Kenali Gejala dan Dampak Duck Syndrome, Kesepian dan Sering Khawatir!

Kamis 13 Juli 2023, 15:30 WIB
Kenali Gejala dan Dampak Duck Syndrome, Kesepian dan Sering Khawatir! (Sumber : Instagram/@hadishahi_)

Kenali Gejala dan Dampak Duck Syndrome, Kesepian dan Sering Khawatir! (Sumber : Instagram/@hadishahi_)

SUKABUMIUPDATE.com - Istilah Duck Syndrome muncul karena terinspirasi dari perilaku bebek yang tampak tenang di permukaan air, tetapi justru mereka bergerak dengan sangat aktif di bawah air.

Istilah "Duck Syndrome", diperkirakan muncul pertama kali di Universitas Stanford (sindrom bebek terkadang disebut juga sindrom bebek Stanford).

Duck Syndrome atau Sindrom Bebek, adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena psikologis ketika seseorang tampak tenang dan terlihat baik-baik saja. Padahal faktanya, mereka sedang mengalami tekanan atau stres yang signifikan di dalam diri mereka.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

Lantas, apa saja Gejala atau tanda seseorang mengalami Duck Syndrome? Dan Apa Dampak Duck Syndrome? Simak informasinya berikut ini!

Gejala Duck Syndrome

Melansir betterhelp.com, dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), Sindrom Bebek bukan merupakan diagnosis klinis. Namun, Duck Syndrome terkait dengan tanda dan gejala umum yang mirip dengan gejala stres, diantaranya:

  • Merasa kewalahan dan di luar kendali
  • Kesulitan bersantai
  • Rendah diri
  • Perasaan kesepian dan terisolasi
  • Gugup

Selain itu ada juga gejala fisik Duck Syndrome, termasuk energi yang rendah, sulit tidur, ketegangan otot, gigi terkatup, mual hingga mulut kering. Kemudian Gejala kognitif Duck Syndrome juga bisa berupa kekhawatiran terus-menerus, pelupa, pikiran berpacu, kesulitan fokus dan penilaian yang buruk terhadap sesuatu.

Orang dengan Duck Syndrome cenderung mengalami perubahan perilaku, seperti perubahan nafsu makan, penundaan, peningkatan penggunaan zat seperti alkohol atau obat-obatan, atau perilaku gugup seperti gelisah atau menggigit kuku.

Dampak Duck Syndrome

Duck Syndrome sendiri tidak dianggap sebagai suatu kondisi yang berbahaya dalam arti medis. Ini lebih merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengalaman tekanan atau stres yang dialami seseorang di balik citra yang terlihat baik-baik saja.

Namun, dampak Duck Syndrome pada kesejahteraan mental dan emosional seseorang dapat bervariasi. Jika seseorang terus-menerus merasakan tekanan yang tinggi, maka dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka sekaligus meningkatkan resiko masalah seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur, atau penurunan kualitas hidup secara keseluruhan.

Selain itu, Duck Syndrome juga dapat menyebabkan masalah lain seperti kelelahan, burnout, atau penurunan motivasi dalam jangka panjang jika seseorang terus berusaha mempertahankan citra yang sempurna di permukaan.

Baca Juga: 5 Mitos Batu Hitam di Dunia, Ada Misteri Sekitar Stadion Suryakencana Sukabumi!

Maka, penting untuk mengakui dan memahami tekanan yang dihadapi oleh seseorang dan memberikan perhatian pada kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami Duck Syndrome atau tekanan signifikan, disarankan untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental yang dapat memberikan bantuan, nasihat hingga terapi.

Penting juga memiliki ruang untuk berbicara tentang stres dan belajar strategi untuk mengatasi tekanan dapat membantu mengurangi dampak negatif yang mungkin timbul.

Sumber: betterhelp.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)