Semakin Solid, HAKLI Kabupaten Sukabumi Ucap Ikrar Janji Profesi Kesehatan Lingkungan

Sabtu 21 September 2019, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 95 orang anggota Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Sukabumi, mengikrarkan janji profesi kesehatan lingkungan dan workshop penertiban Kartu Tanda Anggota (KTA) HAKLI, di Hotel Sukabumi Indah. 

BACA JUGA: HAKLI: Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Sukabumi Belum Sadar Pengelolaan B3 

Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman mengatakan, penyampaian sumpah janji profesi ini tidak hanya di Dinas Kesehatan (Dinkes) saja, namun semua anggota HAKLI yang ada di lingkup pemerintah daerah. Pasalnya anggota HAKLI tersebar di sejumlah dinas.   

"Tujuannya untuk menertibkan anggota HAKLI, di mana salah satu persyaratan untuk mendapatkan KTA adalah sudah melaksanakan sumpah dan janji anggota. Sebenarnya ini yang belum saja, karena sebagian ada juga yang sudah ikut mengucap sumpah baik di provinsi maupun di kabupaten lainnya," katanya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (21/9/2019). 

 

Foto bersama anggota HAKLI usai mengikrarkan janji profesi kesehatan lingkungan dan workshop penertiban Kartu Tanda Anggota (KTA) HAKLI, di Hotel Sukabumi Indah// Foto: Garis NB

Selain anggota HAKLI Kabupaten Sukabumi, kata Ujang ada juga yang ikut dari luar Sukabumi. Dengan dilaksanakannya sumpah janji ini, lanjut dia, anggoat HAKLI semakin solid dan bisa meningkatkan kinerja terutama dalam penanganan permasalahan lingkungan. "Kita bersama-sama bagaimana bisa menciptakan lingkungan yang bersih sehat dan bisa menjamin hidup sehat bagi masyarakat," paparnya. 

Sementara itu, Ketua HAKLI Provinsi Jawa Barat Uus Sukmara menilai, sejauh ini HAKLI Kabupaten Sukabumi dalam pengelolaannya sudah sangat baik dibandingkan kota atau kabupaten lain. Artinya baik dalam memenuhi kewajiban dalam memenuhi hak-hak anggotanya.

"Saat ini pemerintah sedang membangun berbasis profesi dan dalam kalau berbicara profesi diwajibkan setiap anggota profesi itu punya STR (Surat Tanda Registrasi). SRT itu menunjukan bahwa dia memiliki kompetensi di bidangnya. Kemudian salah satu kewajiban anggota juga membacakan sumpah janji profesi," ucapnya.   

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Berharap Hakli Masuk Pesantren  

Ia berharap HAKLI Kabupaten Sukabumi agar lebih mempelajari dan melaksanakan peran fungsi HAKLI, sehingga fungsi profesinya betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat, karena HAKLI ini pembangunan kesehatan, berpikirnya kesehatan lingkungan agar masyarakat tidak sakit.

"Jadi bagaimana agar tanah, air, dan udara itu tidak berdampak terhadap masalah penyakit, tidak menimbulkan sakit upaya lebih ke prefentif, mempertahankan lingkungan," tandasnya. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Harun Ar Rasyid menambahkan, inti dari pembangunan kesehatan yang masuk dalam isu strategis itu salah satunya adalah bagaimana membangun sanitasi dasar di Kabupaten Sukabumi. Apalagi sanitasi di kabupaten belum mencapai target seperti yang diinginkan.

"Makanya sebagai garda terdepan HAKLI diharapkan dapat berkontribusi besar dalam pelaksanakana pembangunan kesehatan di Kabupaten Sukabumi, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya," singkatnya. 

Dalam kegiatan tersebut juga sejumlah anggota HAKLI diberikan penghargaan, pertama atas peran aktif dalam mendukung kegiatan kabupaten/kota sehat 2019, kemudian atas peran aktif dalam penanganan kejadian bencana di Kabupaten Sukabumi, lalu peran aktif dalam penanganan kejadian luar biasa keracunan makanan, dan reaksi cepat dalam penanganan peningkatan kasus diare. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 12:00 WIB

Nyaris Terguling Akibat Jalan Miring, Truk Minyak Goreng Terhenti di Parungkuda Sukabumi

Truk mengalami kendala dan menyebabkan badannya menutup sebagian jalan.
Truk minyak goreng yang terhenti di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, Kampung Cipanggulaan, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Bola08 Mei 2024, 12:00 WIB

Lupakan Statistik, Stefano Beltrame Optimis Persib Bandung Bisa Atasi Bali United

Stefano Beltrame yakin bahwa Persib akan mengatasi Bali United di Championship Series.
Stefano Beltrame yakin bahwa Persib akan mengatasi Bali United di Championship Series.(Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi08 Mei 2024, 11:44 WIB

Bidik Prestasi, Cara Dinsos Tangani Pengemis Pengamen dan Anak Jalan di Kota Sukabumi

Masalah anak dewasa ini menjadi makin mengkhawatirkan. Salah satunya anak korban eksploitasi ekonomi
Dinas Sosial Kota Sukabumi mencoba mengurai permasalah anak dengan sejumlah program inovatif, salah satunya Bidik Prestasi. (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Sehat08 Mei 2024, 11:30 WIB

7 Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Asam Urat, Hidup Lebih Sehat!

Penderita asam urat sangat disarankan untuk melakukan kardio secara rutin. Selain meredakan nyeri asam urat, kardio juga memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan jantung dan memperlancar sirkulasi darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Rekomendasi Olahraga untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik/@freepik)
Nasional08 Mei 2024, 11:26 WIB

Bappenas: Makan Siang Gratis Dijalankan Tahun Depan, Rp 20 Ribuan per Anak

Bujet anggaran ini lebih tinggi dibandingkan perkiraan pemerintah sebelumnya.
(Foto Ilustrasi) Bappenas memastikan program makan siang gratis akan mulai berjalan tahun 2025. | Foto: Pixabay
Life08 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Tanda Anak Stres Karena Kesepian Tanpa Sosok Orang Tua, Kamu Mengalaminya?

Jika Anda melihat tanda-tanda stres pada anak, penting untuk memberikan dukungan emosional, komunikasi terbuka, dan perhatian yang mereka butuhkan untuk mengatasi stres dan kesepian mereka.
Ilustrasi. Menyendiri. Anak yang stres karena kesepian tanpa kehadiran orang tua (Sumber : pixabay.com/@EsiGrunhagen)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 10:52 WIB

Lengkap! Syarat dan Cara Daftar PPK, PPS, KPPS, dan Pantarlih Pilkada 2024

Prosedur pendaftaran anggota PPK dan PPS dilakukan secara online.
(Foto Ilustrasi) KPU telah membuka pendaftaran badan ad hoc untuk Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sehat08 Mei 2024, 10:30 WIB

9 Makanan Tinggi Protein yang Bagus untuk Pertumbuhan Anak

Bagus untuk Pertumbuhan Anak, protein merupakan bahan bangunan utama bagi tubuh dan membantu dalam pembentukan jaringan, otot, dan organ.
Ilustrasi. Daging - Makanan Tinggi Protein yang Bagus untuk Pertumbuhan Anak (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Sukabumi08 Mei 2024, 10:14 WIB

Perumdam TJM Purabaya-Sagaranten Sukabumi Sosialisasikan Program Subsidi Mandiri

Program subsidi mandiri dimulai sejak Januari 2024 sehingga saat ini sudah berjalan.
Kepala Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten Tedy Sutady di kantornya. | Foto: Istimewa
Life08 Mei 2024, 10:00 WIB

Jangan Sedih, 10 Cara Agar Bisa Hidup Bahagia Meskipun Belum Punya Pasangan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk hidup bahagia meski belum punya pasangan.
Ilustrasi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk hidup bahagia meski belum punya pasangan. (Sumber : Freepik/pikisuperstar)