Ahli Gizi Sebutkan 4 Makanan Terbaik untuk Penderita Radang Tenggorokan

Kamis 26 Mei 2022, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Radang tenggorokan merupakan sebuah kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pilek, alergi, bahkan bisa karena Anda terlalu banyak berteriak.

Kondisi ini menyebabkan tenggorokan terasa gatal, nyeri saat menelan, dan sulit berbicara dengan lancar. 

Radang juga menyebabkan sulit makan dan minum, yang  justru diperlukan saat sakit untuk membantu sembuh dari virus, bakteri, atau alergi.

Ada beberapa makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat menderita radang tenggorokan. Menurut ahli gizi dan penulis buku Finally Full, Finally Slim dan The Portion Teller Plan, Lisa Young, makanan ini nyaman di tenggorokan, tapi tidak mengiritasi. 

Simak daftar yang diberikan Young, seperti dilansir oleh tempo.co dari eatthis.com.

Baca Juga :

1. Oatmeal 

photoIlustrasi Oatmeal - (Freepik)</span

"Makanan yang memiliki tekstur lembut dan mudah ditelan adalah pilihan terbaik," kata Young. "Makanan ini juga dapat membatasi iritasi pada tenggorokan."

Oatmeal tidak hanya lunak, tetapi juga menyediakan banyak nutrisi sehingga orang yang sakit akan tetap sehat selama masa penyembuhan. 

Makanan ini membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan energy sehingga bisa melakukan aktivitas harian meski sedang sakit. Makanan ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjadi sumber serat yang bagus.

2. Yogurt

photoIlustrasi Yogurt - (Freepik)</span

Yogurt juga merupakan makanan bertekstur lembut lainnya yang mudah ditelan saat sedang mengalami sakit tenggorokan. 

Yogurt mengandung nutrisi untuk membantu menjaga tubuh tetap sehat saat berurusan dengan apa pun yang menyebabkan sakit tenggorokan.

“Yogurt mengandung kalsium dan protein,” kata Young.

Yogurt juga mengandung probiotik yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Probiotik ini dikenal untuk membantu menyeimbangkan mikrobioma usus dan dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Korean Journal of Family Medicine bahkan menyatakan bahwa probiotik dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, berpotensi membantu mencegah masuk angin.

3. Kaldu Ayam

photoIlustrasi Kaldu Ayam - (Freepik)</span

"Makanan hangat juga bisa membantu menenangkan tenggorokan," kata Young. 

"Kaldu ayam adalah makanan yang sempurna untuk membantu mengatasi hal ini dan dapat membantu mengurangi iritasi."

Young mengatakan bahwa kaldu ayam juga sangat menghidrasi. Ini karena mengandung jumlah natrium yang cukup tinggi, menjadikannya cara alami untuk membantu mengisi kembali elektrolit tubuh. 

Ini bagus jika sakit tenggorokan lelah dengan flu, pilek, atau apa pun yang menyebabkan tubuh Anda kehilangan banyak air dan elektrolit alami.

4. Es loli

photoIlustrasi Es loli - (Freepik)</span

"Es loli juga merupakan pilihan yang baik karena menghidrasi dan sangat menenangkan tenggorokan," kata Young.

Menurut Medical News Today, es loli membantu menurunkan suhu ujung saraf di tenggorokan. Ini membantu mengurangi sinyal rasa sakit saat mengalami radang tenggorokan. Es loli juga mengaktifkan reseptor sementara, Melastatin 8, yang menghasilkan pereda nyeri.

Baca Juga :

Ahli Gizi Ungkap Fakta Khasiat Minum Air Lemon di Pagi Hari

SOURCE: TEMPO.CO | EATTHIS.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa