Tak Jadi Cawapresnya Prabowo? Pengakuan Terbaru Gibran Soal SKCK

Kamis 19 Oktober 2023, 14:13 WIB
Ilustrasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jelang Pilpres 2024 (Sumber : istimewa/merdeka.com)

Ilustrasi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jelang Pilpres 2024 (Sumber : istimewa/merdeka.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Teka-teki siapa cawapresnya Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024 mulai terungkap. Pasca putusan MK yang mengundang polemik dan penetapan Mahfud MD sebagai cawapresnya Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka yang sebelumnya santer mau digaet Prabowo untuk Pilpres 2024, menegaskan tidak pernah menawarkan diri untuk jadi cawapres.

Terbaru, bahkan Gibran menegaskan bahwa ia sendiri bahkan belum mengurusi syarat kelengkapan untuk menjadi cawapres, seperti SKCK (kepolisian) dan keterangan tidak pernah di pidana (pengadilan negeri).

Melansir tempo.co, hal ini diungkap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan, yang bertanya soal banyak figur mendadak bikin skck dan keterangan tidak pernah dipidana.

Gibran mengatakan tidak mengurus apa-apa. Ia bahkan mengaku belum memiliki SKCK lagi.

Baca Juga: Jokowi Soal Peluang Gibran Jadi Cawapres usai Putusan MK: Itu Wilayah Parpol

"Saya kalau ngurus pasti konangan (ketahuan) kan ke PN sama kepolisian, pasti ketahuan dong. Lho aku ora ngurus apa-apa (lho saya tidak mengurus apa-apa)," ucap dia.

Lalu saat awak media memintanya untuk merespon Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan menjadi pendamping calon presiden Prabowo Subianto, setelah santer kabar Erick mengurus surat keterangan tidak pernah dipidana dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel).

Soal ini Gibran santai dan meminta wartawan bertanya langsung kepada Erick Thohir. "Ya tanya Pak Erick. Ya itu yang bikin SKCK," ucap Gibran saat ditemui awak media di Kantor DPRD Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu sore, 18 Oktober 2023.

Jika benar pilihan cawapres Prabowo jatuh pada Erick Thohir, maka Gibran tidak bisa maju untuk mendampingi bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut. Soal ini, "Sekali lagi, saya tidak pernah menawarkan diri. Orang lain yang ngejar, nggih? Wartawan, teman-teman media pemberitaan terus," katanya.

Baca Juga: Erick Thohir Buat SKCK di Baintelkam Polri, Mau Maju Jadi Cawapres Prabowo?

Gibran mengaku sudah mendengar kabar Erick yang membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK sejak Rabu siang tadi. Adapun untuk pencalonan cawapres, menurut Gibran menjadi kewenangan para ketua partai.

"Wis ket mau awan (sudah mengetahui dari tadi siang). SKCK. Urusan pencalonan itu ketua-ketuanya yang berhak ya. Gitu nggih (ya)?" tuturnya.

Saat ditanya apakah sudah memiliki rencana tertentu jika akhirnya tidak terpilih sebagai cawapres Prabowo, Gibran mengatakan sejauh ini tidak ada. Ia mengaku santai dan mengalir saja dalam menjalaninya.
"Nggak ada planning (rencana), semua tetap ngalir. Wis saiki tolong wawancarai sing ngurus SKCK wae ya? (Sudah, sekarang tolong wawancarai yang mengurus SKCK itu saja ya?)," katanya.

Baca Juga: Yusril Ihza Mahendra Ketahuan Bikin SKCK, Untuk Jadi Cawapres Prabowo?

Saat ditanya apakah nantinya akan tetap di Kota Solo jika masa jabatannya sebagai Wali Kota Solo sudah berakhir, Gibran tidak memastikan. "Embuh (tidak tahu). Kalau saya ngalir saja. Santai," ucapnya.

Nama Gibran sebelumnya santer disebut bakal menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024 setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan sebagian gugatan uji materiil Undang-Undang Pemilu tentang batas usia capres-cawapres 40 tahun dengan penambahan frasa pernah menjadi kepala daerah.

Sumber: Tempo.co

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Juni 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta Ketimbang Wanita

Pria cenderung kaum yang dianggap gampang jatuh cinta daripada wanita yang masih terbiasa memfilter perasaannya. Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang memicu pria mudah jatuh cinta
Ilustrasi Beberapa faktor yang menyebabkan pria lebih mudah jatuh cinta ketimbang wanita (Sumber : Pexels.com/@Jeswin Thomas)
Nasional20 Juni 2024, 20:27 WIB

Buka BSI International Expo 2024, Wapres: BSI Dorong Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin membuka secara resmi BSI International Expo 2024 yang diselenggarakan oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), di Jakarta Convention Center pada tanggal 20-23 Juni 2024.
Dirut BSI Hery Gunardi (kanan) bersama Wapres RI KH Ma'ruf Amin (kiri), Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) saat seremoni pembukaan BSI International Expo di JCC Senayan Jakarta, Kamis (20/06) | Foto : Istimewa
Life20 Juni 2024, 20:15 WIB

7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Jantung, Hindari Jika Ingin Selamat!

Bagian tubuh yang menjadi sumber kehidupan adalah jantung. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan agar jantung juga menjadi sehat serta terbebas dari penyakit.
Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:08 WIB

Fraksi PAN Apresiasi Bupati Raih WTP 10 Kali, Ini Catatan Soal LPJ APBD Sukabumi 2023

Fraksi Partai Amanat Nasional (Fraksi PAN) DPRD Kabupaten Sukabumi salah satu dari delapan fraksi yang menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda LPJ APBD 2023
Fraksi PAN DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Sehat20 Juni 2024, 20:00 WIB

8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi.
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)
Mobil20 Juni 2024, 19:45 WIB

Driver Wajib Tahu, Ternyata ini 5 Penyebab Radiator Cepat Habis

Ketika air radiator cepat berkurang, mesin bisa cepat panas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan serius dan biaya perbaikan yang mahal
Ilustrasi Penyebab Radiator Cepat Habis (Sumber : pixabay.com/@carotomo12)
Sehat20 Juni 2024, 19:30 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Kelor untuk Mengobati Sakit Asam Lambung

Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung.
Ilustrasi - Rebusan daun kelor menjadi salah satu opsi untuk mengobati asam lambung. (Sumber : Pixabay.com/@Ninetechno).
DPRD Kab. Sukabumi20 Juni 2024, 19:21 WIB

8 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum LPJ APBD 2023 di Paripurna DPRD Sukabumi

Sebanyak delapan fraksi di DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD tahun 2023
8 Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda APBD tahun 2023 | Foto : Ist
Life20 Juni 2024, 19:15 WIB

5 Penyebab Kenapa Cinta Cepat Pudar Setelah Menikah, Kamu Termasuk?

Sejumlah penyebab menjadi faktor kenapa orang yang sudah menikah cenderung cepat pudar cintanya dibandingkan pada saat awal mula kasmaran
Ilustrasi Sejumlah penyebab kenapa cinta cepat pudar setelah menikah puluhan tahun (Sumber : Pexels.com/@Timur Weber)
Sehat20 Juni 2024, 19:00 WIB

No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam

Ada beberapa strategi yang dapat membantu untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan malam.
Ilustrasi. No Minuman Manis! 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Tinggi Setelah Makan Malam (Sumber : Pixabay/Stanias)