5 Cara Mengusir Ular dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah, Pakai Garam?

Sabtu 06 Mei 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi. 5 Cara Mengusir Ular dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah, Pakai Garam? (Sumber : pixabay.com/@MichaelKleinsasser)

Ilustrasi. 5 Cara Mengusir Ular dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah, Pakai Garam? (Sumber : pixabay.com/@MichaelKleinsasser)

SUKABUMIUPDATE.com - Ular adalah kelompok reptil tidak berkaki, bertubuh panjang dan tersebar luas di dunia. Secara ilmiah, semua jenis Ular dikelompokkan dalam satu sub-ordo, yaitu Serpentes dan merupakan anggota dari ordo Squamata bersamaan dengan kadal.

Ketika musim hujan, Ular kerap keluar dari persembunyiannya bahkan ada yang berani masuk ke rumah warga. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Amir Hamidy, ahli Herpetologi (reptil dan amfibi) dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bahwa ular memang banyak muncul dan ditemukan saat musim hujan.

Baca Juga: 5 Titik Free Wifi di Kota Sukabumi, Layanan Internet Gratis untuk Masyarakat!

Adapaun salah satu alasan ular sering masuk ke dalam rumah pada musim hujan adalah untuk mencari tempat bertelur dan menetaskan telurnya. Maka penting untuk mengetahui cara mengusir ular dengan bahan alami yang ada di rumah, berikut informasinya seperti dikutip via Tempo.co:

1. Bawang Merah Mentah

Pertama, cara mengusir ular yang datang ke rumah adalah dengan memanfaatkan kandungan yang dimiliki oleh bawang merah. Tentu cara ini sangat mudah karena bumbu dapur bawang merah pasti selalu tersedia di dapur.

Cara mengusir ular dengan bahan alami yang ada di rumah ini telah terbukti secara jelas. Pasalnya, hewan melata dan mengandung bisa tersebut sangat anti dengan zat asam sulfonat yang ada pada bawang merah.

Alhasil, ular akan cenderung menghindari area bawang di sekitar rumah.

Sama seperti manusia yang sebenarnya juga tidak tahan mengeluarkan air mata jika berhadapan terlalu lama dengan bawang merah. Asam sulfonat bawang merah begitu perih meskipun tidak berkontak langsung dengan area mata.

2. Mengusir ular dengan Pembersih Lantai

Selanjutnya, cara mengusir ular dengan bahan alami yang ada di rumah bisa memanfaatkan pembersih lantai. Pembersih lantai seperti jenis karbol memiliki bahan kimia yang mematikan kuman, bakteri, dan ampuh membuat ular tak berdaya.

Untuk melakukan pengusiran, yaitu cukup menyiramkan cairan karbol ke badan ular. Zat-zat kimia karbol akan memberi efek rasa panas, sehingga fungsi saraf terutama sensor gerak ular akan terbakar.

Namun demikian, pastikan jarak antara manusia dan ular berjauhan sehingga bisa terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

3. Hubungi Pengendali Satwa

Ketakutan dan keraguan menghadapi ular pasti berpeluang terjadi, apalagi jika tidak berpengalaman, jangan pernah berpikir untuk menangkapnya dengan tangan kosong. Tetaplah tenang dan pikirkan hal-hal baik sehingga mudah mendapatkan ide untuk mencari bantuan dari para pengendali satwa liar yang profesional.

Ini termasuk salah satu cara paling aman untuk mengusir ular dari rumah. Karena perusahaan pengendali satwa liar tentu sudah akrab menangkap ular dan dibekali alat khusus yang mampu mengembalikan satwa-satwa liar ke habitatnya.

4. Melindungi Sumber Makanan Ular di Rumah

Makanan ular adalah katak, burung, ayam, dan hewan-hewan pengerat lainnya.

Jika memelihara hewan-hewan tersebut dan rumah didatangi ular berkali-kali, maka hilangkan jejak kandang mereka dengan cara kreatif. Salah satunya, membuat sangkar yang tinggi dan kokoh sehingga ular tidak bisa memasukinya.

Kemudian, buatlah telur palsu ayam dari bahan yang keras seperti pasir dan semen. Saat ular memakannya, hewan berbahaya tersebut akan kesakitan dalam waktu yang sangat lama.

5. Menghilangkan Tempat Persembunyian

Sarang-sarang ular biasanya tersembunyi di tempat gelap, empuk, dan berair. Dengan demikian penghuni rumah perlu mengecek pipa, selokan, ventilasi, atau tempat berlubang lainnya di area rumah.

Selain itu, hindari menumpuk jerami, kayu, atau serpihan-serpihan lain yang berpotensi buruk bagi kenyamanan rumah karena hewan melata ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Studio Foto di Sukabumi, Harga Murah Lokasi Strategis!

Untuk diketahui, cara mengusir ular sebagai hewan yang mengancam nyawa manusia ini memiliki berbagai cara. Namun, para nenek moyang nusantara secara turun-temurun mewariskan cara tradisional, yaitu menyebarkan garam laut.

Bisa jadi, cara tersebut sangat efektif dan ampuh pada zaman dahulu karena disertai dengan doa-doa yang memang diyakini dengan kuat. Hal ini sepadan dengan pernyataan Erwandi Supriadi, koordinator Sioux Snake Rescue (SSR) yang ramai diperbincangkan.

Koordinator SSR tersebut menyatakan bahwa penggunaan garam sebagai sarana pengusiran ular tidak serta-merta 'kosong' atau tanpa usaha lain. Namun, untuk kebiasaan orang muslim, cara ini akan disertai dengan syahadat dan doa-doa khusus lain.

SUMBER: TEMPO.CO | NIA HEPPY | ALFI MUNA SYARIFAH

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)