Tiga Kucing Terjebak, Kebakaran Hanguskan Toko Sembako di Stasiun Timur Sukabumi

Senin 31 Oktober 2022, 20:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran menghanguskan toko sembako yang menjual berbagai jenis telur di Jalan Stasiun Timur Nomor 52 Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Senin (31/10/2022) sekira pukul 19.00 WIB. Tiga kucing di mana dua ekor masih berusia muda sempat terjebak dalam toko.

Saksi mata, Hamdan Permana (31 tahun), melihat kebakaran tersebut berawal dari kepulan asap yang keluar dari dalam toko. Saat itu Hamdan sedang beres-beres di area parkir Stasiun Sukabumi yang tidak begitu jauh dari toko sembako yang terbakar. Hamdan tak menyangka ada kebakaran.

"Saya lihat ada kabut asap dari mana gitu, gak nyangka ada kebakaran," kata Hamdan kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

Usai lihat kepulan asap, Hamdan melihat ada api di pojok toko. Dia bergegas melapor ke security stasiun. Pihak keamanan Stasiun Sukabumi selanjutnya menghubungi pemadam kebakaran. Tak lama, petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi dan langsung memadamkan api.

Hamdan menyebut toko yang terbakar ini sudah tutup sejak pukul 17.00 WIB dan ditinggal pemiliknya. "Itu mungkin terjadi korsleting listrik sih. Lumayan banyak (asap mengepul), makanya kelihatan dari lampu itu gak biasanya, kan setiap malam saya jaga di sini," ujar dia.

Menurut Hamdan, api belum merambat ke luar toko lantaran dikunci gembok. Security stasiun semula berniat membuka gembok tersebut, namun tak jadi karena khawatir api meluas dan membesar ke bagian luar toko.


Kasi Pencegahan, Pemadaman, dan Penyelamatan, Bidang Pemadam Kebakaran Kota Sukabumi, Hendar Iskandar, mengatakan belum bisa menduga penyebab kebakaran karena saat petugas tiba di lokasi, api sudah menyala di dalam toko yang terbakar. "Belum bisa kita prediksi," katanya.

Menurut Hendar, kepulan asap berasal dari tempat (kayu) penyimpanan telur. Ini yang kemudian membuat asap menjadi pekat. Beruntung tak ada rambatan api ke bangunan lain di sekitar toko. Api berhasil dipadamkan sekira pukul 19.30 WIB setelah diterjunkan tiga mobil pemadam kebakaran.

"Pertama kita mendobrak rolling door untuk bisa memasukkan akses pemadaman. Tak ada korban dan pemadaman sekitar belasan menit," ujar dia.

Selain memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga berhasil menyelamatkan tiga kucing yang sempat terjebak di lantai dua toko sembako tersebut. 

"Kita menyelamatkan tiga kucing di lantai dua begitu kita laksanakan penyelamatan, karena terdengar ada suara kucing, akhirnya kita naik ke lantai dua dan di lantai dua tidak ada pembakaran, tidak ada rambatan api," kata Hendar.

#SHOWRELATEBERITA

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science18 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Juni 2024, Termasuk untuk Wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur

Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi18 Juni 2024, 00:59 WIB

RAI Hergun Pastikan Terbuka Terima Silaturahmi Semua Kandidat Pilkada Sukabumi

Menjelang Pilkada Sukabumi, Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI HerGun) terbuka untuk siapapun, baik warga Kota maupun Kabupaten Sukabumi yang hendak menyalurkan aspirasi dan inspirasinya
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Heri Gunawan (Sumber : dok Heri Gunawan)
Sukabumi Memilih18 Juni 2024, 00:17 WIB

Bertemu Heri Gunawan, Iyos dan Iman Jajaki Dukungan Gerindra di Pikada Sukabumi?

Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha menyambangi Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) untuk bertemu Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Heri Gunawan, Senin (17/6/2024) petang.
Iyos Somantri dan Iman Adinugraha bertemu politisi Gerindra Heri Gunawan di RAI Hergun di Kota Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat17 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Alasan Kadar Gula Darah Tidak Mau Turun, Anda Pernah Mengalaminya?

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun.
Ilustrasi. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun. (Sumber : Freepik/@xb100)
Sukabumi Memilih17 Juni 2024, 20:21 WIB

Dapat Perintah DPP, Miftahul Janah Dipastikan Maju di Pilkada Kota Sukabumi

Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) dikabarkan akan mendorong salah satu kadernya, Miftahul Janah untuk maju di Pilkada Kota Sukabumi 2024.
Miftahul Janah, Bakal Calon Wali Kota / Wakil Wali Kota di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Life17 Juni 2024, 20:00 WIB

6 Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah

Dengan menerapkan rutinitas sehat setiap hari, Anda dapat secara efektif mencegah lonjakan kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah (Sumber : Freepik.com)
Jawa Barat17 Juni 2024, 19:21 WIB

Gempat Darat M3,4 Guncang Cianjur, BMKG Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Gempa 3.4 magnitudo mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB.
Gempa 3.4 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB | Foto : Ist
Gadget17 Juni 2024, 19:00 WIB

Laptop Sering Nge Freeze? Begini 9 Langkah untuk Mengatasinya

Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna.
Ilustrasi -  Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki Maupun Perempuan, Yuk Amalkan

Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup.
Ilustrasi - Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup. (Sumber : Pixabay.com/@OlcayErtem).
Internasional17 Juni 2024, 17:40 WIB

Idul Adha yang Muram, Warga Gaza Lakukan Salat Ied di Tengah Puing-puing

Suasana muram menyelimuti perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini di Gaza. Ratusan warga pada Minggu, 16 Juni 2024, melaksanakan salat Idul Adha di tengah puing-puing dan bangunan yang hancur.
Warga Gaza laksanakan salat Idul Adha di tengah reruntuhan rumah mereka : Foto : Capture Youtube FRANCE 24 English