Mudah Didapat, Daftar Makanan Ini Kaya Kandungan Zat Besi

Minggu 07 Maret 2021, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Zat besi menjadi nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga sistem kesehatan tubuh. kekurangan zat besi dapat menimbulkan hal yang berbahaya seperti anemia, sakit kepala, dan sesak napas.

Selain itu kekurangan zat besi bagi ibu hamil dapat menyebabkan bayi yang lahir prematur dan keseimbangan badan si bayi terganggu. Dan bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi dan kurangnya mengkonsumsi zat besi memiliki resiko defesiensi yang sangat tinggi.

Oleh karenanya pemenuhan zat besi dalam tubuh sangat berpengaruh dengan apa yang kita konsumsi setiap hari, dimana untuk kebutuhan zat besi orang dewasa sendiri mencapai 1,8 mg perharinya.

Dari itu kebutuhan akan zat besi di dalam tubuh dapat dicapai dengan mengkonsumsi makan yang kaya akan zat besi maupun makan yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi tersebut.

Berikut ini beberapa menu makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari untuk menambah kualitas zat besi dalam tubuh:

1. Bayam.

Mengkonsumsi sayur bayam sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Faktanya mengkonsumsi bayam sebanyak 3,5 ons atau 100 gram setara dengan mengkonsumsi 2,7 mg zat besi. Bayam juga di percaya kaya akan vitamin C yang secara siknipikan dapat meningkatkkan peneyerapan zat besi.

2. Kacang polong.

Kacang polong juga dipercaya sangat efektif untuk menambah kualitas zat besi dalam tubuh. Bebrapa jenis kacang polong yang paling umum diantaranya buncis, kacang polong, dan kedelai. Mengkonsumsi secangkir kacang lentil setara dengan mengkonsumsi 6,6 mg kandungan zat besi dalam tubuh.

3. Brokoli

Brokoli sangat bermanfaat dalam menambah asupan zat besi dalam tubuh pasalnya satu porsi brokoli masak dengan ukuran 156 gram dapatmenghasilan 1 mg zat besi. Selian itu brokoli juga sanngat bergizi karena mengandung vitamin K dan vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

4. Ikan

Ikan adalah bahan yang sangat mudah kita dapkatan selain itu ikan juga sangat bergizi terutama pada jenis-jenis tertentu seperti ikan tuna yang tinggi zat besi. Faktanya satu porsi tuna kalengan seberat 3 ons mengandung 1,4 mg zat besi.

5. Kerang.

Mengonsumsi kerang sagat dipercaya dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh. Faktanya selain enak semua jenis kerang juga kaya akan zat besi yang tinggi. Misalnya satu porsi kerang seberat 3,5  ons (100 gram) dipercaya mengandung 3 mg zat besi.

6. Tomat.

Mengkonsumsi tomat juga sangat bermanfaat menambah jumlah zat besi dalam tubuh. Selain mengandung vitamin C toman juga aya akan zat besi. Mengkonsumsi satu gelas tomat setara dengan 1,2-2,5 kandungan zat besi di dalamnya.

7. Kentang.

Mungkin tidak asing dengan yang satu ini, ternyata selain harganya yang murah kentang juga kaya akan zat besi. Faktanya mengkonsumsi 295 gram kentang yang kulitnya belum terkupas mengandung 3,2 mg zat besi. Selain itu kentang juga kaya akan vitamin seperti vitamin C, Dan B6 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

8. Daging sapi.

Mungkin kita tidak heran lagi dengan kasiat dari menu satu ini. Mengkonsumsi satu porsi daging sapi seberat 3,5 ons (100 gram) setara dengan mengkonsumsi 2,7 mg zat besi dalam tubuh. Selain itu daging sapi juga kaya akan protein tinggi, seng, selenium, dan juga vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

9. Hati dan jeroan.

Mengkonsumsi dalaman tubuh hewan sangatlah bergizi, jenis organ dalam tubuh hewan yang populer di konsumsi dimasyarakat temasuk hati, ginjal,jantung, otak dimana seluruhnya mengandung zat besi yang sangat tinggi. Faktanya satu porsi hati sapi seberat 100 gram setara dengan mengkonsumsi 6,5 mg zat besi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life18 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Ala Nabi Muhammad SAW yang Sangat Dianjurkan bagi Orang Tua

Mendidik anak seperti dalam anjuran Nabi Muhammad SAW tentu akan menjadi rekomendasi bagi para orang tua selama mengasuh.
Ilustrasi - Mendidik anak ala Nabi Muhammad SAW yang perlu diketahui semua orang tau. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Life18 Mei 2024, 17:00 WIB

6 Golongan Orang yang Bakal Terjebak Hidup Miskin Selamanya, Apa Kamu Termasuk?

Beberapa golongan orang yang sering melakukan kebiasaan buruk akan berpotensi terjebak hidup miskin seumur hidup.
Ilustrasi - Golongan orang yang berpotensi hidup miskin selamanya. (Sumber : Pexels.com/Yura Forrat).
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi18 Mei 2024, 16:29 WIB

Kunjungi Cecep, Kusmana Apresiasi Konten Warga Sukabumi Bersihkan Toilet Masjid

Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi aksi Muhammad Cecep Abdullah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengunjungi Cecep (26 tahun) di rumahnya di Jalan Tipar Gang Amarta 2 RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Entertainment18 Mei 2024, 16:00 WIB

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Epy Kusnandar Akan Direhabilitasi

Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba
Epy Kusnandar Jalani Rehabilitasi Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba.| Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Sukabumi18 Mei 2024, 15:58 WIB

Gegara Puntung Rokok, Kebakaran Habiskan Gudang Pakan Ternak di Cicurug Sukabumi

Api sempat membesar karena bangunan gudang terbuat dari bambu.
Kebakaran gudang penyimpanan pakan ternak ayam di Kampung Gintung RT 06/01 Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 15:30 WIB

4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

Seiring bertambahnya usia anak, dunia mereka menjadi lebih besar dan kompleks, begitu pula alasan mengapa ia menangis akan terasa seperti misteri bagi orang tua.
Ilustrasi - cara mengatasi amukan anak yang dapat orang tua terapkan. (Sumber : pexels.com/@TranLong).