TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

SDN Suradita Sukabumi Terancam Ambruk, Pelajar akan Pindah ke Tenda Darurat

Saat ini siswa masih belajar di bangunan sekolah yang rusak, karena tenda untuk sekolah darurat belum jadi, masih proses pengerjaan.

Penulis
Senin 28 Nov 2022, 17:56 WIB

Warga dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bergotong royong bangun tenda untuk sekolahan darurat Sekolah Dasar Negeri (SDN) Suradita yang ada di Kampung Suradita RT 18/08, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 49 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Suradita Kampung Suradita RT 18/08, Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, akan belajar mengajar (KBM) di tenda terpal. Sekolah darurat ini tengah dibangun oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan warga.

Sekolah darurat disiapkan karena bangunan SDN Suradita sudah tak layak pakai, memprihatinkan sejak ditimpa bencana pergerakan tanah tahun 2021. Lantai terbelah dan dinding retak, siswa selama ini belajar dengan rasa was-akan bangunan ambruk.

Kepala SDN Suradita, Edi Junaedi mengatakan, total siswa di SDN Suradita sekitar 49 orang. Saat ini siswa masih belajar di bangunan sekolah yang rusak, karena tenda untuk sekolah darurat belum jadi, masih proses pengerjaan.

Baca Juga: Enam SMP, Daftar Sementara Sekolah Rusak di Kabupaten Sukabumi Akibat Gempa

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti ketika hujan tiba atau gerimis, pihak sekolah terpaksa membubarkan dan mengalihkan proses KBM melalui daring. Pembuatan sekolah darurat baru dilakukan pada Minggu 28 November 2022, dan sekarang belum selesai pembuatannya," Kata Edi Senin (28/11/2022).

Adapun bangunan sekolah yang rusak akibat bencana pergerakan tanah itu yakni ruang kantor, ruang dinding kelas retak-retak, bagian teras dan halaman sekolah yang kondisi tanahnya anjlok dan berlobang. WC dan Mushola juga mulai terancam karena tanah anjlok sehingga bangunannya miring.

Pelajar SDN Suradita di Gegerbitung Sukabumi belajar dibawah ancaman sekolah ambrukPelajar SDN Suradita di Gegerbitung Sukabumi belajar dibawah ancaman sekolah ambruk

"Mohon maaf kalau saya baru 2 bulan tugas di SDN Suradita. Kepala Sekolah sebelumnya sudah laporan, baik ke Desa Ciengang dan pemerintah Kecamatan Gegerbitung dan ke Dinas Pendidikan serta BPBD,” jelasnya..

Selain itu, lanjut Edi, pihaknya sudah membuat permohonan izin tempat atau tanah ke PTPN Perkebunan untuk bangunan sekolah darurat. Lokasinya tak jauh dari bangunan SDN, rencananya sekolah darurat ini menggunakan bambu dan terpal.

Baca Juga: Data Disdik, Ada 800 Bangunan Sekolah Rusak di Kabupaten Sukabumi


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x