9 Jenis Sarapan Ini Dinilai Buruk, Cek Kandungan Gizinya

Selasa 24 Juli 2018, 02:20 WIB

 

SUKABUMIUPDATE.com - Sarapan apa Anda hari ini? Serapan adalah makanan penting yang harus diasup semua orang untuk menjaga ketahanan tubuh sepanjang hari. Sarapan sehat, bisa memberikan energi yang tepat bagi tubuh dalam menjalankan aktivitas hingga waktu makan siang menjelang. Sarapan yang sehat merupakan kombinasi protein, serat, dan lemak sehat yang tepat.

Sayangnya, banyak orang yang cenderung memilih makanan salah saat sarapan, yang ternyata justru bisa membuat tubuh Anda tidak sehat. Bahkan, mungkin saja Anda tidak tahu apakah sarapan yang Anda konsumsi sudah sehat? Berikut makanan yang bisa buruk dikonsumsi saat sarapan menurut Boldsky.com

1. Sereal

Kebanyakan orang mengira sereal sarapan adalah pilihan bergizi untuk orang dewasa dan anak-anak. Banyak paket sereal mencantumkan mengandung biji-bijian. Tetapi, faktanya sereal diproses dan mengandung sebagian besar biji-bijian olahan dan gula tambahan. Selain itu, sereal sarapan tinggi karbohidrat dan rendah serat tidak akan membuat perut kenyang dan Anda akan lapar sebelum jam makan siang.

2. Sandwich
Banyak sandwich yang mengandung natrium, pengawet, dan lemak tidak sehat. Sandwich yang dilapisi dengan keju dan daging olahan seperti bacon dan sosis sangat tinggi lemak yang kurang baik untuk tubuh. Sebagai gantinya, cobalah sandwich dengan isian sayuran yang tentu saja sangat sehat bagi tubuh Anda.

3. Oatmeal campuran
Oatmeal yang dibeli di toko bisa jadi hanyalah sereal kotak yang terselubung. Rasa oatmeal dan pre-mixed adalah makanan yang paling buruk untuk dimakan di pagi hari karena mereka sangat kaya dengan gula. Selain itu, oatmeal campuran biasanya dibuat dengan oat instan, yang diproses tinggi dan rendah serat. Buatlah oatmeal sendiri dari bahan-bahan yang sehat seperti gandum yang disangrai.

4. Pancake Dan Waffles
Pancake dan wafel adalah pilihan populer untuk sarapan. Mereka dibuat dengan tepung, gula, telur dan susu tetapi keduanya terlihat berbeda dalam bentuk dan tekstur. Tapi apa yang membuat pancake dan wafel makanan terburuk untuk dimakan di pagi hari? Kedua makanan ini sangat tinggi dalam tepung halus dan atasnya dengan sirup pancake, yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi. Sirup jagung fruktosa tinggi dapat meningkatkan peradangan yang mendorong resistensi insulin yang akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

5. Yoghurt Rendah Lemak
Yogurt dengan buah-buahan terlihat sehat dari luar tetapi tidak ketika Anda mengkonsumsinya pada pagi hari. Makanan sarapan cepat ini dikemas dengan gula sederhana yang akan membakar tubuh Anda untuk energi dengan cepat, tetapi kurangnya lemak dalam yoghurt akan membuat Anda merasa lapar juga.

6. Kue kering
Kue kering, croissant dan donat tidak sehat untuk sarapan karena tidak mengandung banyak serat dan protein namun sarat dengan kalori dan gula. Hal tersebut, akan membuat Anda lebih cepat lapar sebelum waktu makan siang. Sebagai gantinya, konsumsi telur yang dipadankan dengan buah dan sayuran.

7. Smoothies
Beberapa smoothie mengandung susu, es, dan krim full-fat yang lebih menyerupai milkshake daripada smoothie. Pilihlah minuman smoothies buatan sendiri yang lebih sehat.

8. Muffin
Muffin memiliki reputasi sebagai makanan yang sehat, tetapi kebanyakan muffin biasanya adalah kue kecil yang menyamar. Muffin dibuat dengan minyak sayur, telur, gula dan tepung halus dan satu-satunya bahan yang sehat adalah telur. Mereka juga mengandung gula tambahan atau diisi dengan buah-buahan kering dan keping coklat yang tinggi kalori.

9. Granola Bar
Granola bar disebutkan tidak baik untuk 
sarapan karena mengandung banyak gula tambahan. Granola bar mengandung kombinasi gula, madu, dan sirup jagung. Ini dapat meningkatkan kadar insulin, peradangan dan gula darah Anda.

Sumber: Tempo

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich