Fahmi: Keberadaan MAPI Harus Bisa Bersihkan Sukabumi dari Pungutan Liar

Kamis 20 Oktober 2022, 19:12 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengajak semua pihak berkomitmen melawan pungutan liar alias (Pungli) dalam bentuk apapun. Perlawanan harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, baik masyarakat, organisasi termasuk aparatur pemerintah.


Hal itu disampaikan Fahmi saat membuka sosialisasi dan diskusi nasional Perpres Nomor 87 Tahun 2016, sekaligus pengukuhan pengurus Masyarakat Anti Pungutan Liar (MAPI) Sub Regional Sukabumi Raya di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Kamis (20/10/2022). 


Menurut Fahmi, keberadaan MAPI di Sukabumi harus menginformasikan dan mengedukasi pentingnya negara dikelola bersama secara bersih. 

"Bukan hanya pemerintahan atau masyarakat saja, kita harus bersama-sama dan berkomitmen mengelola negara ini dengan bersih. Percepatan pembangunan akan sulit berhasil ketika masih ada yang mengganggu, salah satunya pungli itu," ucap Fahmi.


Untuk itu, keberadaan MAPI pinta Fahmi harus bisa membersihkan Sukabumi hingga Indonesia dari pungli. Pasca dikukuhkan, harus berkonsolidasi sehingga semakin kuat, tumbuh dan menjadi mitra dalam mengawal pembangunan.


"Mari wujudkan Sukabumi hingga Indonesia menjadi negeri yang cepat tumbuh pasca pandemi. Tentu saja dengan menghilangkan pungli," Kata Fahmi.


Dalam kesempatan itu, Ketua MAPI Sub Regional Sukabumi Raya, Gunawan mengatakan, lembaga ini hadir untuk mengajak berdiskusi dan sosialisasi terkait perpres nomor 87 tahun 2016.


"Sosialisasi ini bisa memberikan sumbangsih terhadap pelayanan publik di Sukabumi. Apalagi, MAPI didirikan sebagai salah satu yayasan non-profit yang tak mengandalkan anggaran dari pemerintah," ujarnya. 


"Sekecil apapun peran kita, mari kita cegah pungli. Namun yang tak kalah penting adalah bagaimana kita mencegahnya. Semoga upaya yang kita lakukan ini bisa memberikan sumbangsih berarti untuk Sukabumi maupun untuk Indonesia," tambahnya. 


Sementara itu, Ketua Umum MAPI Tan Wijaya mengatakan organisasinya bertanggung jawab mendorong perubahan bangsa. Terutama dalam melawan pungli yang dianggap penyebab kerugian negara. 


"Pemberantasan pungli ini merupakan PR kita bersama. Baik aparatur pemerintah maupun masyarakat. MAPI di sini mengemban tugas menjadi pengawas eksternal dan pemberi informasi potensi pungli. Dan kita juga tidak sembarangan merekrut orang untuk masuk ke MAPI, ada beberapa kualifikasi khusus karena kita ingin MAPI betul-betul bersih dari pungli,” ujarnya.


#SHOWRELATEBERITA


Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)