Berapa Kadar Asam Urat Normal dalam Darah? Simak Informasinya!

Jumat 22 Maret 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Berapa Kadar Asam Urat Normal dalam Darah? Simak Informasinya! (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Berapa Kadar Asam Urat Normal dalam Darah? Simak Informasinya! (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIIPDATE.com - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang menyebabkan serangan peradangan parah dan tiba-tiba.

Asam urat terjadi ketika terdapat terlalu banyak bahan kimia yang disebut urat dalam darah Anda (dikenal sebagai hiperurisemia). Hal ini menyebabkan kristal asam urat menumpuk di persendian Anda, menyebabkan nyeri asam urat. 

Tubuh memproduksi asam urat ketika memecah purin, zat yang secara alami ditemukan di tubuh Anda serta makanan tertentu. Meskipun pola makan itu sendiri tidak menyebabkan asam urat, makanan dan minuman tertentu dapat memicu serangan asam urat, seperti melansir creakyjoints.org.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Orang yang mengidap asam urat kemungkinan besar memiliki kecenderungan genetik yang dikombinasikan dengan faktor risiko atau kondisi lain –seperti penyakit ginjal atau diabetes– yang menyebabkan penumpukan asam urat di dalam tubuh.

Berapa Kadar Asam Urat Normal dalam Darah?

Mengacu pada nilai rujukan yang digunakan oleh Laboratorium Puskesmas Baros Kota Sukabumi, kadar asam urat normal dalam darah manusia berkisar antara 3,5 – 7,2 mg/dL untuk jenis kelamin laki laki.

Sementara itu, kadar asam urat normal dalam darah untuk perempuan antara 2,5 – 6,2 mg/dL. Terakhir, merujuk Kemenkes, kadar asam urat normal dalam darah untuk kelompok anak-anak adalah 2,0 – 5,5 mg/dL.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urin, seperti melansir Yankes Kemenkes. Namun pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Takut Pada Orang Tua

Gejala Asam Urat

Gejala Asam Urat biasanya mencapai puncaknya dalam 24 jam pertama setelah gejala tersebut muncul, seperti melansir verywellhealth.com.

Meskipun penyakit asam urat perlahan-lahan akan mulai membaik dan dalam banyak kasus tanpa pengobatan. Namun, tetap penting untuk menemui penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan diagnosis dan menghindari komplikasi.

Baca Juga: Kenapa Makanan Tinggi Purin Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik?

Tanda-tanda asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba dan parah, menyebabkan nyeri, kemerahan, dan bengkak pada sendi yang terkena, paling sering pada jempol kaki.

Serangan asam urat paling sering terjadi pada malam hari atau dini hari. Meskipun tingkat keparahan gejala asam urat dapat bervariasi, gejala ini cenderung berkembang secara bertahap dan memburuk seiring berjalannya waktu. 

Jika tidak diobati, serangan asam urat secara berulang dapat menyebabkan kelainan bentuk sendi dan keterbatasan gerak yang progresif.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 Juni 2024, 07:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

Kunci utama adalah menemukan rutinitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna (Sumber : Pexels/MikhailNilov)
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)