Cegah Masalah Asam Urat, Hindari Makanan Berikut

Jumat 27 Desember 2019, 04:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gout adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan yang berkembang ketika kelebihan asam urat menumpuk dan membentuk kristal di sendi. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba, pembengkakan, peradangan pada sendi, dan sebagian besar mempengaruhi jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. Asam urat, terjadi karena produksi purin lebih, yang ditemukan dalam banyak makanan.

Serangan gout biasanya terjadi pada malam hari dan selama 3-10 hari. Salah satu hal yang dapat lakukan adalah mengurangi jumlah purin yang dimakan. Diet gout bertujuan membantu Anda mencapai berat badan yang sehat dan kebiasaan makan yang baik.

Dengan membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin, seperti daging organ, daging merah, makanan laut, alkohol dan bir, diet gout memandu Anda dalam mengonsumsi jenis makanan yang tepat, yang tidak hanya akan membantu mencegah timbulnya serangan ini tetapi juga menjalani gaya hidup sehat. Berikut jenis makanan yang harus dihindari saat menderita asam urat.

Daging merah dan jeroan

Semua daging jeroan seperti hati, ginjal, ampela, dan otak harus dihindari karena mengandung tinggi purin, yang dapat meningkatkan peradangan dan memicu serangan gout. Studi menunjukkan bahwa makanan purin tinggi ini adalah penyebab utama serangan pada individu dengan gout. Daftar ini juga termasuk daging kalkun, daging sapi muda, daging rusa, hati, ginjal sapi dan sebagainya.

Kerang

Salah satu jenis makanan utama yang harus dihindari adalah kerang, lobster, dan udang. Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi ikan teri, sarden, makarel, kerang, herring, kod, todak, dan hadok. Kandungan purin tinggi di dalamnya berbahaya bagi seseorang yang menderita asam urat.

Karbohidrat halus

Ini termasuk roti terigu, nasi putih, pasta, gula yang dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh, sehingga memicu serangan asam urat. Karbohidrat olahan mengandung kadar gula tinggi yang, menurut penelitian dikaitkan dengan obesitas, faktor risiko yang diketahui untuk gout.

Makanan beku

Makanan ringan, makanan beku harus dihindari ketika seseorang menderita asam urat. Studi menunjukkan bahwa makanan olahan adalah salah satu jenis yang paling berbahaya bagi penderita encok. Makanan ini dapat menyebabkan gout karena peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Minuman manis

Seperti disebutkan di atas, gula sangat berbahaya bagi tubuh ketika menderita asam urat. Kandungan gula dalam minuman ini dipecah oleh tubuh setelah dikonsumsi dan digunakan dalam melepaskan purin, penyebab utama serangan asam urat. Selain itu, kandungan fruktosa dalam minuman ini meningkatkan kadar asam dalam tubuh seseorang. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa minuman ringan bergula terkait dengan peningkatan risiko asam urat pada pria.

Alkohol

Seperti yang dinyatakan dalam penelitian, alkohol adalah sumber purin. Minum anggur, bir, dan minuman beralkohol lain telah dikaitkan dengan risiko asam urat sampai tingkat tertentu. Menurut sebuah penelitian, korelasi langsung antara konsumsi bir dan asam urat ditemukan, dengan jenis alkohol lain juga, mempengaruhi kondisi peradangan. Studi lain juga mendukung temuan tersebut dengan menyatakan bahwa anggur memang meningkatkan risiko serangan asam urat. Jadi, minum alkohol meningkatkan risiko asam urat. Jauhi minuman manis seperti soda dan jus buah. Anda juga mungkin perlu membatasi atau menghindari alkohol.

Bicarakan dengan dokter dan cari tahu diet yang paling cocok. Perlu dicatat bahwa diet sehat dapat membantu mengontrol berapa banyak asam urat dalam sistem. Anda mungkin masih memerlukan obat untuk mencegah serangan di masa depan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)