15 Penyebab Tanah Longsor yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Curah Hujan Tinggi

Rabu 24 Januari 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi - Tanah longsor dapat menimbulkan berbagai kerugian, seperti kerusakan infrastruktur, kerugian materi, dan korban jiwa. (Sumber : Pixabay.com/@Sandid.)

Ilustrasi - Tanah longsor dapat menimbulkan berbagai kerugian, seperti kerusakan infrastruktur, kerugian materi, dan korban jiwa. (Sumber : Pixabay.com/@Sandid.)

SUKABUMIUPDATE.com - Tanah longsor adalah perpindahan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng tersebut.

Secara umum, kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.

Seperti yang terjadi baru-baru ini tanah longsor menerjang Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu pagi (24/1/2024). Rekaman video detik-detik bencana tersebut beredar cepat di media sosial dan WhatsApp.

Baca Juga: Longsor di Cibadak Sukabumi, Sejumlah Rumah Dilaporkan Tertimbun

Dalam video itu terlihat sejumlah rumah tertimbun material longsor yang bergerak secara perlahan. Berdasarkan informasi sementara yang berhasil dihimpun, lokasi longsor ini tepatnya berada di Kampung Cibatu Hilir RW 11 Desa Sekarwangi.

Penting untuk diketahui tanah longsor dapat menimbulkan berbagai kerugian, baik materi maupun non-materi. Sebagai informasi, ada beberapa penyebab tanah longsor yang terjadi, berikut diantaranya yang disadur dari bpbd.bogorkab.

1. Aktivitas Gunung Berapi

Aktivitas gunung berapi dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara meletuskan material vulkanik, seperti abu vulkanik, pasir, dan kerikil. Material-material tersebut dapat menutupi tanah dan membuatnya menjadi tidak stabil. Selain itu, letusan gunung berapi juga dapat menyebabkan gempa bumi, yang juga dapat memicu tanah longsor.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Sulit Sukses dalam Hidupnya, Apa Kamu Salah Satunya?

2. Curah Hujan Tinggi

Curah hujan tinggi dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara membasahi tanah dan membuatnya menjadi lebih berat. Pasalnya, pada musim kemarau yang panjang, tanah akan mengering dan membentuk rongga pecah seperti pori-pori.

Lalu saat musim penghujan tiba, air akan masuk dan tanah yang lebih berat akan lebih mudah tergelincir. Selain itu, curah hujan tinggi juga dapat menyebabkan erosi, yang dapat memperburuk kondisi lereng dan membuatnya menjadi lebih rentan terhadap tanah longsor.

3. Erosi

Erosi adalah proses pengikisan tanah oleh air hujan, sungai, atau gelombang laut. Erosi dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara membuat tanah menjadi lebih tipis dan kurang stabil. Selain itu, erosi juga dapat menyebabkan terbentuknya lubang-lubang di tanah, yang dapat menjadi titik lemah yang dapat menyebabkan tanah longsor.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Tidak Akan Mendapatkan Ketenangan Selama Hidupnya

Erosi biasanya menggerus lereng-lereng yang membuat bertambah curam dan menjadi penyebab longsor. Ditambah, tebing yang kekurangan pohon atau tidak memiliki penahan akan lebih mudah terkikis dan menyebabkan erosi.

4. Gempa Bumi

Gempa bumi dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara mengguncang tanah dan menyebabkannya tergelincir. Gempa bumi yang kuat dapat menyebabkan tanah longsor yang sangat besar dan merusak.

5. Lereng Terjal

Lereng yang terjal lebih rentan terhadap tanah longsor daripada lereng yang landai. Hal ini karena lereng yang terjal memiliki gaya gravitasi yang lebih besar, sehingga tanahnya lebih mudah terkikis.

Baca Juga: 10 Sifat yang Membuat Orang Sulit untuk Hidup Bahagia, Apa Saja?

6. Getaran

Getaran yang dihasilkan oleh lalu lintas, pembangunan, atau aktivitas industri dapat menyebabkan tanah longsor. Getaran dapat melemahkan tanah dan membuatnya menjadi lebih rentan terhadap tanah longsor.

7. Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara menghilangkan akar-akar pohon yang membantu menahan tanah. Selain itu, penggundulan pohon-pohon terutama di area lereng dan tebing dapat menyebabkan erosi, yang dapat memperburuk kondisi lereng dan membuatnya menjadi lebih rentan terhadap tanah longsor.

8. Penataan Pertanian yang Salah

Penataan pertanian yang salah, seperti keberadaan lahan yang tidak sesuai, dapat menyebabkan tanah longsor. Lahan pertanian dan perkebunan yang tidak sesuai dapat menyebabkan air hujan menggenang dan mengikis tanah, yang dapat memperburuk kondisi lereng dan membuatnya menjadi lebih rentan terhadap tanah longsor.

Baca Juga: 11 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Agar Tidak Stres Serta Mudah Marah

Pasalnya, tanaman pertanian dan perkebunan memiliki akar yang kecil sehingga tidak cukup kuat untuk menjaga struktur tanah tetap stabil.

9. Lapuknya Bebatuan

Lapuknya bebatuan dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara mengurangi kekuatan tanah. Bebatuan di lereng seperti halnya batu endapan dari gunung berapi atau sejenis batuan sedimen kecil, yang bersifat lapuk dan mudah hancur menjadi tanah. Ini kemudian dapat menyebabkan longsor.

10. Kepadatan Tanah Kurang

Kepadatan tanah yang kurang juga dapat menyebabkan tanah longsor. Tanah yang kurang padat akan lebih mudah tergelincir. Contohnya karakteristik tanah yang mudah pecah saat musim panas dan lembek ketika musim hujan.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Kepribadian Spesial Orang yang Suka Menyendiri

11. Tumpukan Sampah

Tumpukan sampah dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara mengurangi kekuatan tanah. Sampah yang tidak dibuang dengan benar dapat menutupi tanah dan membuatnya menjadi tidak stabil.

Sampah yang tidak diolah dan dibiarkan menggunung akan berisiko terjadi longsor karena tekanan dan air hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

12. Susutnya Bendungan

Susutnya bendungan dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara menghilangkan tekanan air yang membantu menahan tanah. Tekanan air yang berkurang dapat menyebabkan tanah menjadi lebih mudah tergelincir dan longsor.

Baca Juga: 12 Ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Ketenangan dan Kebahagian Hingga Tua

13. Beban Berlebihan Pada Suatu Area

Beban berlebihan pada suatu area, seperti pembangunan gedung atau jalan, dapat menyebabkan tanah longsor. Beban yang berlebihan dapat menyebabkan tanah menjadi lebih mudah tergelincir.

Semisal di sekitar lereng terdapat rumah atau pemukiman penduduk yang dilewati kendaraan lalu lalang, apabila beban tersebut terlampau berat, maka menyebabkan tanah longsor.

14. Pertambangan

Pertambangan dapat menyebabkan tanah longsor dengan cara menghilangkan batuan yang menahan tanah. Batuan yang hilang dapat menyebabkan tanah menjadi lebih mudah tergelincir.

Baca Juga: 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Agar Tidak Stres Saat Belum Dapat Kerja

15. Kebocoran Air

Kebocoran air dari saluran air atau pipa dapat menyebabkan tanah longsor. Kebocoran air dapat menyebabkan tanah menjadi lebih lembek dan mudah tergelincir.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin