Selain dari Kedelai, Ini Alternatif Susu untuk Penderita Alergi

Jumat 19 April 2019, 22:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Susu sapi menjadi pilihan untuk memperoleh asupan kalsium dan protein. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, susu juga memberi rasa kenyang dan menghilangkan haus.

Sayangnya tak semua orang bisa meminum susu sapi. Sebagian orang mengalami intolerasi laktosa sehingga tidak dapat mencerna laktosa dari produk susu. Meski berbeda, intoleransi laktosa sering juga diartikan sebagai alergi susu sapi.

Bagi orang yang mengalami intoleransi laktosa bukan berarti tidak dapat memenuhi nutrisi seperti yang terdapat dalam susu sapi. Ada banyak alternatif yang bisa dikonsumsi.

1. Susu kedelai

Susu yang terbuat dari biji kedelai ini dianggap sebagai minuman sumber nutrisi terutama protein. “Secara keseluruhan, susu kedelai memiliki kandungan nutrisi yang paling mendekati susu sapi. Tapi, bagaimanapun susu nabati tetap tidak bisa menggantikan profil gizi yang ada di susu sapi,” kata seorang peneliti dari Kanada, Sai Kranthi Kumar Vanga.

Minuman ini dapat memenuhi kebutuhan Anda energi sepanjang hari. Susu kedelai juga diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan teman sejati orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Jika tak mau repot membuatnya sendiri, minuman ini tersedia secara luas di supermarket.

2. Susu almond

Dengan rasa yang manis, susu almond menjadi minuman lezat yang disukai banyak orang. Susu almond sempat populer sekitar dua atau tiga tahun lalu. Meski memiliki kandungan protein dan kalsium lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi dan susu kedelai, susu almond dapat memenuhi kebutuhan vitamin E.

3. Susu beras

Alternatif lain adalah susu beras. Minuman bebas lemak ini baik untuk orang yang sedang menjalani diet vegan dan bebas gluten. Susu ini mengandung karbohidrat, vitamin B12, vitamin B3, serta kalsium yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi. 

Anda dapat menggunakan susu beras untuk pengganti susu ketika membuat minuman. Sayangnya, kandungan kalsium dan protein susu beras tidak setinggi susu sapi, juga tidak disarankan untuk penderita diabetes. 

4. Susu gandum 
Segelas susu oat yang telah ditambahkan gula mengandung kalori sekitar 130 gram, 2.5 gram lemak, 4 gram protein, 1.9 gram serat, dan 19 gram gula. Susu ini bisa digunakan untuk membuat es krim dan smootie.

Kandungan nutrisi susu gandum memang tidak sekaya gandum utuh. Itu sebabnya, susu gandum yang dijual di pasaran sering diperkaya dengan vitamin, kalsium, kalium, dan zat besi. Keuntungannya, susu ini bebas alergen seperti pada susu lain, juga kaya betaglukan yang baik untuk kesehatan jantung.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 April 2024, 11:00 WIB

10 Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri

Inilah Beberapa Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri. Yuk, Coba Lakukan!
Ilustrasi -  Cara Sopan Mengingatkan Teman yang Tidak Tahu Diri (Sumber : pexels.com/@Askar Abayev)
Life29 April 2024, 10:59 WIB

Beri dengan Segera, 5 Cara Mengatur Sistem Hadiah untuk Anak Balita

Sistem penghargaan bergantung pada penguatan positif untuk mendorong perilaku yang baik. Berikut cara membuat sistem penghargaan untuk balita, anak prasekolah, dan anak usia sekolah.
Ilustrasi hadiah untuk balita. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
Life29 April 2024, 10:30 WIB

5 Cara Menjadi Orang yang Berhati Lembut Agar Bijak Menjalani Hidup

Memiliki hati lembut tentu diidamkan sebagian orang. Karena dengan berhati lembut tidak akan mudah grasak-grusuk, emosian dan marah-marah menyikapi sesuatu.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang berhati lembut. Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Sukabumi29 April 2024, 10:27 WIB

161 Penerima Beasiswa 1000 Anak Negeri 2024 Ikut Bimtek SCAU Universitas Nusa Putra

Program beasiswa 1000 anak Negeri merupakan persembahan Universitas Nusa Putra dalam memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi.
Penerima beasiswa 1000 Anak Negeri tahun 2024 Universitas Nusa Putra di ruang auditorium Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life29 April 2024, 10:10 WIB

5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

Banyak anak usia 1 tahun yang menggunakan giginya dibandingkan lidahnya. Berikut ini penyebab balita yang senang menggigit.
Ilustrasi balita menggigit. | Foto: Freepik
Gadget29 April 2024, 10:00 WIB

Begini Langkahnya, 8 Cara Mengatasi Laptop yang Sering Nge Freeze

ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze.
Ilustrasi - ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang nge freeze. (Sumber : Freepik.com/@KamranAydinov).
Life29 April 2024, 09:42 WIB

Ciptakan Rutinitas, Ini 7 Cara Ampuh Menenangkan Balita yang Rewel

Tertawa satu menit dan menangis di menit berikutnya? Pelajari cara menangani emosi balita Anda yang selalu berubah.
Ilustrasi menenangkan balita yang rewel. | Foto: Freepik
Sukabumi29 April 2024, 09:34 WIB

Pelajar SMPN Cibitung Butuh Perahu, Pergi Sekolah Lintasi Sungai Cikaso Sukabumi

Perahu yang selama ini digunakan pelajar dan guru sering mengalami masalah.
Perahu untuk pelajar dan guru di Sungai Cikaso, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Inspirasi29 April 2024, 09:31 WIB

6 Tanda Kamu Punya Bakat Jadi Pengusaha daripada Kerja Kantoran, Ini Buktinya

Bakat menjadi pengusaha sejatinya bisa dilihat dari kebiasaan, mentalitas dan mindset hariannya dalam menjalani hidup selama ini.
Ilustrasi. Tanda orang yang memiliki bakat jadi pengusaha. Sumber foto : Pexels/ Andrea Piacquadio
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)