Sehat dan Ramping di Masa Tua, Kuncinya Atur Pola Makan

Kamis 19 Agustus 2021, 02:00 WIB
Tetap sehat di usia tua dengan bonus badan rampingbisa didapatkan dengan cara mengatur pola makan.

Tetap sehat di usia tua dengan bonus badan rampingbisa didapatkan dengan cara mengatur pola makan.

SUKABUMIUPDATE.com - Usia yang tidak muda lagi atau tua akan membuat tubuh mudah mengalami penambahan berat badan dan risiko terkena berbagai penyakit lainnya, namun tubuh tidak sehat tersebut bisa dihindari dengan mengatur pola makan

Penambahan berat badan terjadi karena penurunan pergantian asam lemak secara alami seiring bertambahnya usia, sehingga memudahkan tubuh untuk menambah bobot.

Khusus untuk wanita, perubahan hormonal alami setelah menopause dapat membuat kenaikan berat badan, terlepas dari perubahan pola makan dan aktivitas fisik.

Jadi, bagaimana orang di atas 50 tahun bisa memiliki tubuh yang ramping dan sehat? Berikut beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup yang perlu dilakukan orang berusia di atas 50 tahun untuk mempertahankan berat badannya. 

Baca Juga :

1. Jangan melewatkan waktu makan 

Melewatkan waktu makan, terutama sarapan, untuk mendapatkan tubuh ramping ternyata sebuah kesalahan. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, melewatkan makan tidak dapat menurunkan berat badan, khususnya pada wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas pascamenopause.

Data menunjukkan bahwa orang yang melewatkan waktu makan pertama pada hari itu cenderung makan lebih banyak kalori, lemak, dan gula tambahan saat makan siang, makan malam, dan waktu ngemil dibandingkan mereka yang sarapan.

2. Makan ikan kaya lemak dan rendah merkuri 

Ikan berminyak, seperti salmon dan herring, merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan anti-inflamasi. Karena peradangan kronis dapat menyebabkan kenaikan berat badan maka ikan dapat membantu memiliki berat badan yang sehat. Sebaiknya makan ikan kaya lemak dan rendah merkuri dua kali seminggu. 

3. Konsumsi protein 

Makan protein, baik di waktu makan besar atau ngemil, dapat membantu mendapatkan tubuh ramping. Protein membuat kenyang lebih lama sehingga tidak harus sering makan, juga membantu mengurangi lemak. 

Manusia secara alami kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia. Asupan protein yang cukup setelah usia 50 dapat membantu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat sedang istirahat.

4. Makan sayuran 

Orang lanjut usia atau lansia banyak yang tidak makan buah dan sayuran dalam jumlah yang disarankan. Padahal, makan sayuran yang cukup bisa menjadi cara yang sehat untuk menghindari berat badan berlebih, berkat kandungan kalori yang rendah dan serat alaminya. 

5. Minum cukup air putih 

Kalori bisa masuk ke dalam tubuh dalam bentuk minuman, seperti teh manis atau soda, yang membuat orang sulit mempertahankan berat badan. Jadi, pilih minuman bebas kalori seperti air putih atau teh tawar.

6. Makan kacang-kacangan

Kacang tanah, buncis, dan kacang merah adalah makanan kaya antioksidan dan serat yang serbaguna dan lezat. Makanan ini dapat membantu membuat rasa kenyang lebih lama karena serat dan proteinnya. 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan satu porsi kacang polong setiap hari akan kehilangan berat badan.

7. Mengikuti diet Mediterania 

Diet mediterania berfokus pada makanan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, produk, dan kacang-kacangan, tapi membatasi makanan olahan, permen, dan makanan yang digoreng. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Journal, orang berusia 55 tahun yang mengikuti diet Mediterania lebih sedikit mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti pola makan ini.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota