Apakah Penyakit Alzheimer Bisa Diturunkan dari Keluarga? Simak Penjelasannya!

Kamis 13 Juli 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi. Apakah Penyakit Alzheimer Bisa Diturunkan dari Keluarga? Simak Penjelasannya! (Sumber : pixabay.com/@DeanMoriarty)

Ilustrasi. Apakah Penyakit Alzheimer Bisa Diturunkan dari Keluarga? Simak Penjelasannya! (Sumber : pixabay.com/@DeanMoriarty)

SUKABUMIUPDATE.com -Penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan kemampuan berbicara. Penyakit ini terjadi akibat kekacauan protein abnormal yang mengganggu kinerja sel saraf di otak.

Bahkan, Alzheimer dalam jangka panjang, otak akan kehilangan beragam fungsi, mulai dari cara mengontrol pikiran, memori hingga bahasa. Dewasa ini, masyarakat semakin gencar mempertanyakan pengaruh faktor genetik terhadap Alzheimer.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

Lantas, apakah Penyakit Alzheimer bisa diwariskan oleh keluarga? Simak penjelasannya sebagaima dirangkum dari berbagai sumber via Tempo.co!

Hubungan Penyakit Alzheimer dan Faktor Genetik

Menurut Mayo Clinic, gen paling umum yang terkait dengan penyakit Alzheimer late-onset adalah apolipoprotein E (APOE).

"Satu salinan gen APOE berasal dari ibu dan satu lagi dari ayah. Memiliki setidaknya satu gen APOE e4 menggandakan atau tiga kali lipat risiko terkena penyakit Alzheimer. Beberapa orang memiliki dua gen APOE e4, satu dari setiap orang tua. Memiliki dua gen meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer bahkan lebih, sekitar delapan hingga dua belas kali lipat," dikutip Kamis (13/7/2023).

Mengutip Times of India, gen seperti ABCA7, CLU, CR1, PICALM, PLD3, TREM2 dan SORL1 juga dikatakan terkait dengan timbulnya penyakit Alzheimer. Misalnya, gen CLU membantu otak membuang amiloid beta.

Penelitian telah menemukan bahwa ketidakseimbangan dalam hal ini menyebabkan timbulnya penyakit Alzheimer.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Pasangan Jatuh Cinta Berkali-kali, Ajak Kencan Berdua!

Menurut studi tahun 2011 yang diterbitkan di American Academy of Neurology, kemungkinan mewarisinya dari pihak ibu lebih tinggi daripada dari pihak ayah.

“Diperkirakan bahwa orang yang memiliki kerabat tingkat pertama dengan penyakit Alzheimer empat hingga 10 kali lebih mungkin mengembangkan penyakit itu sendiri dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat keluarga,” kata penulis studi tersebut, Robyn Honea dari University of Kansas School of Medicine.

Menurut Alzheimer's Society UK, sebagian besar kasus Alzheimer tidak diwariskan. Dikatakan bahwa usia tetap menjadi faktor risiko terbesar untuk timbulnya penyakit Alzheimer karena banyak yang mendapatkannya di akhir usia 70-an dan 80-an.

"Faktor risiko paling penting untuk penyakit Alzheimer adalah usia. Karena penyakit Alzheimer sangat umum pada orang berusia akhir 70-an dan 80-an, memiliki orang tua atau kakek nenek dengan penyakit Alzheimer pada usia ini tidak mengubah risiko Anda dibandingkan populasi lainnya. Jika seseorang telah mengembangkan penyakit Alzheimer pada usia lebih dini (misalnya, kurang dari 60 tahun), ada kemungkinan lebih besar bahwa itu adalah jenis penyakit Alzheimer yang dapat diturunkan," kata mereka.

Baca Juga: 25 Quotes Motivasi Bahasa Inggris dan Artinya, Kata-Kata Bijak Tokoh Terkenal

Namun, penyakit Alzheimer young-onset yang dimulai sebelum usia 60 tahun kemungkinan besar disebabkan oleh gen rusak yang diturunkan ke anak-anak. Penyakit Huntington dan penyakit Familial Prion adalah jenis demensia langka yang disebabkan oleh satu gen yang rusak.

Tanda-tanda awal penyakit Alzheimer diantaranya melupakan hal-hal yang baru dialami, tidak dapat mengingat hal-hal yang telah disimpan di memori, melupakan rute atau arah, sering bingung, lupa waktu, tidak dapat menyelesaikan masalah kecil.

Kemudian orang dengan penyakit Alzheimer juga kerap memiliki masalah dalam melakukan tugas yang biasa, tidak dapat menilai jarak, merasa cemas tanpa alasan hingga mengalami perubahan kepribadian.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik