Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Minggu 28 April 2024, 11:30 WIB
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa

Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Deklarasi DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi untuk mengusung Asep Japar (Asjap) di Pilkada 2024 sebagai bakal calon Bupati Sukabumi dinilai terlalu dini.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPD Golkar Jabar Nurmansyah. Alasannya, kata dia, karena sampai saat ini belum ada keputusan dan surat rekomendasi resmi dari DPP Partai Golkar terkait siapa calon yang akan diusung menjadi bakal calon kepala daerah.

"Dalam konteks konsolidasi dan merajut koalisi dengan partai lain, saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Tapi dalam konteks deklarasi dan mengumumkan kepada publik siapa calon yang diusung Golkar itu terlalu dini. Karena penetapan awal bakal calon kepala daerah (Bacakada) sendiri baru akan diputuskan sekitar bulan Juli oleh DPP Golkar," kata Nurmansyah kepada sukabumiupdate.com, Minggu (28/4/2024).

Baca Juga: Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Menurut Nurman, seleksi penjaringan Cakada di DPP Golkar masih berlangsung, sekarang baru memasuki tahap survei Periode I. Masih ada sekitar lima tahapan lagi yang harus dilalui para Bacakada. 

Hal itu pun, lanjut dia, sudah dipaparkan oleh Ketua DPD PG Provinsi Jabar Tb. Ace Hasan Sadzily kepada para Ketua DPD dan Pengurus Golkar Kab/Kota, Caleg Terpilih dan Bakal Calon Kepala Daerah, dalam kegiatan halal bi halal Golkar Jabar di Hotel Mason Bandung 24 April 2024. 

Kata Nurman, Golkar provinsi tidak melarang para Bacakada untuk mengkoordinir para pendukungnya untuk melakukan deklarasi, tapi itu tidak menjadi tolak ukur penentu. 

"Kami melakukan pendekatan secara secientific dan empiric dalam seleksi calon kepala daerah, karena Golkar menargetkan 60% kemenangan Pilkada di Jawa Barat," imbuh Nurman mengutip ungkapan Ace Sadzily. 

Saat ditanya apakah deklarasi tersebut melangkahi kebijakan DPP Golkar, Nurman menyebut jika saja dilaksanakan oleh ormas Hasta Karya Golkar atau pengurus secara personal dalam rangka penguatan dukungan secara internal itu sah-sah saja, tapi ketika itu dilakukan oleh institusi DPD Golkar, sama saja mereka tidak mengindahkan mekanisme atau tahapan penjaringan dan mendahului apa yang belum diputuskan secara resmi oleh DPP Golkar. 

Terkait siapa yang berpeluang untuk diusung Golkar dalam seleksi ini, Nurman mengungkapkan, secara objektif ia melihat kinerja Asep Japar lebih masif dibanding Bacakada Golkar lainnya. Tapi kita masih harus menunggu hasil survei untuk melihat sejauhmana elektabilitas mereka. 

“Nanti yang memilih kan bukan hanya relawan dan pendukung, tapi seluruh pemilih, jadi penting bagi kami melihat sejauhmana calon ini bisa diterima oleh masyarakat dan berpotensi menang. Pada prinsipnya Golkar akan mengusung Bacakada yang serius bekerja untuk menang dan tidak akan memaksa mereka yang tidak membutuhkan dukungan Golkar meskipun secara elektabilitas memadai,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024. Deklarasi koalisi diselenggarakan usai halal bihalal DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi di Grand Sulanjana, Jalan Selabintana, Kecamatan Sukabumi, Jumat (26/04/2024).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:38 WIB

Ini Daftar 11 Korban Meninggal dan 17 Luka Berat Kecelakaan Bus Perpisahan SMK Depok

Berdasarkan data yang diperoleh dari kepolisian, tercatat 12 orang yang tewas dalam kecelakaan bus itu. 11 dari rombongan dalam dan 1 korban seorang pengendara sepeda motor
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu, 11 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Jawa Barat12 Mei 2024, 09:05 WIB

Kecelakaan Maut Bus Rombongan SMK Depok: Dilaporkan 11 Korban Tewas

Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang.
Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana di Ciater, Subang. (Sumber : Istimewa).
Sehat12 Mei 2024, 09:00 WIB

Asam Urat yang Mengancam Sendi: Penyebab, Gejala, dan 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa.
Ilustrasi - Asam urat merupakan radang sendi yang rasa sakitnya sangat luar biasa. (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi12 Mei 2024, 08:38 WIB

Jembatan Cibodas Rusak, DPRD Sukabumi Segera Komunikasi dengan Dinas Terkait

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Nandar turut melakukan peninjauan bersama anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hasim Adnan, ke lokasi Jembatan Cibodas yang membentang di atas Sungai Cibodas, Kecamatan Curugkembar.
Nandar, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi PKB) | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 08:00 WIB

Bebas Diabetes dengan 11 Karbohidrat Sehat: Makan Enak, Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Ilustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Life12 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan.
Ilustrasi - Mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan ini secara konsisten dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi dan sehat secara keseluruhan. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)
Science12 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 12 Mei 2024, Waspada Hujan di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya.
Cuaca Jawa Barat pada Minggu 12 Mei 2024 untuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Freepik
Sukabumi11 Mei 2024, 22:20 WIB

Kontennya Viral! Cerita Cecep dari Kota Sukabumi Rutin Bersihkan Toilet Masjid Sejak 2012

Iltap mengungkapkan suaminya juga selalu mengerjakan pekerjaan rumah.
Cecep saat membersihkan toilet masjid. Cecep adalah warga Jalan Tipar RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Entertainment11 Mei 2024, 22:00 WIB

Profil dan Daftar Drama Korea Kim Hye Yoon, Pemeran Im Sol di Lovely Runner

Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di drama korea Lovely Runner sedang naik daun dan sedang dibicarakan oleh pecinta drakor. Biar lebih dekat dengannya cari tahu lewat profil dan daftar drama yang pernah diperankan
Profil dan daftar drama korea Kim Hye Yoon yang berperan sebagai Im Sol di Lovely Runner (Sumber : Instagram @/hye_yoon1110)
Jawa Barat11 Mei 2024, 21:46 WIB

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan di Subang, Beberapa Orang Dilaporkan Tewas

Dalam kecelakaan bus ini dikabarkan lima penumpang meninggal dunia.
Kondisi bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana yang rusak akibat kecelakaan di wilayah Subang, Sabtu (11/5/2024). | Foto: Istimewa