6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango, Cocok Untuk Kamu si Jiwa Petualang

Minggu 25 September 2022, 10:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Barat, selain menyuguhkan jalur pendakian eksotis, di kaki gunung ini juga terdapat beberapa air terjun yang sangat cantik.

Air terjun (curug) tersebut tersebar di beberapa wilayah seperti Sukabumi, Cianjur dan Bogor mengingat Gunung Gede terletak diantara tiga wilayah Kabupaten tersebut.

Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, mengunjungi air terjun di kaki Gunung Gede Pangrango merupakan pilihan tepat karena saat berkunjung kamu akan disuguhi pemandangan alam menakjubkan ditambah track yang beragam.

Baca Juga :

6 Wisata Air Terjun di Geopark Ciletuh Sukabumi, Harus Masuk List Liburan Kamu

Berikut beberapa air terjun yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango.

1. Curug Cibeureum Selabintana

photoCurug Cibeureum Selabintana - (Ist via keluyuran.com)</span

Curug Cibeureum yang satu ini terletak di Selabintana, Sukabumi. Air terjun ini sudah terkenal sejak lama terutama wisatawan lokal Sukabumi.

Jarak dan medan menuju Curug Cibeureum di Selabintana ini hampir sama dengan curug cibeureum yang ada di Cibodas Cianjur.

Pengunjung harus menempuh jarak sekitar 1-2 jam dengan berjalan kaki. Namun, kamu akan disuguhi pemandangan alam keren dari mulai kebun teh hingga rimbunnya hutan kaki gunung Gede Pangrango.

Tiket masuk ke Curug Cibeureum ini berkisar Rp15 ribu. karena masih asri, jadi hati-hati dengan hewan pacet saat berkunjung kesini, kamu bisa sedia minyak kayu putih untuk menangkal pacet yang menempel pada kulit.

2. Curug Sawer

photoCurug Sawer - (Instagram @situgunungpark)</span

Curug Sawer terletak di kawasan Situ Gunung, Sukabumi. Dari atas jembatan kayu, Anda dapat mendengar suara gemuruh air jatuh dan pemandangan indah dari curug ini. Melansir dari laman situgunungbridge, anda dapat menempuh satu kilometer dengan berjalan kaki untuk isa sampai ke curug sawer.

Pengunjung juga akan melewati Jembatan Gantung Situ Gunung untuk bisa sampai di lokasi. Setelah sampai, air terjun setinggi 35 meter  ini pun akan terlihat dengan jelas keindahannya.

3. Curug Cikaracak

photoCurug Cikaracak - (Instagram/@piknikbogor)</span

Curug Cikaracak bisa dibilang menjadi hidden gem karena lokasinya yang cukup tersembunyi tertutup pepohonan. Air terjun ini sendiri berlokasi di Kampung Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Curug yang sekaligus berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Hindari pergi wisata sendirian ke kawasan air terjun mengingat medan yang dihadapi tidaklah mudah. Misalnya, anda perlu menyusuri sungai dan rute yang diapit oleh dua tebing.

Baca Juga :

4. Curug Cibeureum Cibodas

photoCurug Cibeureum Cibodas - (wisatacibodas.com)</span

Curug Cibeureum yang satu ini berbeda dengan curug cibeureum yang ada di Selabintana Sukabumi. Namun, curug ini juga berada di kawasan TN Gunung Gede.

Untuk menuju ke air terjun ini kamu akan menempuh jalur pendakian Gunung Gede via Cibodas.

Mengutip dari laman wisatacibodas.com, jalan menuju curug ini cukup menanjak dan dipenuhi oleh bebatuan kerikil sehingga usahakan menggunakan alas kaki yang nyaman untuk traking.

Dalam perjalanan pengunjung akan melewati Telaga Biru dan Rawa Panyangcangan yang keindahannya masih alami.

5. Curug Cipadaranten

photoCurug Cipadaranten - (Instagram/@dsupriand)</span

Curug Cipadaranten terletak di daerah Cicurug, Sukabumi dan masih berada di kaki Gunung Gede Pangrango.  Akses menuju air terjun ini cukup sulit karena harus berjalan kaki sejauh empat kilometer dengan medan yang cukup terjal, apalagi jika kamu kesini saat musim hujan maka trek akan semakin sulit.

Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar dengan kesegaran Curug Cipadaranten yang jernih dan ditumbuhi tanaman hijau di sekitarnya. Menurut beberapa sumber, curug ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter.

6. Curug Cisadane

photoCurug Cisadane - (Facebook visitbogor)</span

Curug Cisadane ini berlokasi di Cigombong, Kabupaten Bogor menjadi salah satu air terjun di kaki Gunung Gede Pangrango.

Seperti Curug Cipadaranten, akses menuju Curug Cisadane ini cukup sulit dengan jarak yang jauh dan melewati hutan lebat, sehingga kamu harus sedia minyak kayu putih untuk menghalau pacet disini.

Cara untuk bisa sampai ke air terjun ini yaitu kamu bisa melewati Balai Besar Rehabilitasi BNN di Cigombong, kemudian lanjut ke titik awal pendakian ke Curug Cisadane yang terletak di Kampung Ciwaluh.

Baca Juga :

Menikmati Pesona Curug Luhur, Tujuan Wisata Murah Meriah di Ciracap Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science26 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 26 Mei 2024 Termasuk Sukabumi, Cek Sebelum Berakhir Pekan!

Untuk daerah Sukabumi sendiri diperkirakan akan mengalami cuaca cerah hingga cerah berawan saat pagi. Kemudian berpotensi hujan ringan dan kembali berawan saat dini hari.
Ilustras Pagi Cerah Berawan. Prakiraan Cuaca Sukabumi | Pexels
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)