7 Manfaat Durian bagi Kesehatan, Baik untuk Pasien Diabetes?

Minggu 03 Maret 2019, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Durian dijuluki sebagai raja buah. Bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi juga manfaatnya yang begitu banyak untuk kesehatan. Ini karena buah tropis ini memiliki banyak nutrisi yang membuat kebutuhan vitamin dan mineral tubuh bisa terpenuhi.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah durian.

1. Menjaga tekanan darah

Durian memiliki senyawa yang mengandung belerang seperti ethanethiol dan turunan disulfida serta kandungan gula yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Durian membantu menjaga tingkat tekanan darah karena adanya senyawa ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu sehat yang mengonsumsi buah durian memiliki tingkat tekanan darah yang stabil.

2. Menstabilkan gula darah

Durian punya kemampuan antidiabetik dengan adanya senyawa bioaktif dalam buah. Dalam sebuah studi kecil, durian telah terbukti meningkatkan homeostasis glukosa dengan mengubah sekresi insulin dan aksinya pada 10 pasien diabetes. Mereka mengonsumsi buah dan mengalami peningkatan kadar insulin yang signifikan sehingga gula darah lebih stabil.

3. Meningkatkan energi

Karena buah durian tinggi karbohidrat, mengonsumsinya akan membantu mengisi kembali tingkat energi yang hilang. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu untuk dicerna, memicu kontraksi otot yang memberi tubuh Anda energi yang tahan lama. Jadi, makan durian akan memberi Anda energi dan mengurangi kelelahan dan keletihan.

4. Membantu pencernaan

Buah ini merupakan sumber serat yang baik yang memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Sel-sel usus besar menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk membantu menjaga mereka tetap sehat. Serat juga menjaga saluran pencernaan Anda dengan menambahkan kotoran ke dalam tinja dan menjaga buang air besar tetap teratur.

5. Mengurangi rasa sakit

Ekstrak cangkang durian diketahui mengandung obat penghilang rasa sakit dan antibiotik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Southern Medical University", ekstrak kulit durian dapat membantu meredakan batuk karena sifat penghilang rasa sakit dan antibiotik.

6. Menginduksi tidur dan menurunkan depresi

Menurut "World Journal Of Pharmaceutical Research", durian mengandung tryptophan, asam amino. Ini adalah senyawa penginduksi tidur alami yang memetabolisasikan hormon melatonin dan serotonin. Melatonin terlibat dalam siklus tidur-bangun dan serotonin terlibat dalam mempromosikan tidur, suasana hati dan kognisi. Ini menurunkan risiko depresi dan stres.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Karena durian merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik, buah ini bekerja secara kolaboratif untuk membangun tulang. Untuk mendapat tulang yang sehat, jumlah yang tepat dari mineral ini diperlukan. Menurut "American Bone Health", 85 persen fosfor tubuh hadir dalam tulang sebagai kalsium fosfat.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi