6 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Usia 50 Tahun: Tenis hingga Golf

Minggu 30 Juli 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Golf | Jenis Olahraga yang Cocok untuk Usia 50 Tahun (Sumber : pixabay.com/@MarkusSpiske)

Ilustrasi. Golf | Jenis Olahraga yang Cocok untuk Usia 50 Tahun (Sumber : pixabay.com/@MarkusSpiske)

SUKABUMIUPDATE.com - Olahraga dapat didefinisikan sebagai suatu aktivitas yang melibatkan tenaga fisik dan pikiran untuk melatih tubuh manusia. Olahraga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Apalagi di usia 50-an, olahraga menjadi salah satu kebutuhan yang harus dilakukan. Namun, tetap dalam batas aman atau tidak direkomendasikan melakukan olahraga olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban.

Di usia 50 tahun, tidak semua aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik karena ada potensi berbagai macam penyakit seperti diabetes, rematik, dan stroke. Padahal, aktivitas olahraga sangat penting untuk orang lanjut usia supaya tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Lantas, olahraga apa yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas? Melansir dari WebMD via Tempo.co, ada enam jenis olahraga yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas. Simak selengkapnya!

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Usia 50 Tahun ke Atas

1. Berenang

Berenang menjadi salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan untuk usia 50 tahun ke atas. Terlebih lagi jika Anda memiliki sendiri kolam renang di rumah maka akan lebih mudah melakukannya.

Berenang tidak akan memberikan beban berlebihan pada sendi sehingga resiko cedera akan semakin kecil.

Berenang juga memberikan manfaat untuk membangun otot dan tulang, detak jantung menjadi normal, menyehatkan tubuh, meningkatkan pola pikir dan membakar kalori. Selain itu Anda tidak perlu khawatir kepanasan karena suhu dingin di air.

2. Yoga

Yoga juga masuk dalam daftar olahraga yang cocok untuk usia 50 tahun. Olahraga ini dapat secara efektif membantu memperkuat otot, meregangkan otot, dan memperbaiki tulang.

Yoga dapat membantu menurunkan detak jantung dan tekanan darah, serta meredakan kecemasan dan depresi. Saat ini ada banyak kelas yoga yang dapat Anda temukan dengan mudah secara online dan sesuaikan lokasi yang dekat dengan Anda.

3. Tenis

Olahraga ini sedang disukai banyak orang. Bahkan salah satu YouTuber Indonesia mengadakan kompetisi tenis. Tenis adalah salah satu olahraga yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, yang dapat mengurangi risiko kematian.

Baca Juga: 7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Anda tidak harus melakukannya setiap hari, bermain tenis 1-2 kali seminggu dan Anda akan merasakan manfaat peningkatan stamina, peningkatan kolesterol baik dan tulang yang lebih kuat terutama di lengan, punggung bawah, dan leher.

4. Berjalan Kaki

Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang paling mudah dan murah dilakukan oleh lansia, aktivitas ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat jalan kaki antara lain membangun daya tahan tubuh, menguatkan otot tubuh bagian bawah dan melawan penyakit tulang seperti osteoporosis. Tidak harus berlama-lama, Anda cukup jalan-jalan santai sekitar 20 menit bersama teman atau sendirian di pagi atau sore hari.

5. Bersepeda

Bersepeda sangat baik untuk mengatasi persendian yang kaku atau nyeri. Bersepeda juga merupakan olahraga yang aman untuk usia 50 tahun karena tidak menopang berat badan.

Manfaat bersepeda adalah melancarkan aliran darah dan membentuk otot di bagian depan dan belakang kaki serta pinggul. Bersepeda juga melatih keseimbangan dan memperkuat tulang. Cukup bersepeda di sekitar rumah dan lakukan selama 10-30 menit saja.

6. Bermain Golf

Saat bermain golf maka akan melatih keseimbangan Anda dalam mengayunkan stik golf.

Selain itu Anda juga dilatih fokus untuk memukul bola golf. Tak hanya itu saja, bermain golf juga dipercaya mampu menghilangkan stress karena menghirup udara yang segar di pagi hari.

Baca Juga: Syair Cinta Abu Nawas untuk Sang Kekasih, Romantis Banget!

Itulah 6 olahraga yang cocok untuk usia 50 tahun ke atas. Tak perlu lama-lama dilakukan cukup 10 hingga 30 menit dan lakukanlah seminggu 2 hingga 3 kali.

Upaya menjaga kesehatan dengan olahraga dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar!

Sumber: Tempo.co | Dwi Lucy Susetiowati | WebMD

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)
Life28 April 2024, 15:30 WIB

9 Cara Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Anak Demi Keluarga Bahagia

Ingin meningkatkan hubungan Anda dengan anak sekaligus mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya? Menghabiskan waktu bersama mereka dapat melakukan hal-hal ini dan banyak lagi.
Ilustrasi. Keluarga bahagia. Tips menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Sumber : Freepik/@pressfoto
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)