5 Macam Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Rabu 30 Juni 2021, 07:00 WIB
ilustrasi seseorang melakukan olahraga

ilustrasi seseorang melakukan olahraga

SUKABUMIUPDATE.com -  Sejumlah orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat, salah satunya yakni melakukan berbagai jenis olahraga untuk mengecilkan perut.

Beberapa orang mengalami perut buncit akibat dari penumpukan lemak yang berasal dari konsumsi karbohidrat, kolesterol serta lemak jenuh yang berlebihan.

Dengan melakukan beberapa olahraga berikut, Anda dapat mengatasi perut buncit asalkan Anda rutin melakukan latihan serta bersabar menjalaninya. 

Inilah lima macam olahraga yang dapat mengecilkan perut.

1. Sit Up

photoGerakan Sit Up - (Pinterest)</span

Sit up adalah olahraga yang paling mudah dilakukan dan merupakan dasar latihan kekuatan otot atau strength training, terutama untuk otot perut. 

Gerakan sit up bisa membantu mengecilkan otot perut jika dilakukan secara rutin. Lakukan dengan menekuk lutut secara perlahan lalu posisikan kaki Anda lurus di lantai dengan posisi terlentang. 

Setelah itu, angkat bahu dan punggung atas sambil melakukan gerakan naik dan turun. Buang napas saat Anda naik dan tarik napas saat kembali ke posisi semula. 

Lakukan minimal lima kali sit up dengan hitungan 1 sampai 10 saat bangun tidur setiap hari, maka perubahan otot perut akan terlihat dalam beberapa bulan. 

2. Plank

photoGerakan Plank - (Pexels/Li Sun)</span

Sama halnya dengan sit up, plank merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan berfokus pada keseimbangan badan dan menyimpan tumpuan pada lengan dan kaki. 

Plank dinilai mampu mengubah lemak yang ada pada tubuh menjadi otot termasuk pada bagian perut.

Melakukan plank cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah saat senggang tanpa membutuhkan alat dan tempat khusus.

Posisikan badan Anda tengkurap pada matras dan pandangan mata lurus ke depan, kemudian angkat badan dan tahan menggunakan lengan dan kaki. 

Anda bisa menahan posisi tersebut dalam beberapa menit, usahakan postur badan lurus serta pantat tidak boleh lebih tinggi dari anggota tubuh yang lain. 

Lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal hingga otot perut Anda terbentuk sempurna. 

3. Crunch

photoGerakan Crunch - (wikihow.com)</span

Olahraga Crunch dipercaya dapat mengecilkan perut bagian atas. Lakukan gerakan Crunch dengan cara membaringkan tubuh di atas matras dan meletakkan telapak tangan di bawah kepala, kemudian tekuk lutut secara vertikal dan angkat badan sekuat mungkin. 

Olahraga ini berfokus pada latihan mengatur nafas dan gerakan, ketika Anda melakukan gerakan crunch, nafas akan tertahan dan otot bagian atas perut akan mulai terbentuk. 

Anda bisa mengatur nafas saat melakukan gerakan crunch dan melakukannya selama delapan hingga 10 kali dalam satu sesi. Otot perut Anda akan terbentuk dalam jangka waktu hitungan bulan. 

4. Flutter Kick 

photoGerakan Flutter Kick - (popsugar.com)</span

Gerakan flutter kick sangatlah mudah dilakukan, Anda tinggal mengangkat kaki secara bergantian terus-menerus. Olahraga ini dipercaya dapat membentuk otot paha dan perut. 

Lakukan gerakan ini setiap hari selama 15 kali dalam satu kali set, Anda akan mendapatkan bentuk otot perut dan paha yang bagus, badan Anda juga akan semakin terasa ringan setelah melakukan olahraga ini.

5. Hip Lift

photoGerakan Hip Lift - (muscleandfitness.com)</span

Olahraga Hip Lift dipercaya memiliki manfaat dalam pembentukan otot perut. Anda bisa berbaring di lantai dengan tangan di samping tubuh, kemudian letakkan telapak tangan ke bawah dan kaki di atas pinggul membentuk 90 derajat. 

Setelah itu, Anda bisa mengangkat pinggul dari lantai dan berikan tekanan pada otot inti, biarkan kaki mengarah ke langit-langit kemudian kembali ke posisi awal. 

Lakukan dengan hitungan 15-20, maka Anda akan mendapat perut rata yang ideal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari