Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Jumat 27 Desember 2019, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hidup sehat tergantung juga pada pola makan seimbang yang mengandung vitamin, lemak esensial, energi, protein, dan mineral. Kekurangan satu nutrisi saja berdampak negatif terhadap kesehatan, termasuk kekurangan vitamin D yang penting untuk membangun tubuh.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium untuk mendorong pertumbuhan tulang. Kekurangan vitamin D dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Kadar vitamin D lebih rendah dari 20 mg/ml mengindikasikan kekurangan.

Defisiensi vitamin D tidak menonjol. Namun, ada beberapa tanda yang ditunjukkan dari kekurangan vitamin D, dilansir Boxrox.

Sering sakit

Sistem kekebalan tubuh melindungi dari bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Vitamin D berinteraksi dengan sel-sel yang membangun sistem imun. Saat tubuh kekurangan vitamin D mempengaruhi kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit, seperti pilek dan flu, demam, alergi, asma, dan eksim. Ini hanya beberapa di antara lebih dari 80 penyakit yang disebabkan oleh masalah dengan fungsi kekebalan.

Kerap kelelahan

Kelelahan sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan. Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan kelelahan pada perempuan. Vitamin D meningkatkan tingkat energi dan menjaga aktivitas untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, bila mengalami kelelahan di tengah hari, Anda mungkin kekurangan vitamin D.

Kesehatan tulang yang buruk

Tanda lain yang mengindikasikan kadar vitamin D dalam darah itu rendah adalah kesehatan tulang yang buruk. Jumlah vitamin D yang tepat dalam diet membangun tubuh dan menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan kekurangan vitamin dapat meningkatkan kerusakan tulang dan menyebabkan sakit punggung. Kesehatan tulang dan lemak meningkatkan risiko patah tulang dan cedera lain. Oleh karena itu, Anda membutuhkan vitamin D yang cukup untuk membangun tulang dan otot yang sehat.

Rambut rontok

Kerusakan dan kerontokan rambut umumnya disebabkan oleh stres. Namun, ada faktor lain yang merusak rambut. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rambut rontok yang parah. Alopecia adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan kerontokan rambut yang parah. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan alopecia atau perempuan yang mengalami kerontokan memiliki kadar vitamin D yang rendah, yang dikaitkan dengan kerontokan rambut yang parah.

Penyembuhan luka yang lama

Tubuh memiliki mekanisme penyembuhan diri yang membantu memulihkan dan mengoptimalkan kesehatan. Namun, jika penyembuhan luka itu lambat, itu menunjukkan kekurangan vitamin D. Vitamin ini berperan penting dalam melawan infeksi, mengendalikan peradangan, dan memastikan penyembuhan yang tepat. Tingkat vitamin D yang tidak memadai dapat menyebabkan gangguan penyembuhan atau bahkan membahayakan proses penyembuhan selanjutnya.

Nyeri otot parah

Tidak mudah untuk menentukan apa yang menjadi penyebab nyeri otot, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu pertanda kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelemahan otot dan nyeri otot kronis pada orang dewasa dan anak-anak. Para ahli belum memiliki bukti substansial, tetapi mereka menyarankan untuk menabung vitamin D seiring berjalannya waktu karena ada hubungannya antara nyeri kronis di otot dan rendahnya kadar vitamin D dalam darah.

Hal-hal tersebut adalah gejala yang perlu diwaspadai untuk menentukan apakah Anda kekurangan vitamin D atau tidak. Tanda-tanda tersebut tidak terbukti pada awalnya dan sering sulit dikenali. Mulailah dengan menambahkan makanan kaya vitamin D dan seringlah terpapar sinar matahari untuk meningkatkan kadar vitamin D. Kekurangan vitamin D tidak mudah diperbaiki dan saat Anda mengembalikan kadar idealnya, ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 18:39 WIB

5 Partai Resmi Berkoalisi di Pilkada Sukabumi 2024: Optimis Rebut Kursi Bupati

Menghadapai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, 5 partai di Kabupaten Sukabumi resmi berkoalisi, yaitu PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP.
5 partai politik resmi berkoalisi di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi, Sabtu 04 Mei 2024 | Foto : Asep Awaludin
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production