Darah Tinggi: 10 Makanan Aman untuk Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari

Jumat 12 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami, apa yang Anda makan dapat memainkan peran penting. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts)

Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami, apa yang Anda makan dapat memainkan peran penting. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts)

SUKABUMIUPDATE.com - Apabil Anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), makanan yang Anda makan dapat berperan penting dalam membantu Anda mengelola kondisi tersebut.

Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko penyakit ginjal, stroke, dan serangan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Nah berikut ada beberapa makanan terbaik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan beberapa yang harus dihindari, dikutip dari verywellhealth.

1. Buah Beri

Antosianin, pigmen yang menghasilkan warna merah, biru, atau ungu, dapat membantu mencegah hipertensi. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi antosianin dalam jumlah tertinggi, sebagian besar dari blueberry dan stroberi, mengalami penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8%.

2. Jeruk

Flavonoid dalam buah jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan minum jus jeruk secara teratur dapat membantu mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi dini. Buah jeruk yang umum meliputi:

  • Jeruk bali
  • Jeruk lemon
  • Jeruk nipis
  • Jeruk
  • Jeruk keprok

3. Pisang

Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 226 miligram (mg) potasium. Kebanyakan pria dewasa membutuhkan 3.400 mg setiap hari, sedangkan kebanyakan wanita membutuhkan 2.600 mg.

4. Kiwi

Buah kiwi kaya akan zat bioaktif yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah studi menemukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang makan apel sehari.

5. Semangka

Semangka mengandung potasium, likopen, dan citrulline, yang semuanya meningkatkan kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini juga dapat membantu Anda merasa kenyang sambil menambahkan sedikit kalori.

6. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau mengandung nitrat tertinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke. Sayuran ini meliputi kubis, seledri , sejenis sawi dan bayam

7. Wortel

Wortel mengandung serat, potasium, beta-karoten, dan senyawa lain yang membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung.

8. Gandum

Oat mengandung beta-glukan dan komponen lain yang dapat membantu mencegah dan mengelola tekanan darah tinggi. Oat juga dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung lainnya seperti kolesterol tinggi dan trigliserida, serta diabetes.

7. Minyak Zaitun

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun, yang kaya akan asam oleat dan polifenol antioksidan , dapat membantu mengatur tekanan darah. Minyak zaitun juga tinggi lemak tak jenuh tunggal, yang membantu meningkatkan kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

8. Telur

Anda mungkin khawatir tentang makan telur karena satu telur goreng menyediakan 61% dari nilai harian (DV) kolesterol. Penelitian mengenai telur dan kesehatan jantung menunjukkan hasil yang bertentangan, beberapa penelitian menyatakan bahwa makan telur tidak mempengaruhi tekanan darah secara signifikan.

Telur padat nutrisi, dan diet DASH memasukkannya sebagai sumber protein tanpa lemak. Jika Anda menyukai telur, konsumsilah tidak lebih dari satu butir telur atau dua putih telur setiap hari.

9. Yogurt

Yogurt penuh dengan mikronutrien, termasuk potasium. Sebuah penelitian menemukan bahwa yogurt dalam jumlah kecil pun dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi yogurt memiliki pembacaan tekanan darah poin lebih rendah dibandingkan peserta yang tidak.

10. Coklat Hitam

Cokelat hitam kaya akan flavanol , yang membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah dan peradangan. Dan coklat hitam memiliki flavanol 2 hingga 3 kali lebih banyak dibandingkan coklat susu.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan kafein, makanan olahan, dan lainnya sebaiknya dihindari jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Garam

Makan banyak garam membuat Anda menahan cairan. Itu meningkatkan volume darah dan meningkatkan tekanan darah. Makan lebih sedikit garam dikaitkan dengan rendahnya tekanan darah dan morbiditas (menjadi tidak sehat) dan kematian akibat penyakit jantung.

Kafein

Jika Anda sudah menderita hipertensi, kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam jangka pendek. Dan bagi mereka yang menderita hipertensi berat, minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol, termasuk anggur merah, dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda memang peminum alkohol, batasi minum tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita.

Makanan yang Diproses

Karena garam merupakan bahan pengawet, makanan olahan seringkali mengandung banyak natrium. Ini mencakup banyak makanan deli, makanan cepat saji, makanan beku dan makanan kaleng, makanan yang sudah dicampur sebelumnya, dan makanan kemasan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 Mei 2024, 07:05 WIB

Ibu Muda di Sukabumi Ini Sudah Sepekan Hilang, Terakhir Bilang ke Suami Mau Tukar Cincin

Berikut kronologi hilangnya Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan sudah sepekan hilang.
Foto Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan hilang. (Sumber : Istimewa)
Life23 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Rutinitas Sehat Pagi Hari yang Biasa Dilakukan Orang Sukses

Dengan mengadopsi beberapa atau semua kebiasaan baik di pagi hari ini, Anda bisa memulai hari dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Pagi, Bisa Menurunkan Berat Badan (Sumber : Freepik)
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)