8 Fenomena Astronomi Bulan Agustus, Ada Hujan Meteor dan Supermoon

Selasa 01 Agustus 2023, 16:45 WIB
Ilustrasi. Inilah beberapa fenomena astronomi yang akan terjadi di bulan Agustus termasuk Supermoon dan hujan meteor (Sumber : TH Tech)

Ilustrasi. Inilah beberapa fenomena astronomi yang akan terjadi di bulan Agustus termasuk Supermoon dan hujan meteor (Sumber : TH Tech)

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Agustus akan diwarnai oleh beberapa fenomena astronomi. Fenomena-fenomena tersebut sebagian bisa diamati di langit dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat bantu seperti teleskop.

Salah satu fenomena yang menarik yaitu Supermoon dimana bulan purnama akan tampak lebih besar dari biasanya. Hal tersebut terjadi lantaran posisi bulan sedang dalam jarak terdekatnya dengan planet Bumi.

Selain itu, ada juga fenomena hujan meteor Perseid yang akan mencapai puncaknya pada 13 Agustus 2023. Berikut beberapa fenomena astronomi yang akan terjadi di bulan Agustus dikutip dari laman Langit Selatan.

Baca Juga: Doa Melihat Langit, Baca Ketika Puncak Hujan Meteor Piscis Austrinid

1. Supermoon (Bulan Purnama)

Saat fenomena ini terjadi akan menjadi kesempatan baik untuk mengamati Bulan dan kawah-kawahnya. Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yakni 357.311 km yang sering disebut Bulan di perigee.

2. Bulan berpapasan dengan Saturnus (3 Agustus)

Bulan dan Saturnus tampak berpasangan di langit sejak Saturnus terbit pukul 19:27 WIB disusul Bulan pada pukul 19:33 WIB atau 6 menit kemudian. Bulan berada 3º di selatan Saturnus dan keduanya bisa diamati sampai jelang fajar.

Baca Juga: Kenapa Langit Berwarna Biru dan Berubah Jadi Merah Saat Matahari Terbenam?

3. Bulan berpapasan dengan Jupiter (8-9 Agustus)

Bulan berpapasan dengan Jupiter di rasi Aries dan bisa diamati sebelum Matahari terbit. Bulan dan Jupiter terpisah cukup jauh yakni 6º dan keduanya bisa diamati mulai tengah malam sampai saat fajar menyingsing.

4. Bulan Berpapasan dengan Pleiades(10 Agustus)

Bulan sabit dan gugus bintang Pleiades bisa diamati berpapasan cukup dekat yakni 3º. Pasangan ini bisa diamati mulai lewat tengah malam sampai saat fajar menyingsing.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Planet Venus, Salah Satunya Matahari Terbit dari Barat

5. Elongasi Timur Maksimum Merkurius (10 Agustus)

Merkurius dan Matahari membentuk sudut maksimal terhadap Bumi. Elongasi Timur maksimum yang dicapai Merkurius 27,4º. Artinya, Merkurius akan berada 27,4º di arah barat Matahari. Merkurius yang berada di rasi Leo bisa diamati dengan kecerlangan 0,5 magnitudo setelah Matahari terbenam.

6. Hujan Meteor Perseid (13 Agustus)

Dimulai tanggal 14 Juli – 1 September, hujan meteor Perseid yang berasal dari debu komet Swift-Tuttle tersebut akan mencapai puncak tanggal 13 Agustus. Di malam puncak diperkirakan 100 meteor akan melintas setiap jam dan tampak datang dari rasi Perseus.

Baca Juga: 14 Fakta Menarik Planet Merkurius, Miliki Suhu Hingga 800 Derajat Fahrenheit

7. Konjungsi Inferior Venus (13 Agustus)

Venus berada sejajar di antara Matahari dan Bumi. Pada posisi ini, Venus berada pada papasan terdekatnya dengan Bumi dengan jarak 0,29 AU

8. Oposisi Saturnus (27 Agustus)

Saturnus akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi tanggal 27 Agustus. Saat oposisi, Saturnus akan berada pada jarak 8,76 SA dengan diameter piringan 19 detik busur. Saturnus mencapai posisi tertinggi pukul 23:51 WIB dengan ketinggian 85º.

Itulah beberapa fenomena astronomi yang akan terjadi di bulan Agustus termasuk Supermoon dan hujan meteor.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram