11 Fenomena Langit Menarik November 2022, Ada Gerhana Bulan Total!

Senin 31 Oktober 2022, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena langit memang akan selalu terjadi setiap bulannya, dari peristiwa yang dapat dilihat dengan mata telanjang dengan mengunjungi tempat tinggi hingga menggunakan alat canggih.

Bulan November 2022 akan adalah salah satu bulan yang memiliki fenomena langit yang sangat menarik, yaitu gerhana bulan total yang akan dapat kamu lihat lagi tahun 2025 nanti.

Dan berikut adalah deret fenomena langit yang dapat disaksikan sepanjang November 2022 seperti merangkum dari Space Tourism Guide:

1. 8 November: Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total | Foto: NASA
Gerhana Bulan Total | Foto: NASA
Pada malam tanggal 8 November atau 9 (tergantung pada lokasi), akan ada gerhana bulan total di sebagian besar belahan bumi barat dan sebagian belahan bumi timur.

Untuk kamu yang tinggal di belahan bumi bagian barat, gerhana bulan dapat dilihat pada awal tanggal 8. Namun, jika kamu tinggal di belahan bumi bagian timur gerhana dapat disakisikan pada awal tanggal 9.

Fase total gerhana bulan dimulai pada 10:16 UTC pada 8 November, dan gerhana total berakhir pada 11:41 UTC. Ini berarti ada jendela ~1,5 jam di mana kamu dapat melihat gerhana bulan total.

2. 8 November: Okultasi Bulan Uranus

Secara khusus, okultasi bulan Uranus pada 8 atau 9 November akan terlihat oleh orang-orang di Alaska, Rusia timur, Cina timur, Mongolia timur, dan seluruh Korea dan Jepang.

3. 9 November: Uranus di Oposisi

Planet Uranus | Foto: NASA
Planet Uranus | Foto: NASA
Setelah okultasi bulan Uranus pada tanggal 8, Uranus akan berada di oposisi pada tanggal 9, yang berarti bahwa ia akan diterangi matahari dengan terang dan tampak paling terang di langit sepanjang tahun. 

Namun, Uranus sangat sulit dikenali bahkan dalam kondisi langit gelap yang murni, jadi sebaiknya ambil teleskop atau teropong astronomi jika kamu ingin melihat planet biru metana ini. 

4. 12 November: Asteroid 27 Euterpe di Oposisi

27 Euterpe badan induk dari keluarga asteroid Euterpe di sabuk asteroid bagian dalam. 

Itu dinamai oleh penemunya, astronom John Russell Hind, setelah Muse musik dalam mitologi Yunani.

27 Euterpe berdiameter kira-kira 62 mil (100 km) dan salah satu asteroid paling terang di langit. 

Selama oposisi baru-baru ini, itu bersinar seterang magnitudo 8,3. Ini membuatnya seterang Neptunus di oposisi dan pasti membutuhkan aplikasi pencari bintang dan teleskop atau teropong untuk melihat objek tata surya ini.

5. 12 November: Puncak Hujan Meteor Taurids Utara

Meteor Taurids | Foto: Speace
Meteor Taurids | Foto: Speace
Meteor Taurid berlangsung dari sekitar 20 Oktober hingga 30 November. Pada malam puncak aktivitas, kamu dapat melihat hingga 10 meteor per jam. Sayangnya, bulan tidak akan berada pada fase yang besar, hampir penuh dan 78 persen terang.

Carilah titik pancaran Taurids di konstelasi Taurus. Bagi kebanyakan orang, itu akan berada di langit timur atau selatan tergantung pada lokasi kamu. 

Jauhkan pandangan ke arah umum Taurus, tetapi lihatlah di sekitar area langit malam itu untuk melihat meteor dengan ekor yang lebih panjang.

6. 17 November: Puncak Hujan Meteor Leonids

Hujan meteor Leonids terjadi di langit malam November untuk sebagian besar bulan, tetapi malam aktivitas puncaknya adalah 17 November tahun ini. 

7. 19 November: Asteroid 115 Thyra di Oposisi

Asteroid sabuk utama bagian dalam yang besar dan terang ini ditemukan pada tahun 1871, jadi kemungkinan peralatan pengamatan bintang di rumah akan membantu kamu menemukannya juga.

8. 21 November: Puncak Hujan Meteor -Monocerotids

Sepanjang malam tanggal 21 November, cari meteor dari titik pancaran di Monoceros. Prospek terbaik untuk melihat meteor adalah antara pukul 01:00 dan 03:00 waktu setempat.

9. 22 November: Asteroid 324 Bamberga di Oposisi

324 Bamberga adalah asteroid terakhir yang ditemukan yang mudah terlihat dengan teropong. Artinya kamu dapat menggunakan teropong untuk melihatnya di langit malam. 

Gunakan aplikasi pencari bintang untuk membantu penjelajahan kamu dan mengagumi objek tata surya yang besar ini.

10. 28 November: Puncak Hujan Meteor Orionids November

Hujan Orionid akan berlangsung dari 13 November hingga 6 Desember, hujan diperkirakan memiliki aktivitas puncak pada malam 28 November. 

Ini bukan hujan yang sangat aktif (seperti Orionids Oktober atau lainnya bulan ini) dan ZHR maksimum diharapkan 3 per jam.

11. 29 November: Asteroid 30 Urania di Oposisi

November diakhiri dengan satu kesempatan terakhir untuk melihat asteroid. Asteroid 30 Urania adalah asteroid terakhir yang ditemukan oleh astronom John Russell Hind, terlihat di oposisi awal bulan ini. Itu dinamai Muse Yunani astronomi.

Apa yang membuat 30 Urania menarik adalah bentuknya yang tidak biasa. Jika kamu dapat melihatnya dengan menggunakan teleskop atau teropong astronomi canggih, kamu akan melihat bentuk segitiga menyala terang berkat posisinya yang berlawanan.


Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat28 April 2024, 07:00 WIB

Bantu Melancarkan Pencernaan, 5 Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Ilustrasi minum air putih - Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. | (Sumber : Freepik.com)
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)