Fraksi PKS DPRD Sukabumi: Raperda APBD 2023 Harus Merespons Kebutuhan Masyarakat

Rabu 19 Oktober 2022, 12:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Fraksi PKS DPRD Kabupaten Sukabumi memberikan apresiasi terhadap Nota Pengantar atas Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023 yang disampaikan Bupati dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi pada Senin, 17 Oktober 2022.

Apresiasi tersebut disampaikan dalam pandangan umum Fraksi PKS DPRD Kabupaten Sukabumi yang disampaikan Sekretaris Fraksi, Leni Liawati dalam rapat paripurna, Selasa 18 Oktober 2022.

“Secara normatif Fraksi PKS memandang dan berpendapat bahwa Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 merupakan wujud nyata dari komitmen segenap warga Kabupaten Sukabumi dalam rangka desentralisasi fiskal sehingga karenanya Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 ini harus menggambarkan bahasa batin publik,” ujarnya.

Berkaitan dengan Pendapatan Daerah, Fraksi PKS memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang telah berusaha dan bekerja keras sehingga secara umum pendapatan daerah dalam Raperda APBD tahun Anggaran 2023 ini mengalami peningkatan sebesar RP 42 Miliar dari semula Rp  4,044 triliun dalam APBD tahun Anggaran 2022, menjadi Rp 4.086 triliun.

“Pendapatan daerah tahun anggaran 2023 yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi kurang lebih sebesar Rp 4.086 triliun ini bersumber dari Pendapatan Asli Daerah sebesar 16,13 persen atau sebesar Rp. 659 miliar, “ ujarnya.

Lebih lanjut Leni menyatakan, pendapatan Transfer sebesar 82,89 persen atau sebesar Rp 3.386 triliun dan lain lain Pendapatan daerah yang sah sebesar 0,98 persen atau sebesar Rp 40.349 miliar. 

Dengan komposisi anggaran seperti Ini, leni menyatakan Fraksi PKS memandang bahwa kemampuan keuangan daerah untuk membiayai pembangunan sendiri dikisaran angka 16,13 persen dan sekitar 82,89 persen merupakan anggaran Pemerintah Pusat.  

“Nampaknya kita masih memiliki tingkat ketergantungan terhadap transfer yang bersumber dari APBN, yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten Sukabumi memiliki ruang fiskal yang terbatas, untuk itu diperlukan kejelian dan strategi yang tepat dalam mengalokasikan belanjanya pada kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas daerah dan mempunyai daya ungkit yang tinggi bagi perekonomian daerah,” ujarnya.

Fraksi PKS memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang telah berusaha dan bekerja keras melalui program atau kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi sehingga Pendapatan Asli Daerah dalam Rancangan APBD tahun Anggaran 2023  ini mengalami peningkatan sebesar Rp 12 miliar dari semula sebesar Rp 647,57 miliar pada APBD tahun Anggaran 2022, menjadi sebesar Rp 659,57 miliar.

“Fraksi PKS berharap agar penyusunan dan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 ini berpegang teguh pada prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, rasionalitas dan akuntabilitas serta implementasinya harus tepat sasaran dalam merespon kebutuhan prioritas masyarakat,” katanya.

Terkait Belanja Daerah yang direncanakan dalam Rancangan APBD tahun Anggaran 2023 ini sebesar Rp 4.032 triliun. Komponen Belanja Daerah dalam APBD 2023 menggambarkan  prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik dengan memenuhi syarat transparansi, partisipasi, akuntabilitas publik, efektif, efisien dan profesional dalam rangka untuk melayani dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam upaya memenuhi kewajiban daerah. 

Perlindungan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat diwujudkan dalam bentuk peningkatan pelayanan dasar, pendidikan, penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan, fasilitas sosial dan fasilitas umum yang layak, serta mengembangkan sistem jaminan sosial. 

“Fraksi PKS mendorong Saudara Bupati untuk mencermati dan mengendalikan secara seksama serta meningkatkan kualitas belanja daerah (quality of spending), dengan memastikan dana tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk program dan kegiatan yang memiliki nilai tambah besar bagi masyarakat,” tutur Leni.

“Fraksi PKS memberikan apresiasi kepada Saudara Bupati atas kerja keras dan kecermatan sehingga mampu melakukan efisiensi anggaran di tengah volume kerja yang begitu besar dan gejolak ekonomi yang sedemikian tinggi ini. Untuk mengelola pembangunan Kabupaten Sukabumi yang sangat luas ini, tentu saja efisiensi anggaran tanpa mengurangi produktifitas, mutlak diperlukan,” kata Leni.

#SHOWRELATEBERITA
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio