7 Tips Minum Kopi Untuk Penderita Asam Lambung, Hindari Saat Perut Kosong

Senin 24 Juli 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi. Berikut beberapa tips minum kopi untuk penderita asam lambung agar tetap nyaman di perut | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Berikut beberapa tips minum kopi untuk penderita asam lambung agar tetap nyaman di perut | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kopi menjadi salah satu minuman yang disukai banyak orang tanpa memandang usia maupun gender. Namun, tidak bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung, kopi menjadi hal yang dihindari.

Melansir dari laman Halodoc, kandungan kafein pada kopi bisa mengakibatkan relaksasi cincin otot kerongkongan di bagian bawah. Hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung bisa naik kembali ke kerongkongan dan menjadi tanda utama penyakit GERD.

Lalu bagaimana jika penderita asam lambung tetap ingin menikmati kopi? Minum kopi bagi orang yang memiliki masalah dengan asam lambung memang perlu dilakukan dengan hati-hati.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips minum kopi agar tidak berbahaya untuk asam lambung.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Lebih Sehat Walau Pahit!

1. Kopi rendah asam

Pilih kopi yang memiliki kadar asam lebih rendah. Beberapa varietas kopi memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah daripada yang lain. Kafein memang dapat meningkatkan produksi asam lambung, tetapi asam klorogenat dalam kopi juga dapat mempengaruhi tingkat keasaman. Pilih biji kopi dengan profil rasa yang lebih halus, seperti kopi Arabika.

2. Hindari kopi saat perut kosong

Jika Anda memiliki masalah asam lambung, sebaiknya hindari minum kopi saat perut kosong. Minumlah kopi setelah makan atau bersamaan dengan makanan untuk mengurangi dampaknya pada lambung.

3. Kurangi jumlah kafei

Kafein merupakan salah satu penyebab peningkatan asam lambung. Jika Anda sensitif terhadap kafein, pilih kopi yang rendah kafein atau pertimbangkan untuk mengganti dengan kopi tanpa kafein.

Baca Juga: Mengenal Coffee Belt, Wilayah Dimana Kopi Tumbuh Subur

4. Hindari bahan yang merangsang asam lambung

Hindari menambahkan bahan-bahan seperti susu tinggi lemak, krim, atau gula berlebih ke dalam kopi Anda. Bahan-bahan tersebut dapat memicu peningkatan produksi asam lambung.

5. Batasi konsumsi

Anda tidak perlu menghindari kopi sepenuhnya, tetapi batasilah konsumsi kopi Anda. Dengan mengurangi frekuensi dan jumlah kopi yang Anda minum, Anda dapat membantu mengurangi potensi gangguan pada asam lambung.

6. Perhatikan tanda sensitivitas

Setiap orang memiliki respons yang berbeda terhadap kopi. Perhatikan reaksi tubuh Anda setelah minum kopi. Jika Anda merasa terganggu oleh gejala-gejala asam lambung, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi kopi.

Baca Juga: Mengenal Kopi Wine, Minuman yang Banyak Diperbincangkan, Halalkah?

7. Konsultasikan dengan dokter

Jika Anda memiliki masalah serius dengan asam lambung atau masalah pencernaan lainnya, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Mereka dapat memberikan saran dan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kopi dan zat-zat tertentu. Jika Anda merasa bahwa kopi menyebabkan masalah pada asam lambung Anda, pertimbangkan untuk mencari alternatif minuman lain seperti teh herbal atau teh hijau, yang memiliki kadar kafein yang lebih rendah dan kurang merangsang produksi asam lambung.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini
Nasional30 November 2023, 10:21 WIB

NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik

H. Ayep Zaki, Dewan pengarah NADIASA sekaligus pendiri lembaga Doa Bangsa, mengapresiasi Rumah Wakaf Indonesia dengan Workshop Waqf Academy, yang mana kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf ini guna mewujudkan Kemaslahan Publik.
NADIASA Dukung Kolaborasi Lintas Nazhir Wakaf Wujudkan Kemaslahatan Publik (Sumber : Istimewa)
Entertainment30 November 2023, 10:03 WIB

Ariel Tatum hingga Happy Salma ke Selabintana Sukabumi, Catat Waktunya!

Acara seni Sukabumi 1980 bakal dihadiri sejumlah artis papan atas, diantaranya Ariel Tatum, Happy Salma, Donna Agnesia hingga Dewi Gita.
Acara Sukabumi 1980 yang diselenggarakan di Salabintana bakal dihadiri artis Ariel Tatum, Happy Salma, Dewi Gita hingga Donna Agnesia | Foto: Instagram/@infotitimangsa
Life30 November 2023, 10:00 WIB

Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim!

Tak Hanya Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ciri Orang dzolim bahkan menjadikan orang lain kambing hitam demi melakukan pencitraan. Toxic!
Ilustrasi. Suka Mengambil Hak Orang Lain, Ini 10 Ciri-Ciri Dzolim! | Sumber: Freepik.com (peoplecreations)
Cek Fakta30 November 2023, 09:50 WIB

PLN Sebut Hoaks, Kabar akan Mati Listrik 18 Jam Sehari di Bogor dan Sukabumi

Kabar hoaks ini juga mencantumkan jadwal pemadaman bergilir.
Tangkapan layar kabar hoaks rencana pemadaman listrik di wilayah Bogor dan Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat30 November 2023, 09:00 WIB

Dagingnya Putih dan Empuk, Inilah 5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan

Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil.
Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : pexels.com/@Jefry Surianto).
Life30 November 2023, 08:58 WIB

8 Tips Orang Tua Bantu Kecemasan Situasional pada Anak, Yuk Terapkan

Merasa cemas dalam situasi tertentu adalah hal yang wajar, dan bisa juga berhubungan dengan kecemasan situasional.
Ilustrasi orang tua membantu kecemasan situasional pada anak. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockProject
Nasional30 November 2023, 08:43 WIB

Di Hadapan Jokowi, Dirut PLN Paparkan Pengembangan Hydropower di Tanah Air

PLN di bawah arahan Kementerian ESDM tengah menyiapkan strategi Accelerated Renewable Energy Development (ARED) yang mampu meningkatkan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan hingga 75% pada tahun 2040.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat mengunjungi booth PT PLN (Persero) dalam rangkaian World Hydropower Congress (WHC) 2023 di Nusa Dua Bali pada Selasa (31/10). | Foto: PLN
Kecantikan30 November 2023, 08:30 WIB

10 Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif

Masker wajah dengan bahan dasar timun (cucumber) dapat memberikan beberapa manfaat bagi kulit. Timun memiliki kandungan air yang tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan kulit sensitif.
Ilustrasi. Manfaat Masker Cucumber untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif (Sumber : Freepik/@drobotdean)
Life30 November 2023, 07:00 WIB

8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Jujur atau Tidak?

Cara mengetahui karakter seseorang dari uang ini bisa disimak dengan baik. Meskipun sebenarnya, uang hanya satu diantara banyak aspek dari kehidupan dan tidak dapat memberikan gambaran lengkap tentang karakter seseorang.
Ilustrasi. Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Uang, Perhatikan Sikapnya (Sumber : Freepik/@drobotdean)
Life30 November 2023, 06:30 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita Saat Menyimpan Rasa Pada Pria, Mendadak Beda!

Saat wanita menyimpan rasa pada pria mereka akan menunjukan bahasa tubuh yang tak biasa mulai dari tatapan mata hingga gaya bicara
Ilustrasi - Saat wanita menyimpan rasa pada pria mereka akan menunjukan bahasa tubuh yang tak biasa mulai dari tatapan mata hingga gaya bicara (Sumber : Freepik/freepik)