6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango, Cocok Untuk Kamu si Jiwa Petualang

Minggu 25 September 2022, 10:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Barat, selain menyuguhkan jalur pendakian eksotis, di kaki gunung ini juga terdapat beberapa air terjun yang sangat cantik.

Air terjun (curug) tersebut tersebar di beberapa wilayah seperti Sukabumi, Cianjur dan Bogor mengingat Gunung Gede terletak diantara tiga wilayah Kabupaten tersebut.

Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, mengunjungi air terjun di kaki Gunung Gede Pangrango merupakan pilihan tepat karena saat berkunjung kamu akan disuguhi pemandangan alam menakjubkan ditambah track yang beragam.

Baca Juga :

6 Wisata Air Terjun di Geopark Ciletuh Sukabumi, Harus Masuk List Liburan Kamu

Berikut beberapa air terjun yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango.

1. Curug Cibeureum Selabintana

photoCurug Cibeureum Selabintana - (Ist via keluyuran.com)</span

Curug Cibeureum yang satu ini terletak di Selabintana, Sukabumi. Air terjun ini sudah terkenal sejak lama terutama wisatawan lokal Sukabumi.

Jarak dan medan menuju Curug Cibeureum di Selabintana ini hampir sama dengan curug cibeureum yang ada di Cibodas Cianjur.

Pengunjung harus menempuh jarak sekitar 1-2 jam dengan berjalan kaki. Namun, kamu akan disuguhi pemandangan alam keren dari mulai kebun teh hingga rimbunnya hutan kaki gunung Gede Pangrango.

Tiket masuk ke Curug Cibeureum ini berkisar Rp15 ribu. karena masih asri, jadi hati-hati dengan hewan pacet saat berkunjung kesini, kamu bisa sedia minyak kayu putih untuk menangkal pacet yang menempel pada kulit.

2. Curug Sawer

photoCurug Sawer - (Instagram @situgunungpark)</span

Curug Sawer terletak di kawasan Situ Gunung, Sukabumi. Dari atas jembatan kayu, Anda dapat mendengar suara gemuruh air jatuh dan pemandangan indah dari curug ini. Melansir dari laman situgunungbridge, anda dapat menempuh satu kilometer dengan berjalan kaki untuk isa sampai ke curug sawer.

Pengunjung juga akan melewati Jembatan Gantung Situ Gunung untuk bisa sampai di lokasi. Setelah sampai, air terjun setinggi 35 meter  ini pun akan terlihat dengan jelas keindahannya.

3. Curug Cikaracak

photoCurug Cikaracak - (Instagram/@piknikbogor)</span

Curug Cikaracak bisa dibilang menjadi hidden gem karena lokasinya yang cukup tersembunyi tertutup pepohonan. Air terjun ini sendiri berlokasi di Kampung Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Curug yang sekaligus berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Hindari pergi wisata sendirian ke kawasan air terjun mengingat medan yang dihadapi tidaklah mudah. Misalnya, anda perlu menyusuri sungai dan rute yang diapit oleh dua tebing.

Baca Juga :

4. Curug Cibeureum Cibodas

photoCurug Cibeureum Cibodas - (wisatacibodas.com)</span

Curug Cibeureum yang satu ini berbeda dengan curug cibeureum yang ada di Selabintana Sukabumi. Namun, curug ini juga berada di kawasan TN Gunung Gede.

Untuk menuju ke air terjun ini kamu akan menempuh jalur pendakian Gunung Gede via Cibodas.

Mengutip dari laman wisatacibodas.com, jalan menuju curug ini cukup menanjak dan dipenuhi oleh bebatuan kerikil sehingga usahakan menggunakan alas kaki yang nyaman untuk traking.

Dalam perjalanan pengunjung akan melewati Telaga Biru dan Rawa Panyangcangan yang keindahannya masih alami.

5. Curug Cipadaranten

photoCurug Cipadaranten - (Instagram/@dsupriand)</span

Curug Cipadaranten terletak di daerah Cicurug, Sukabumi dan masih berada di kaki Gunung Gede Pangrango.  Akses menuju air terjun ini cukup sulit karena harus berjalan kaki sejauh empat kilometer dengan medan yang cukup terjal, apalagi jika kamu kesini saat musim hujan maka trek akan semakin sulit.

Namun, lelahnya perjalanan akan terbayar dengan kesegaran Curug Cipadaranten yang jernih dan ditumbuhi tanaman hijau di sekitarnya. Menurut beberapa sumber, curug ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter.

6. Curug Cisadane

photoCurug Cisadane - (Facebook visitbogor)</span

Curug Cisadane ini berlokasi di Cigombong, Kabupaten Bogor menjadi salah satu air terjun di kaki Gunung Gede Pangrango.

Seperti Curug Cipadaranten, akses menuju Curug Cisadane ini cukup sulit dengan jarak yang jauh dan melewati hutan lebat, sehingga kamu harus sedia minyak kayu putih untuk menghalau pacet disini.

Cara untuk bisa sampai ke air terjun ini yaitu kamu bisa melewati Balai Besar Rehabilitasi BNN di Cigombong, kemudian lanjut ke titik awal pendakian ke Curug Cisadane yang terletak di Kampung Ciwaluh.

Baca Juga :

Menikmati Pesona Curug Luhur, Tujuan Wisata Murah Meriah di Ciracap Sukabumi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel21 Juni 2024, 08:00 WIB

9 Makanan Manis Ini Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

Meskipun tidak mengandung kalori, beberapa pemanis buatan dapat mempengaruhi kadar gula darah dan insulin. Penggunaan berlebihan harus dihindari oleh penderita gula darah tinggi.
Ilustrasi. Makanan Manis yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi (Sumber : Freepik/@timolina)
Food & Travel21 Juni 2024, 06:04 WIB

Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat!

Yuk Intip Membuat Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Bisa Jadi Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat di Rumah!
Ilustrasi. Resep Tumis Daging Sapi Cabe Hijau, Inspirasi Olahan Kurban yang Lezat! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science21 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juni 2024, Semua Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Jumat 21 Juni 2024.  (Sumber : Pixabay.com/@Franz26)
DPRD Kab. Sukabumi21 Juni 2024, 00:12 WIB

Mengenal Kang Yudi Suryadikrama, Wakil Rakyat Sukabumi yang Lekat dengan Thoriqoh

Yudi Suryadikrama, politisi PDI Perjuangan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dikenal oleh banyak orang. Namun, hanya sedikit yang mengetahui aktivitas sehari-harinya.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi / Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sukabumi20 Juni 2024, 22:28 WIB

5 Nama Digodok Tertutup, Gerindra Akan Segera Umumkan Dukungan di Pilkada Sukabumi

Proses penjaringan kandidat untuk Pilkada Sukabumi tengah dilakukan secara tertutup dengan beberapa nama yang telah mendaftar, yaitu Asep Japar, Iyos Somantri, Yudha Sukmagara, Deden Deden Deni Wahyudin, dan Rastya.
Yudha Sukmagara, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi20 Juni 2024, 21:29 WIB

Pemkab Sukabumi Tawarkan Investasi Pengolahan Padi di Investment Challenge 2024

emerintah Kabupaten Sukabumi berpartisipasi aktif dalam kegiatan Investment Challenge 2024, yang merupakan bagian dari West Java Investment Roadshow 2024. Acara ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat presentasi di Investment Challenge 2024 di Jakarta | Foto : Dokpim
Life20 Juni 2024, 21:15 WIB

7 Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok, Ternyata Ini yang Paling Ampuh

Ngorok bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan lebih serius, terutama jika terjadi secara teratur dan mempengaruhi kualitas tidur serta kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi Cara Hilangkan Kebiasaan Ngorok (Sumber : pixabay.com/@another90)
Sehat20 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.
Ilustrasi Kurang Tidur - Ada beberapa cara untuk mengatasi lonjakan gula darah setelah makan.. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi20 Juni 2024, 20:57 WIB

3 Akun Medsos Dilaporkan, Polres Sukabumi Selidiki Dugaan Pencemaran Nama Baik Habib

Polres Sukabumi sedang menyelidiki laporan dugaan pencemaran nama baik terhadap para habib di media sosial
Inilah 3 akun Medsos yang memposting narasi diduga mencemarkan nama baik habib | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel20 Juni 2024, 20:45 WIB

Simpel, Inilah Cara Membuat Air Ketumbar Untuk Mengobati Asam Urat

Untungnya, ada pengobatan rumahan alami yang memanfaatkan biji ketumbar untuk membantu mengelola dan mengatur kadar asam urat. Biji ketumbar ini sering digunakan pada bumbu ataupun minuman herbal.
Air ketumbar menjadi salah satu minuman herbal untuk mengobati asam urat (Sumber : YouTube/Ur Indian reviews)