Reugreug, Respon Sodikin dan Ranies Sukabumi Soal PKS Dukung Anies Capres 2024

Rabu 01 Februari 2023, 22:16 WIB
Muhammad Sodikin dan Ketua Relawan Anies Sukabumi | Foto : Istimewa

Muhammad Sodikin dan Ketua Relawan Anies Sukabumi | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berencana melakukan deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 pada 24 Februari 2023. Hal tersebut dinyatakan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Shohibul Iman, dalam jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin 30 Januari 2023 lalu.

"PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada Anies Baswedan sebagai bakal Capres 2024-2029 pada rapat Badan Pekerja Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2023," kata Sohibul Iman.

Sebagaimana diketahui, Partai Keadilan Sejahtera merupakan satu-satunya partai politik di dalam rancangan Koalisi Perubahan yang belum menyatakan dukungan terhadap pencalonan Anies sebagai bakal capres 2024. Sehingga informasi yang disampaikan PKS tersebut telah menjawab pertanyaan banyak pihak tentang arah PKS di Pemilu 2024.

Baca Juga: Pendaftaran Calon Pantarlih Pemilu 2024 Dibuka Hingga 31 Januari, Simak Syaratnya

Menanggapi wacana tersebut, Muhammad Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas perencanaan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai dimana ia bernaung saat ini untuk mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI pada pemilu 2024.

"sangat mengaresiasi keputusan tersebut dan semoga berdampak bagi elektoral PKS (Anies Effect)," kata Sodikin kepada sukabumiupdate.com, Rabu (01/02/2023)

Wakil Ketua DPRD Kab. Sukabumi tersebut menilai mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan seorang figur calon presiden yang memiliki karakter negarawan yang cerdas dan santun.

"figur Pak Anies sudah nampak kenegarawannnya, selain cerdas Anies juga santun," tambah Sodikin

Baca Juga: Pesona Puncak Aher Geopark Ciletuh Sukabumi Buat Wisatawan Luar Daerah Terpukau

Sodikin menuturkan saat ini terkait dengan konsolidasi partai belum ada pembicaraan formal, kita akan mengikuti arahan dan kesepakatan di tingkat puat.

"pembicraan formal di daerah belum, karena masih menunggu dan mengikuti arah serta kesepakakatan di pusat," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Relawan Anies (Ranies) Sukabumi, Iyus Syahrustani menyampaikan bahwa informasi tersebut membuat para relawan semakin percaya diri dalam memperjuangkan kemenangan Anies menjadi Presiden.

"kejelasan dukungan partai merupakan satu-satunya yang sangat ditunggu oleh para relawan, apa yang diharapkan oleh relawan di Sukabumi makin memberikan arah yang jelas, semakin reugreug pokoknya" kata Iyus.

Baca Juga: Ayep Zaki Sampaikan Program Kemakmuran di Acara Pelantikan dan Deklarasi DPD ANIES

Bah Iyus, sapaan karib tokoh Sukabumi tersebut menyampaikan dengan deklarasi dukungan PKS untuk pencalonan Anies tersebut maka syarat konstitusi pencalonan presiden bagi Anies Baswedan sudah mencukupi (20 persen presidential treshold). Yang juga memungkinkan pola dukungan Anies di daerah khususnya di Sukabumi sudah bisa mulai terpetakan. 

Ranies sendiri, tambah Iyus sampai hari ini baru melakukan pendataan potensi-potensi dukungan. Dan untuk pergerakannya masih menunggu waktu yang tepat.

"insyaallah, jika melihat potensinya, kemenangan Anies bisa di targetkan sampai 80 persen, tinggal gerakannya nanti seperti apa kita petakan" pungkas Iyus.

Melansir tempo.co dukungan PKS terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 dikatakan karena sosok Anies Baswedan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh majelis syuro partai. 

"musyawarah Majelis Syura PKS pada Agustus 2022 lalu memutuskan tiga kriteria capres yang bakal diusung. Anies dinilai memenuhi kriteria tersebut. Pertama, capres usungan PKS mesti merupakan simbol perubahan, kedua, capres PKS merupakan sosok yang nasionalis dan religius, ketiga, capres PKS mesti punya elektabilitas yang berpeluang memenangkan Pemilihan Presiden 2024." tandas Koordinator tim kecil Koalisi Perubahan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)