanya korban ke Puskesmas Sukabumi (Ciaul). Setelah ditangani dokter dan tim medis puskesmas dan hari ini pelajar tersebut masih beristirahat.

Dokter di Puskesmas Ciaul, Rizky Febrina membenarkan kejadian tersebut. Ia tidak terlalu yakin jika sesak nafas yang dialami korban semata-mata akibat minuman energi yang dikonsumsinya.

Dokter Rizky menyebut ada riwayat gangguan lambung dan saat mengkonsumsi minuman tersebut, pelajar itu dalam kondisi perut kosong belum sarapan.

"Saya periksa paru-parunya tidak ada masalah apa-apa. Artinya jalan nafasnya baik-baik saja. Setelah periksa lanjut saya curiga ini disebabkan gangguan asam lambung" ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Selain itu, lanjut dokte Rizky pelajar tersebut juga diketahui sempat minum kopi

"Dua minuman itu kan bisa mengakibatkan asam lambung naik. Ditambah kondisi perutnya kosong. Produksi asam lambungnya meningkat dan bisa memicu keluhan sesak" ungkapnya.

Pasca kejadian ini, pihak sekolah menghimbau seluruh pelajar untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah untuk selalu menjaga kesehatan.

Reporter: Awal (Magang)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist