Setengah dari Kesembuhan Adalah Pasien Covid-19 yang Jujur dan Bahagia

Minggu 11 Oktober 2020, 07:38 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Psikolog Anak dan Keluarga Dra. Mira Amir menyarankan sebaiknya pasien Covid-19 terbuka dan menerima dengan lapang dada setelah dinyatakan terpapar Covid-19.

"Kalau kita menutupi berarti sedih sendiri. Sebaliknya, kalau kita jujur dan senang itu setengah menuju kesembuhan," ujar Mira Amir dalam talkshow "Menghapus Stigma Pasien Covid-19" di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Jumat (9/10/2020) siang.

Dikutip dari siaran pers Satgas Penanganan Covid-19, Mira juga menyinggung soal stigma dari masyarakat terhadap pasien Covid-19. Stigma, lanjut Mira, ada di luar kontrol. Namun lebih baik fokus pada sesuatu yang bisa diubah atau mengatur ulang daripada memikirkan pernyataan negatif yang menambah beban.

BACA JUGA: 120 Hotel Isolasi Mandiri di Sembilan Provinsi untuk Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

"Jadi bukan memikirkan ini-itu karena kita enggak bisa ubah kondisi tersebut. Tapi kita bisa atur bagaimana bisa membuat kondisi nyaman dan bahagia," kata Mira. 

Penyintas Covid-19, Albert Ade mengatakan dirinya sempat menolak saat dinyatakan positif Covid-19. Apalagi gejala yang dialaminya menyerupai demam berdarah. Namun saat dinyatakan positif pikiran berubah kosong.  "Pikiran langsung kosong dan hanya teringat keluarga saat dinyatakan Covid-19," ungkap Ade.

Ade menegaskan dirinya langsung menghubungi keluarga dan lingkungan tempat tinggal soal status barunya itu.

Jurnalis televisi swasta ini pun mengakui kalau sebagian tetangga rumahnya banyak yang menolak dengan status dirinya sebagai pasien Covid-19 itu. Ade mengganggap hal itu wajar. "Ada juga warga yang ketakutan, ya, wajar saja," kata Ade. 

BACA JUGA: Hati Bahagia, Kunci Imunitas Lawan Covid-19

Sementara, penyintas Covid-19 Putri Octaviani sempat panik saat mengetahui pertama kali positif. Namun dirinya berpikir langkah apa yang perlu dilakukan ke depannya. 

Meski bukan pasien positif pertama di lingkungan rumah, kata dia, masyarakat sekitar belum sepenuhnya paham tentang Covid-19. "Sebelumnya sudah ada yang kena sebelum saya dan lingkungan rumah masih ada yang belum paham dengan penyakit ini," ujar Putri.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel10 April 2024, 22:00 WIB

7 Destinasi Wisata Pantai di Sukabumi yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Rekomendasi wisata pantai di Sukabumi yang bisa menjadi alternatif liburan lebaran bersama keluarga.
Pantai Karang Gantungan - Rekomendasi wisata pantai di Sukabumi yang bisa menjadi alternatif liburan lebaran bersama keluarga. | Foto: Instagram/@infoujunggenteng_
Keuangan10 April 2024, 20:00 WIB

Simak 4 Cara Kelola Uang THR, Ada untuk Dana Darurat

Penting memiliki dana darurat yang cukup untuk menghadapi keadaan tak terduga.
(Foto Ilustrasi) Perlu pengelolaan keuangan untuk memanfaatkan THR. | Foto: Pexels/nattanan23
Life10 April 2024, 18:00 WIB

7 Ide Kegiatan untuk Mengisi Waktu Libur Lebaran Bersama Keluarga yang Dijamin Seru!

Dengan mengikuti ide-ide ini, dijamin waktu libur lebaran Anda akan terasa lebih seru dan menyenangkan.
Ilustrasi - Dengan mengikuti ide-ide ini, dijamin waktu libur lebaran Anda akan terasa lebih seru dan menyenangkan. (Sumber : Freepik.com).
Food & Travel10 April 2024, 16:00 WIB

20 Rekomendasi Tempat Bakso dan Mie Kocok di Sukabumi, Cocok Disantap di Hari Lebaran

Di hari lebaran bakso biasanya menjadi makanan favorit yang banyak di cari. Karena bakso memiliki cita rasa gurih segar dan pedas.
Rekomendasi Tempat Bakso dan Mie Kocok di Sukabumi, Cocok Disantap di Hari Lebaran | Foto  Freepik.com
Nasional10 April 2024, 15:25 WIB

Perbaikan Longsor Tol Bocimi, Menteri PUPR: 11 April Seksi 2 Fungsional Satu Jalur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan proyek perbaikan longsor di Tol Bocimi seksi 2 tetap berjalan.
Basuki didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, perwakilan dari PT Waskita Karya dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). (Sumber : Su/ibnu)
Food & Travel10 April 2024, 14:00 WIB

Sajian Lebaran! Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan, Kuahnya Gurih Banget

Bakso Sapi dengan kuah kaldu sangat cocok jadi sajian keluarga dan dinikmati bersama pada momen lebaran.
Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Sukabumi10 April 2024, 12:47 WIB

Salat Idul Fitri 1445 H di Palabuhanratu, Bupati Sukabumi Bicara Masukan Konstruktif

Bertindak sebagai Imam Salat Ied 1445 Hijriah yakni KH Useh Ahmad Achwasy, sedangkan Khatib, Unang Sudarma (Ketua Baznas Kab. Sukabumi).
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Wakil Bupati H Iyos Somantri beserta unsur Forkopimda Salat Idul Fitri 1445 Hijrah, di Alun-alun Palabuhanratu, Rabu, 10 April 2024 (Sumber: Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)
Aplikasi10 April 2024, 12:00 WIB

45 Link Twibbon Idul Fitri 2024, Cocok Dibagikan di Media Sosial untuk Rayakan Lebaran

Merayakan Idul Fitri dengan twibbon adalah cara yang kreatif dan menyenangkan untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan orang tercinta.
Dengan memilih dan menggunakan twibbon dengan tepat, Anda dapat menciptakan momen Idul Fitri yang tak terlupakan. (Sumber : twibbonize.com).
Life10 April 2024, 10:00 WIB

Jaga Komunikasi, Yuk Lakukan 10 Cara Ini Agar Lebih Dihargai Orang Lain!

Hindari berkata hal-hal yang merendahkan atau menyinggung orang lain. Gunakan bahasa tubuh yang positif dan sopan saat berkomunikasi, seperti senyum, tatapan mata, dan sikap terbuka agar lebih dihargai orang lain.
Ilustrasi - Menjaga Komunikasi Positif dengan Teman Sekitar Termasuk Salah Satu Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain!. (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)