Berbahaya Jangan Dipelihara! Burung Kenari Asli Indonesia Penunggu Lereng Pangrango

Kamis 26 Januari 2023, 14:54 WIB
Kenari Gunung atau kenari melayu jantan, asli Indonesia yang salah satu habitatnya di gunung gede pangrango Jabar (Sumber: orientalbirdimages.org)

Kenari Gunung atau kenari melayu jantan, asli Indonesia yang salah satu habitatnya di gunung gede pangrango Jabar (Sumber: orientalbirdimages.org)

SUKABUMIUPDATE.com - Kenari sangat populer bagi kicau mania di Indonesia. Selama ini banyak penghobi memelihara burung jenis kenari import, walaupun sebenarnya Indonesia juga punya kenari asli yang hidup di lereng-lereng gunung termasuk Gede Pangrango di Jawa Barat.

Dunia mengenal spesies khas Indonesia ini dengan sebutan kenari melayu atau kenari gunung. Dengan nama ilmiah (latin) chrysocorythus estheraem. Ahli kicau mania nusantara yang dikenal dengan portal om kicau membahas khusus tentang kenari asli Indonesia ini.

Saat itu tahun 2010, Om kicau awalnya diperlihatkan saya seekor burung mirip pipit yang konon hasil silangan antara gereja dan burung kenari. “Kalau paruhnya seperti burung kenari, tetapi kok tubuhnya pendek seperti burung pipit ya,” kata seorang teman ungkap om kicau dalam tulisannya.

Beberapa jam setelah membeli burung tersebut dari lapak pedagang di pasar, ia pun memperlihatkan kepada rekan kicau mania. “Lha ini kan burung kenari lokal. Ya ini sebenarnya yang disebut kenari asli Indonesia. Di Pasar Depok Solo sering banyak dijual,” kata sobah om kicau.

Walaupun sedikit kecewa, karena mengira burung hasil silangan (hybrid), Om Kicau bersyukur bisa melihat dan menyentuh langsung kenari asli Indonesia itu.

Aliena selanjutnya dalam tulisan om kicau, ia menjelaskan tentang burung mungil nan cantik ini.

Baca Juga: Gagak Peliharaan Warga Sukabumi Hilang, Pemilik Tepis Isu Burung Mistis

“Ya burung ini termasuk dalam suku Fringillidae. Suku Fringillidae sebagaimana disebutkan dalam buku Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan adalah suku besar dan menyebar luas hampir di seluruh dunia.”

Berukuran kecil, burung ini adalah pemakan biji dengan paruh tebal, mirip burung manyar. “Perbedaannya ekor lebih panjang dan bertakik, paruh sedikit lebih kecil, sarang terbuka berbentuk mangkuk (tidak tertutup seperti manyar),” tulis Om kicau.

Burung ini berukuran kurang lebih 11cm, berwarna kuning dan abu-abu. Ciri burung jantan dahi dan dada berpita kuning dan bercoret hitam, tunggir kuning terang, sayap hitam dengan mantel abu-abu, tenggorokan hitam, perut putih bercoret hitam.

“Sedangkan burung betina hampir mirip jantan tetapi tunggir kuning lebih suram dan dada kurang berbintik.”

Burung kenari melayu atau kenari gunung, lanjut om Kicau punya nyanyian cukup merdu. Kicauannya bergemerincing pendek yang dikeluarkan sewaktu terbang dan juga punya cicitan metalik.

Penyebaran burung kenari melayu secara global adalah Filipina, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Di Sumatera tercatat ditemukan di daerah padang dan semak alpin di Gunung Leuser serta puncak-puncak di sekitarnya.

Baca Juga: Salah Satunya Bisa Tingkatkan Vitalitas, Ini Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet

Di Pulau Jawa ditemukan di Gunung Gede Pangrango, Papandayan, Slamet, Dieng, Lawu, dan Gunung/pegunungan Tengger.

“Burung ini punya kebiasaan menyendiri tetapi juga suka ada dalam kelompok kecil . Mereka bergerombol di puncak semak-semak kecil, di padang rumput alpin atau hutan lumut, juga hinggap di tanah,” tulis om kicau.

Kenari melayu akan turun ke ketinggian yang lebih rendah untuk mengunjungi semak Strobilanthes cernua atau blume (orang sunda menyebutnya bubukuan) sewaktu berbuah lebat.

Kenari melayu atau kenari gunung betina. Spesies kenari asli IndonesiaKenari melayu atau kenari gunung betina. Spesies kenari asli Indonesia

“Burung kenari melayu atau kenari gunung punya sifat pemalu, suka terbang cepat dengan cara bergelombang, naik turun sebagaimana halnya burung pipit,” tutup Om kicau diakhir tulisannya.

Sumber literasi lain dari portal majalah hewan menuliskan ada 4 spesies kenari melayu di Indonesia, yaitu;

1. Serinus estherae vanderbilti (Meyer de Schauensee, 1939): Sumatera (Gunung Leuser).
2. Serinus estherae estherae (Finsch, 1902): Jawa Barat ( Gunung Pangrango )
3. Serinus estherae orientalis (Chasen, 1940): Jawa Timur (Gunung Tengger dan Wayang)
4. Serinus estherae renatae (Schuchmann & Wolters, 1982) - Sulawesi (Gunung Rante Kambola).

Baca Juga: Principe Scops-Owl Terancam Punah, Spesies Baru dari Burung Hantu yang Telah Ditemukan

Lalu kenapa kenari asli Indonesia ini disebut berbahaya dan jangan pelihara?

Alasan utamanya karena burung ini sudah mulai langka, jarang terlihat dan tentunya akan punah jika ditangkap untuk dipelihara. Berbahaya karena pada tahun 2018 kenari melayu masuk daftar satwa dilindungi bersama jenis burung kicau asli indonesia lainnya.

Tertuang dalam Peraturan Menteri LHK Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Isinya;
Setiap orang dilarang untuk menangkap, melukai, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut hingga memperjualbelikan burung-burung itu. Pelanggar bisa dijatuhi sanksi maksimal 5 tahun dan denda Rp 100 juta. Yang lalai bisa dipidana maksimal 1 tahun dan denda Rp 50 juta.

Selain kenari melayu aturan ini juga melindungi burung kacamata Jawa alias pleci (Zosterops flavus), burung opior Jawa (Heleia javanica), dan burung gelatik Jawa (Lonchura oryzivora).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita