Isu Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Ini Kata Ganjar Pranowo dan Hasto PDIP

Sabtu 21 Oktober 2023, 11:00 WIB
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka | Isu Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Ini Kata Ganjar Pranowo dan Hasto PDIP (Sumber : IG Gerindra Kabupaten Sukabumi)

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka | Isu Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Ini Kata Ganjar Pranowo dan Hasto PDIP (Sumber : IG Gerindra Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Isu Gibran Rakabuming Raka menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo semakin menguat di kalangan politisi. Beberapa media nasional hingga lokal juga tak ketinggalan memberitakan hal tersebut, hingga membuat kabar Gibran jadi Cawapres Prabowo masuk di dua jajaran trending Google, Sabtu (21/10/2023).

Meski kabar Gibran jadi Cawapres Prabowo ramai dibahas, pihak terkait yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belum menanggapi bahwa putra Presiden Jokowi itu akan mendampinginya di Pilpres 2024 atau tidak.

Masih soal Cawapres Prabowo yang belum juga diumumkan secara resmi, Ganjar Pranowo, bakal calon presiden atau Capres 2024 dari Koalisi PDIP ikut menanggapi.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Orang Kecewa Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Mengutip Tempo.co, Ganjar Pranowo menanggapi isu Gibran jadi Cawapres Prabowo dengan santai saat menghadiri acara Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi Partai Persatuan Pembangunan atau PPP se-Indonesia.

"Oh, ya ngga papa, kan semua orang punya hak," kata Ganjar di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara pada Jumat (20/10/2023) malam.

Meski demikian, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa sampai saat ini Gibran masih masuk ke dalam Tim Pemenangan Ganjar di Pilpres 2024. Ia juga menyebut putra sulung Presiden Jokowi tersebut tidak pernah menyatakan keluar dari tim pemenangannya.

Baca Juga: Ramalan Capres-Cawapres 2024: Bagaimana Peluang Prabowo-Gibran Jika Berpasangan?

Selain itu, Capres dari Koalisi PDIP itu menyakini Jokowi masih mendukungnya meski isu Gibran jadi Cawapres Prabowo di Koalisi Indonesia Maju semakin santer. Ganjar Pranowo pun menjelaskan bahwa selain masuk ke dalam Tim Pemenangan, Gibran bahkan sudah menjadi juru kampanye atas keinginannya sendiri

"Ya kan sudah dari dulu. Beliau sendiri loh yang ngomong. Bahkan pernah minta bareng saya, saya ajak di bogor lari-lari sama saya, dan itu minta kapan lagi mas. Jadi kami sampai hari ini belum mendapatkan informasi ada mencabut dukungan atau tidak jadi ikut. Belum ada," jelas Ganjar, dikutip via Tempo, Sabtu (21/10/2023).

Ganjar Pranowo datang menggunakan jas hitam, celana hitam, kemeja putih dan kopiah. Pantauan Tempo di lapangan saat itu, sejumlah elite PPP yang juga hadir dalam acara tersebut yaitu, Pelaksana Tugas Ketua DPP PPP Muhamad Mardiono, Sekretaris Jenderal Arwani Thomafi, Ketua Fraksi PPP DPR RI Amir Uskara dan Sekretaris Fraksi PPP DRI RI Achmad Baidowi.

Kabar Gibran Rakabuming ke Jakarta

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dikabarkan bertolak ke Jakarta pada Jumat sore, 20 Oktober 2023. Menurut informasi yang diterima Tempo, Gibran berangkat ke ibu kota lewat Bandara Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Harta Kekayaan Capres Cawapres 2024: Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Beredarnya informasi tersebut dibenarkan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Solo Ardianto Kuswinarno saat dihubungi Tempo melalui ponselnya, Jumat petang. Namun ia mengaku tidak tahu menahu perihal kepentingan Gibran menuju ibu kota.

"Iya betul Mas Wali hari ini ke Jakarta. Tapi enggak tahu saya, ya itu memang beliaunya saya sendiri belum tahu kegiatan apa, saya di Surabaya ini," ujar Ardianto.

Gibran dikabarkan bakal menjadi cawapres Prabowo dalam Pilpres 2024. Meski dia kader PDIP, Gibran disebut akan berpindah ke Golkar untuk bisa menjadi cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu.

Gibran sebagai Cawapres terbuka lebar setelah Mahkamah Konstiusi yang dipimpin pamannya mengabulkan gugatan syarat capres atau cawapres berusia minimal 40 tahun atau pernah menjadi kepala daerah.

Baca Juga: Harta Kekayaan Capres Cawapres 2024: Anies Baswedan dan Cak Imin

Masih mengutip Tempo.co, tak hanya Capres Ganjar Pranowo, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyinggung soal etika saat ditanya mengenai isu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto melalui Partai Golkar.

“Isu banyak, kan ada yang mau mengambil jalan pintas, gimana etika itu kemudian dikesampingkan, padahal politik ini berdasarkan nilai kebaikan,” kata Hasto saat ditelepon pada Jumat (20/10/2023).

“Nilai kepatutan itu yang dikedepankan,” kata politikus PDIP menambahkan.

Isu Gibran Rakabuming akan bergabung dengan Partai Golkar sudah menguat sejak Senin malam kemarin, 16 Oktober 2023. Belakangan, putra sulung Presiden Joko Widodo itu dikabarkan bakal bergabung dengan Golkar melalui sayap partainya, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Baca Juga: Harga Land Rover Series 2, Mobil Klasik Anies Cak Imin Saat Daftar Pilpres ke KPU

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Gibran, Politikus PDIP, soal peluang menjadi kader Golkar. Namun, Airlangga tidak mengungkapkan rencana partainya dan Gibran ke depan.

"Komunikasi sudah ada. Mengenai kegiatan apa lanjutannya, ditunggu saja," kata Airlangga saat ditemui di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2023).

Semestinya Gibran dan Hasto dijadwalkan bertemu Rabu, 18 Oktober 2023. Namun pertemuan tersebut batal karena Gibran berada di Surakarta.

Kepada Megawati dalam rapat internal PDIP Kamis, 12 Oktober 2023, di Teuku Umar, Hasto menyampaikan kepada ketua umum partai banteng, bahwa ia akan memanggil Gibran Rakabuming Raka untuk membahas kemungkinan Wali Kota Surakarta tersebut menjadi pendamping Prabowo Subianto dalam pilpres 2024.

Hasto, saat ditelepon pada Jumat, 20 Oktober 2023 oleh Tempo, mengatakan, sampai hari ini belum bertemu Gibran sebab dia sedang ditugaskan ke Sumatera Selatan selama dua hari ke depan.

Namun ia menyebut partai sudah mengirimkan surat kepada kepala daerah termasuk Gibran, untuk menjadi juru kampanye nasional PDIP dan juru bicara Ganjar Pranowo dan Mahfud Md., calon presiden dan wakil presiden dari koalisinya.

Baca Juga: 11 Tips Hidup Bahagia Meski Banyak yang Tidak Senang dengan Kita

Ketika ditanya apakah PDIP akan memecat Gibran andai benar menjadi calon wakil presiden Prabowo, Hasto menjawab “Partai sebagai institusi demokrasi akan menjaga etika politik, sekiranya batasan batasan politik dengan asas kepantasan dilanggar, rakyat yang akan menilai partai mana yang pragmatis, partai mana yang mengedepankan rekrutmen melalui kaderisasi.”

“Kami percaya Gibran memiliki spirit itu,” kata Hasto.

Bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, belum menentukan bakal calon wakil presiden sampai saat ini. Prabowo santer akan mendeklarasikan cawapresnya pada Minggu, 22 Oktober 2023, setelah rapat pimpinan partai Golkar.

Ihwal nama cawapres yang akan mendampinginya, Prabowo mengatakan masih akan melihat perkembangannya. Dia mengatakan nama cawapres akan dibahas dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar, Sabtu, 21 Oktober 2023. Ketua Umum Gerindra menyampaikan ini saat menghadiri syukuran HUT ke-59 Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jumat, 20 Oktober 2023.

Prabowo enggan mengklarifikasi benar-tidaknya informasi akan mendeklarasikan Gibran, Putra Presiden Joko Widodo, sebagai bakal cawapres. Dia hanya mengatakan akan mendaftarkan diri di KPU minggu depan.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih28 April 2024, 11:30 WIB

Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Deklarasi Asep Japar atau Asjap sebagai calon Bupati Sukabumi oleh Golkar Kabupaten Sukabumi dinilai terlalu dini.
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa
Life28 April 2024, 11:30 WIB

Coba Terapkan, Ini 6 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Anak Lebih Mandiri

Mengajari anak tentang kemandirian adalah kuncinya. Meskipun itu tidak mudah. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu si kecil menjadi lebih mandiri.
Ilustrasi. Tips membuat anak lebih mandiri. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 10:47 WIB

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasangan Sedang Berbohong, Ini Buktinya

Pasangan yang sedang berbohong akan nampak pada bahasa tubuhnya saat sedang berbicara.
Ilustrasi. Bahasa tubuh pasangan yang berbohong. | Sumber foto : Pexels/Roderick Salatan
Jawa Barat28 April 2024, 10:37 WIB

Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

Berikut dampak gempa Garut M6,2 yang tercatat oleh BNPB.
Dampak gempa laut Garut M6,2. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:30 WIB

4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Anak-anak Anda tidak akan belajar mendisiplinkan diri dalam semalam. Pasti ada saatnya mereka berperilaku buruk, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya.
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 10:24 WIB

2 Kali di Sukabumi, Daftar 13 Gempa Merusak Selatan Jabar 1844-2022

Diantara 13 gempa merusak Selatan Jawa tahun 1844-2022, dua diantaranya pernah terjadi di Sukabumi, tepatnya Gempa di tahun 2012 dan 2021.
Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Jawa Barat28 April 2024, 10:06 WIB

Temu Rembug PPPH Kabupaten Garut Gaungkan Halal Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Temu rembug ini sarat dengan diskusi mengenai akselerasi sertifikasi halal di kabupaten Garut.
Temu rembug pengurus LPPPH Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) provinsi Jawa Barat. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:00 WIB

Percaya Diri dan Mandiri! 10 Ciri Kamu Perempuan yang Memiliki Mental Kuat dalam Menjalani Hidup

Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup.
Ilustrasi - Perempuan yang memiliki mental kuat adalah mereka yang memiliki ketangguhan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Life28 April 2024, 09:30 WIB

Melatih Kesabaran, Ini 5 Kualitas Utama yang Harus Dipupuk pada Anak Sejak Dini

Pelajari sifat-sifat penting yang harus dipupuk pada anak-anak untuk membantu mereka menjadi bahagia dan sukses.
Ilustrasi. Kualitas utama yang harus dipupuk pada anak. Sumber : Freepik/@freepik