Darah Tinggi: 10 Makanan Aman untuk Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari

Jumat 12 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami, apa yang Anda makan dapat memainkan peran penting. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts)

Ilustrasi Yoghurt dan Parfait Buah - Untuk membantu menurunkan tekanan darah secara alami, apa yang Anda makan dapat memainkan peran penting. (Sumber : pexels.com/@Nicola Barts)

SUKABUMIUPDATE.com - Apabil Anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), makanan yang Anda makan dapat berperan penting dalam membantu Anda mengelola kondisi tersebut.

Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak arteri dan meningkatkan risiko penyakit ginjal, stroke, dan serangan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Nah berikut ada beberapa makanan terbaik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan beberapa yang harus dihindari, dikutip dari verywellhealth.

1. Buah Beri

Antosianin, pigmen yang menghasilkan warna merah, biru, atau ungu, dapat membantu mencegah hipertensi. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi antosianin dalam jumlah tertinggi, sebagian besar dari blueberry dan stroberi, mengalami penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8%.

2. Jeruk

Flavonoid dalam buah jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan minum jus jeruk secara teratur dapat membantu mengatur tekanan darah pada penderita hipertensi dini. Buah jeruk yang umum meliputi:

  • Jeruk bali
  • Jeruk lemon
  • Jeruk nipis
  • Jeruk
  • Jeruk keprok

3. Pisang

Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 226 miligram (mg) potasium. Kebanyakan pria dewasa membutuhkan 3.400 mg setiap hari, sedangkan kebanyakan wanita membutuhkan 2.600 mg.

4. Kiwi

Buah kiwi kaya akan zat bioaktif yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah studi menemukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang makan apel sehari.

5. Semangka

Semangka mengandung potasium, likopen, dan citrulline, yang semuanya meningkatkan kesehatan jantung dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini juga dapat membantu Anda merasa kenyang sambil menambahkan sedikit kalori.

6. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau mengandung nitrat tertinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke. Sayuran ini meliputi kubis, seledri , sejenis sawi dan bayam

7. Wortel

Wortel mengandung serat, potasium, beta-karoten, dan senyawa lain yang membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung.

8. Gandum

Oat mengandung beta-glukan dan komponen lain yang dapat membantu mencegah dan mengelola tekanan darah tinggi. Oat juga dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung lainnya seperti kolesterol tinggi dan trigliserida, serta diabetes.

7. Minyak Zaitun

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun, yang kaya akan asam oleat dan polifenol antioksidan , dapat membantu mengatur tekanan darah. Minyak zaitun juga tinggi lemak tak jenuh tunggal, yang membantu meningkatkan kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

8. Telur

Anda mungkin khawatir tentang makan telur karena satu telur goreng menyediakan 61% dari nilai harian (DV) kolesterol. Penelitian mengenai telur dan kesehatan jantung menunjukkan hasil yang bertentangan, beberapa penelitian menyatakan bahwa makan telur tidak mempengaruhi tekanan darah secara signifikan.

Telur padat nutrisi, dan diet DASH memasukkannya sebagai sumber protein tanpa lemak. Jika Anda menyukai telur, konsumsilah tidak lebih dari satu butir telur atau dua putih telur setiap hari.

9. Yogurt

Yogurt penuh dengan mikronutrien, termasuk potasium. Sebuah penelitian menemukan bahwa yogurt dalam jumlah kecil pun dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi yogurt memiliki pembacaan tekanan darah poin lebih rendah dibandingkan peserta yang tidak.

10. Coklat Hitam

Cokelat hitam kaya akan flavanol , yang membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah dan peradangan. Dan coklat hitam memiliki flavanol 2 hingga 3 kali lebih banyak dibandingkan coklat susu.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan kafein, makanan olahan, dan lainnya sebaiknya dihindari jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Garam

Makan banyak garam membuat Anda menahan cairan. Itu meningkatkan volume darah dan meningkatkan tekanan darah. Makan lebih sedikit garam dikaitkan dengan rendahnya tekanan darah dan morbiditas (menjadi tidak sehat) dan kematian akibat penyakit jantung.

Kafein

Jika Anda sudah menderita hipertensi, kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dalam jangka pendek. Dan bagi mereka yang menderita hipertensi berat, minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol, termasuk anggur merah, dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda memang peminum alkohol, batasi minum tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita.

Makanan yang Diproses

Karena garam merupakan bahan pengawet, makanan olahan seringkali mengandung banyak natrium. Ini mencakup banyak makanan deli, makanan cepat saji, makanan beku dan makanan kaleng, makanan yang sudah dicampur sebelumnya, dan makanan kemasan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Tidak Dihargai

Tantangan-tantangan hidup orang miskin sering kali saling terkait. Akhirnya dapat menciptakan lingkungan yang sulit bagi orang miskin untuk meraih kehidupan yang layak dan dihargai.
Ilustrasi. Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Dihargai (Sumber : pixabay.com/@Mario)
Sehat13 Mei 2024, 13:45 WIB

9 Manfaat Air Lemon, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Cocok Diminum Tiap Hari

Meminum air lemon setiap hari secara rutin ternyata cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi, apalagi kandungan di dalamnya juga memiliki manfaat lain untuk menyehatkan tubuh
Ada 9 manfaat dari air lemon untuk kesehatan tubuh, salah satunya turunkan kadar kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel13 Mei 2024, 13:30 WIB

Usia 0-3 Tahun, 4 Jenis Susu Formula untuk Anak yang Harus Diketahui Bunda

Susu formula adalah alternatif nutrisi yang dirancang khusus untuk memberikan nutrisi yang seimbang bagi anak-anak yang tidak dapat atau tidak mendapatkan ASI.
Ilustrasi. Memberikan Susu Formula untuk Anak (Sumber : Pexels/SarahChai)
Sukabumi13 Mei 2024, 13:20 WIB

Pemkot Sukabumi Rakor Bahas Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Komoditas Strategis

Rakor ini salah satunya membahas perkembangan inflasi nasional.
Pemkot Sukabumi mengikuti vidcon rakor mingguan Kemendagri pada Senin (13/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life13 Mei 2024, 13:15 WIB

Alami Kolesterol Tinggi? Lakukan 5 Cara Ini Agar Bisa Turun Secara Alami

Ternyata kolesterol tinggi bisa diturunkan secara alami dan membuat penderitanya tidak beresiko terkena penyakit kronis.
Jika alami kolesterol tinggi, maka lakukan cara sehat agar kolesterol turun dan lebih sehat. (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Sehat13 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ada beberapa ikan laut rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ada beberapa ikan laut rendah purin yang aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).
Sehat13 Mei 2024, 12:45 WIB

8 Minuman Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Kolesterol tinggi sangat bahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan berbagai penyakit. Untuk menurunkannya harus dengan berbagai cara, salah satunya bisa mencoba mengonsumsi minuman yang tepat
Ini dia 8 minuman yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : Freepik.com)
Sehat13 Mei 2024, 12:30 WIB

Inilah 3 Tanda Pada Tubuh Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Waspada dan Periksa!

Kolesterol tinggi merupakan penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Maka dari itu butuh penangan yang tepat. Untuk mengetahuinya pahami beberapa tanda di tubuh
Inilah tanda pada tubuh jika kadar kolesterol tinggi, kenali dan segera periksakan ke dokter. (Sumber : freepik.com)
Inspirasi13 Mei 2024, 12:22 WIB

Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi Berkolaborasi Garap Lahan Pertanian Berkelanjutan

Integrasi Pendidikan dan Pertanian antara Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi.
Integrasi Pendidikan dan Pertanian antara Sekolah Vokasi IPB University dan Petani Lokal Sukabumi. (Sumber : ipb.ac.id).
Sehat13 Mei 2024, 12:15 WIB

7 Minuman Herbal Penurun Kolesterol Tinggi Yang Wajib Dicoba, Biar Tetap Sehat

kolesterol tinggi harus diwaspadai agar terhindar berbagai penyakit, salah satunya adalah jantung koroner. Cara yang bisa dilakukan dengan mencoba mengkonsumsi minuman herbal
Turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan 7 minuman herbal untuk kesehatan (Sumber : freepik.com /freepik)