Bagus untuk Jantung, Cokelat Juga Menyimpan Manfaat Lain

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tidak suka mengonsumsi cokelat? Baru-baru ini, peneliti mengungkapkan bahwa cokelat mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh sekaligus membuat yang mengonsumsinya lebih bahagia. Benarkah demikian? Mari kita cek satu per satu.

Mengandung lebih banyak antioksidan

Cokelat terbukti mengandung banyak antioksidan dibanding apel. Gram demi gramnya, cokelat batangan berwarna pekat, dimana rasa cokelatnya lebih terasa dan tidak mengandung susu atau dikenal dengan nama dark chocolate, mengandung lebih banyak antioksidan ketimbang buah apel, teh dan juga anggur merah. Antioksidan yang terkandung dalam biji cocoa terbukti mampu mengurangi tanda-tanda penuaan terutama pada wajah sekaligus mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Mengurangi stress

Berdasarkan penelitian yang dilakukan 2009 lalu, cokelat terbukti mampu mengurangi kecemasan seseorang. Mengonsumsi 40 gram cokelat sehari atau setara dengan 5 potong cokelat selama dua minggu dapat menekan hormon cortisol sebagai salah satu penyebab stres. Hormon cortisol atau dikenal juga dengan nama hormon adrenalin bekerja dengan meningkatkan kadar gula darah melalui sistem gluconeogenesis.

Cokelat mengandung beberapa senyawa bioaktif yang mampu meningkatkan anandamide atau lipid yang ditemukan dalam otak, berkaitan dengan reseptor THC dan menghasilkan efek yang mirip seperti terbang. Dengan kata lain saat seseorang mengonsumsi cokelat sebanyak 40 gram sehari secara rutin, anandamide di dalam otak akan menghasilkan perasaan senang.

Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

“Dark chocolate merupakan pilihan ideal bagi mereka yang menjalankan diet ketat.” ungkap Elizabeth Mostofsky, ScD, seorang peneliti epidemiologi. Kombinasi anti inflamasi dan antioksidan di dalam kepingan dark chocolate mampu meningkatkan aliran darah di arteri. Senyawa organik lainnya juga mencegah pemblokiran arteri sehingga mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Meningkatkan libido

Kandungan phenylethylamine di dalam cokelat mampu meningkatkan dopamine dalam tubuh. Domapine sendiri neurotransmitter dalam otak manusia yang berfungsi sebagai pengantar pesan atau rangsangan antar saraf. Dopamine tersebut akan memengaruhi otak sehingga Anda merasakan gairah seksual.

Meningkatkan kerja otak

Penelitan yang dilakukan 2014 lalu menunjukkan bahwa relawan yang diberi minum cokelat panas membuat mereka menghitung lebih akurat dan tidak mudah lelah dibanding dengan relawan yang tidak minum cokelat. Senyawa flavonols dalam cokelat terutama dark chocolate mampu meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan tubuh sehingga saat melakukan uji kognitif, partisipan menunjukkan kemampuan dalam menghitung dengan hasil lebih akurat.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang